4 Cara Menggunakan Kartu Kredit Agar Tidak Kena Bunga

Retnamudiasih.com – Jika Kita adalah salah satu pemakai kartu kredit, tentu sebelum memiliki kartu kredit tersebut Kita sudah mempertimbangkan beberapa hal. Baik dari segi pajak, denda, dll.

Ingat, memiliki kartu kredit bukan berarti Kita bisa over dalam belanja atau memakainya sesuka hati. Kita juga harus mengenali sejumlah aturan main agar terhindar dari bunga kartu kredit dan denda pada kartu kredit kita.

4 Strategi Menghindari Denda dan Bunga Kartu Kredit
Sumber gambar google

Agar terhindar dari bunga kartu kredit dan denda, pastikan Kita memiliki dana yang cukup untuk membayar penuh tagihan sebelum tanggal jatuh tempo. Sayangnya kadang pemegang kartu kredit lupa, apalagi pemegang kartu kredit pemula, karena masih mengalami euphoria dengan kartu kreditnya. Berikut 4 Cara Menggunakan Kartu Kredit Agar Tidak Kena Bunga :

1.Catat tanggal penagihan kartu kredit

Biasanya setiap bank menentukan tanggal jatuh tempo 15 hari setelah tanggal cetak transaksi. Misalnya, tanggal cetak transaksi kartu kredit Kita setiap tanggal 5 April maka tanggal jatuh tempo pembayaran tagihan atau tanggal penagihan kartu kredit kita adalah tanggal 20 April.

Jika kita membayar semua tagihan kartu kredit secara lunas atau full payment sebelum tanggal 20 April makan tidak akan terkena bunga sama sekali. Tetapi jika kita membayar dengan cara menyicil atau kurang dari 100 persen dari nilai tagihan, makan sisa tagihan kartu kredit akan terkena beban bunga pada tagihan bulan berikutnya. Pembayaran yang diterima setelah tanggal jatuh tempo akan dikenakan denda keterlambatan.

2.Membuat jadwal pembayaran

Hal ini akan sangat membantu Kitaa untuk lebih disiplin dan tersistem dalam melakukan pembayaran seperti membayar tagihan listrik dan air setiap bulannya.

Tentukan tanggal yang tepat dan berselang beberapa hari sebelum tanggal jatuh tempo kartu kredit Kita tiba, lakukan pembayaran secara rutin pada tanggal tersebut setiap bulannya. Cara ini perlu dilakukan jika Kita memiliki tagihan rutin seperti cicilan 0 persen.

3.Pastikan jumlahnya tepat

Lakukan pembayaran dengan tenang. Pastikan semua tagihan terbayarkan, bahkan hingga nominal terkecil sekalipun karena bank tetap akan mengenakan bunga jika Kita meninggalkan satu rupiah tagihan di dalam kartu kredit.

4.Terima tagihan lewat email

Pastikan Kitaa membintangi tagihan lewat email kemudian catat atau buat pengingat agar kita membayarnya sesuai tanggal yang telah di buat dan usahakan sebelum tanggal penagihan kartu kredit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *