Referensi Tempat Wisata di Kota Padang

Retnamudiasih.com –  Mau suasana alam yang hijau, hamparan laut biru dan barisan pulau-pulau hingga kuliner yang menggoyang lidah. Liburan ke Kota Padang bisa menjadi pilihan berakhir pekan bersama keluarga, karena kota yang dikenal dengan kisah Siti Nurbaya dan Malin Kundang ini memiliki segudang destinasi wisata.

Banyak cara mengabiskan waktu liburan bila kita berkunjung ke Kota Padang, tidak memakan banyak waktu dan irit. Terpenting masih di pusat kota. Kota Padang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia dan dipagari oleh Bukit Barisan yang membentang di sebelah timurnya menjadi ibukota provinsi Sumatra Barat ini semakin menawan.

1. Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan Siti Nurbaya menjadi salah satu ikon wisata di Kota Padang yang dibangun sejak tahun 1995. Lokasinya masih di pusat kota. Jembatan melegenda ini kini menjadi salah satu tempat kongkow favorit yang memiliki keistimewaan tersendiri, sebab dari sini kita dapat menikmati panorama alam yang menakjubkan.

Sumber foto google

Terkadang menjadi daya tarik tersendiri bagi pencinta fotografi untuk mengabadikan momen di tempat ini. Bila datang saat pagi hari kita dapat menyaksikan panorama matahari terbit yang berlatarkan perbukitan.

2. Gunuang Padang

Puas berkeliling di Kota Tua Padang bisa mencoba rekreasi dengan mendaki ratusan anak tangga ke Gunuang Padang sembari makan siang di sana. Kita bisa beli nasi bungkus dan memakannya di puncaknya yang bernama Taman Siti Nurbaya dengan pemandangan Kota Padang dan lautan yang luar biasa indahnya.

Gunuang Padang berada di Kelurahan Kampung Seberang Pabayang, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang. Di sini akan ditemui beberapa benteng dan bunker yang merupakan situs peninggalan zaman penjajahan Jepang. Kita bisa juga melihat suasana perkampungan nelayan hingga nikmatnya memancing.

3. Kota Tua Padang

Kota Tua Padang yang merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Bila ditarik ulur cerita hadirnya Kota Tua Padang, maka tidak lepas dari keberadaan pelabuhan Muaro yang merupakan cikal bakal dari keberadaan Kota Padang saat ini.

Kota Tua Padang ini terletak di kawasan Kampung Cina. Kota Tua ini dipenuhi oleh beberapa bangunan peninggalan Belanda yang masih berdiri kokoh hingga sekarang. Pada kawasan inilah Jembatan Siti Nurbaya sebagai icon Kota Tua berdiri, dan beberapa gedung tua yang masih digunakan sebagai gudang dan pemukiman masyarakat etnis Cina. Area ini juga dipadati oleh masyarakat etnis Cina. Area ini juga dipadati oleh masyarakat yang menawarkan kuliner khas Sumatera Barat lengkap dengan kafe-kafe yang berjajar disepanjang Batang Harau.

Nuansa nostagia akan terasa bila menjelajah Kota Tua Padang. Dengan berkeliling Kota Tua Padang kita dapat menemukan hal-hal yang menarik seperti belajar sejarah Kota Padang sembari olahraga dengan ngegowes sepeda, mengenal arsitketur bangunan tempo dulu, mencari spot foto.

4. Pantai Padang

Usai bertamasya dari Gunuang Padang, coba saja menyusuri pesisir Pantai Padang yang dikenal dengan sebutan Taplau (Tapi Lauik). Terdapat sejumlah destinasi wisata menarik yang dapat dinikmati bila bertandang ke sini. Kawasan pantai ini membentang dari Muaro hingga Muaro Lasak.

Sumber foto google

Pantai menjadi salah satu pusat berkumpulnya anak muda Kota Padang sembari nongkrong, sembari menghilangkan penat dengan bermain air atau duduk-duduk manja mengunggu datangnya senja sambil makan bakso bakar atau kerupuk mie kuah sate. Mungkin bisa menikmati kerang pensi dan langkitang sebagai kuliner khasnya yang tersedia di LPC (Lapau Panjang Cimpago) dan tepi pantai.

Sumber : detik.travel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *