Dapat Mencegah Anemia Hingga Baik Untuk Kesehatan Jantung, Berikut 5 Manfaat Mengkonsumsi Kerang

Retnamudiasih.com – Hidangan seafood memang menjadi salah satu pilihan bersantap yang paling nikmat. Siapa sih yang nolak kala diajakin makan seafood apalagi ditepian pantai ditemani angin yang semilir, hingga view landskape pulau yang indah. Kalau saya sih, asal sea food aj dimanapun, kapanpun ayokk ajj ūüôā

Bercitarasa gurih serta memiliki tekstur yang lembut, membuat seafood sangat digemari oleh semua kalangan usia. Baik anak-anak dan dewasa kerap dibuat ketagihan oleh panganan laut yang satu ini. Bahkan nenek saya meski usianya sudah diatas 60 tahun, namun beliau ini maniak seafood, terlebih kerang.

Mudahnya pengolahan seafood juga membuatnya menjadi primadona di beberapa wilayah di Indonesia. Dan mungkin belum banyak yang tahu jika selain ikan, seafood juga menyimpan segudang manfaat kesehatan yang baik bagi tumbuh kembang seseorang hingga kesehatan organ tubuh.

Dibandingkan dengan udang dan cumi, kerang merupakan salah satu hidangan laut yang paling jarang dikonsumsi masyarakat. Padahal jika dilihat dari segi kesehatan, kerang memiliki banyak nutrisi yang bisa mencukupi kebutuhan tubuh, seporsi kerang dengan berat 85 gram per sajian mengandung sebanyak 63 kalori, 11 gram protein, 1 gram lemak, 168 mg asam lemak omega-3, 2 gram karbohidrat, 12 mg zat besi, 42 mg Vitamin B12, 20.7 mg selenium, 0.4 mg mangan, dan 11.1 mg Vitamin C. Tak hanya itu, berikut 5 manfaat mengkonsumsi kerang :

1. Mencegah Penyakit Anemia

Tingginya kandungan Vitamin B-12 pada kerang berkhasiat bagi pembentukan DNA seseorang yang bisa menjaga fungsi syaraf, selain itu kandungan zat besi pada kerang juga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah, sehingga energi pun akan terbentuk dengan cepat guna mencegah rasa lelah dan anemia. Oelh sebab itu disarankan untuk kita rajin mengkonsumsi kerang agar terhindar dari anemia.

2. Kesehatan Otot dan Otak

Kandungan zat besi yang ada pada kerang ternyata mampu mengalahkan kandungan zat besi pada daging merah. Sebanyak 3 ons kerang masak atau sekitar sembilan buah kerang mengandung 24 mg zat besi. Jumlah tersebut telah melebihi kapasitas tubuh dalam menyerap zat besi per harinya (18 mg zat besi bagi wanita yang belum menopause serta 8 mg untuk pria). Diketahui zat besi sangat baik untuk kesehatan otot dan juga otak, serta memaksimalkan fungsi imunitas seseorang.

3. Sumber Protein yang Baik

Kerang mengandung lemak 2 gram lebih sedikit daripada ayam. Meskipun rendah lemak, namun kandungan protein yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan ayam, menjadikan kerang sebagai sumber protein yang bagus bagi tubuh.

Bahkan, kerang juga mengandung lebih banyak vitamin dan mineral dibanding ayam. Sehingga mengganti ayam dengan mengkonsumsi kerang bisa menjadi solusi dalam menjaga berat badan.

4. Tidak Rentan Terkontaminasi 

Berdasarkan data dari Environtmental Defense Fund’s Seafood Selector menyebutkan, bahwa kerang merupakan jenis seafood yang memiliki tingkat kontaminasi paling rendah dibandingkan dengan jenis seafood lainnya. Kontaminasi pada seafood sering disebabkan oleh polusi dan limbah pabrik ataupun perkebunan sehingga merusak kandungan nutrisi di dalamnya.

5. Baik untuk Kesehatan Jantung

Kerang mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi, sehingga baik untuk kesehatan jantung. Sebenarnya tidak ada jumlah asupan asam lemak omega-3 khusus per harinya. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang mampu mengkonsumsi sebanyak 250-300 mg asam lemak omega-3 per harinya dipercaya berkhasiat bagi kesehatan jantung.

Sumber : kumparan.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *