Uncategorized

Rimbono Homestay Nglinggo Kulon Progo

Retnamudiasih.com – Keberadaan kebun teh, air terjun Watu Jonggol, adalah sebagian potensi alam yang dimiliki dusun yang berada di area perbukitan Menoreh Nglinggo. Dengan keindahan alam yang dimiliki tersebut, maka tak heran banyak wisatawan yang menjadikan dusun Nglinggo sebagai salah satu tujuan wisata di daerah Kulonprogo.

Dusun Nglinggo yang berada di Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonporogo, memiliki potensi besar di bidang pariwisata. Karena potensi wisatanya yang besar, sehingga banyak warga masyarakat dikawasan tersebut yang kemudian membuka warung yang menyediakan aneka makanan dan minuman.

***


Tidak hanya itu, sebagian masyarakat bahkan menyewakan rumah mereka untuk menjadi penginapan bagi wisatawan yang ingin bermalam. Di Nglinggo sendiri setidaknya saat ini ada sekitar 23 homestay. Sebagian besar dari homestay tersebut adalah rumah masyarakat, di mana sebagaian ruangan dari rumah tersebut dijadikan tempat menginap wisatawan.

rimbono-homestay_20150629_170759

Salah satu homestay yang ada di dusun Nglinggo adalah Rimbono Homestay. Berbeda dengan kebanyakan homestay lainya, dimana wisatawan menginap jadi satu dengan pemilik rumah, di Rimbono Homestay wisatawan akan menginap di beberapa bangunan gazebo yang terpisah dari rumah pemiliknya.

Menggunakan bahan baku kayu, berbentuk panggung, dan beratapkan ijuk. Bangunan homestay tersebut tampak menyatu dengan alam pedasaan yang asri. “Tidak ada konsep kusus dari bangunan ini.

***

Awal mula masyarakat Nglinggo memutuskan menyediakan homestay karena banyak para wisatawan yang ingin menikmati keindahan sunrise dan sunset yang bisa dinikmati dari beberapa spot yang ada di desa tersebut. Lebih lanjut, beberapa spot di Nglinggo yang menawarkan keindahan sunrise adalah gunung Kukusan, Puncak Kebun Teh, Gunung Jaran.

homestay_rembono_nglinggo2

Sedangkan titik untuk menikmati keindahan sunset adalah bukit Watu Jonggol. “Daripada wisatawan harus berangkat ke daerah sini pada malam hari untuk menikmati sunrise, dan hal tersebut juga cukup merepotkan, akhirnya kami menyediakan penginapan bagi mereka,” tambahnya. Saat ini Rimbono Homestay memiliki lima buah ruangan yang disewakan. Untuk bermalam di sana, pengunjung tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Karena hanya dengan Rp. 100 ribu dan Rp. 150 ribu anda sudah bisa menginap di sana.homestay_rembono_nglinggo4

Baca Juga  Jam Tangan Rolex Untuk Sahabat Dari Sahabat Di Bukalapak

Untuk tempat menginap dengan harga Rp. 100 ribu tersedia tiga ruangan, dan yang bertarif Rp. 150 ribu terdapat dua ruangan. Tidak hanya murah, setiap ruangan bisa ditempati hingga lima orang, dan di setiap ruangan terdapat kamar mandi dan sebuah televisi.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *