Pesona Sunrise Di Candi Plaosan Yang Bikin Candu

Retnamudiasih.com – Candi Plaosan terletak kira-kira satu kilometer ke arah timur-laut dari Candi Sewu atau Candi Prambanan. tepatnya berada di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Candi Plaosan merupakan salah satu tempat favorite bagi para fotografer dalam berburu sunrise, sunset dan juga tempat yang eksotis untuk dijadikan ajang pre wedding. Pesona sunrise nya yang begitu elok mengundang para fotografer berlomba-lomba mengabadikan setiap keindahannya.

Candi plaosan tak pernah sepi dari wisatawan, selain tiket masuknya yang begitu murah Rp.2000,- akses jalan nya pun sangat mudah dijangkau oleh kendaraan roda dua maupun empat. Yang menarik dari candi plaosan selain bongkahan batu, menurut saya adalah pada bagian timur pendopo terdapat 3 buah altar, yaitu altar utara, timur dan selatan. Candi Plaosan Kidul juga memiliki pendopo di bagian tengah yang dikelilingi 8 candi kecil yang terbagi menjadi 2 tingkat dan tiap-tiap tingkat terdiri dari 4 candi.

Hampir setiap hari kita jumpai fotografer atau penghobi foto yang berburu foto di kompleks Candi Plaosan terutama jika memasuki musim tanam padi ataupun disaat matahari berada tepat ditengah-tengah candi kembar ini. Dengan jarak sekitar 2,5 kilometer dari Candi Prambanan, wisatawan akan mudah mencapai ke lokasi Candi Plaosan ini.

Screenshot_1
Instagram @irfan_photo
Screenshot_3
Instagram @widarko_hartono

Tidak hanya itu, pada akhir pekan juga akan banyak kita jumpai wisatawan lokal di Candi Plaosan. Baik itu wisatawan dari kota Jogja, Klaten ataupun kota disekitarnya serta kaum muda-mudi yang hanya melakukan jalan-jalan di sekitar Candi Plaosan. Apakah anda tertarik mengabadikan keindahan Candi Plaosan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *