4 Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Youtube

Retnamudiasih.com – Bagaimana cara mudah mendapatkan uang dari Youtube? pertanyaan tersebut hampir sering sekali ditanyakan oleh para pengguna internet. Sebagian menganggapnya tidak mudah, namun banyak juga yang beranggapan menghasilkan uang dari youtube adalah perkara yang mudah.

Banyak yang telah menghasilkan uang berlimpah dari media sosial berbagi konten video ini. Nah jika kamu sering menggunakan internet, pasti tidak asing dengan situs youtube. Situs tersebut merupakan media online di mana kita bisa mengunggah video milik kita ke internet. Dan kita juga bisa menonton video yang di-unggah orang lain ke YouTube secara gratis.

***

Salah satu alasan mengapa YouTube sangat digemari oleh pengguna internet adalah karena YouTube memberikan konten video yang terlihat nyata. Berbeda dengan konten gambar atau teks yang tidak terlihat ‘hidup’ di mata para pengguna internet. Ada pengguna YouTube yang mengunggah video untuk tujuan bersenang-senang, namun ada juga yang ingin mempromosikan bisnis dan event, ada yang bertujuan ingin berbagi kepada orang lain, dan lain-lain.

Berbagai jenis video bisa kita temukan di YouTube, mulai dari video musik, tutorial,berita, humor, tentang sains dan teknologi, dokumentasi seseorang ketika berlibur, video cuplikan film, dan banyak video lainnya. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Membuat Akun YouTube
Membuat akun YouTube, jika kamu pernah membuat akun di salah satu produk Google (misalnya Gmail) maka akun tersebut bisa digunakan untuk membuat akun di YouTube. Langkah pertama adalah login ke akun Google kamu (misalnya Gmail), setelah itu buka situs YouTube.com.

Langkah selanjutnya adalah membuat Channel untuk akun YouTube. Klik link “My Channel” yang ada di sebelah kiri. Nanti akan muncul pilihan, lalu buatlah nama channel sesuai yang kita inginkan.

Bila ingin membuat Channel yang unik, sebaiknya menggunakan nama lain sebagai nama Channel YouTube, misalnya nama domain website Anda atau nama khusus. Klik link “To use a business or other name, click here”, nanti akan diarahkan ke halaman baru. Pada halaman baru tersebut, masukkan nama Channel yang sesuai dengan yang kamu inginkan. Lalu pilih kategori yang sesuai, jangan lupa centang bagian “I agree to the Pages Terms”, lalu klik “Done”.

Setelah langkah di atas, kita akan diarahkan ke halaman Channel milik kita di YouTube. Selanjutnya kita bisa mengatur tampilan Channel tersebut, mulai dari menambahkan gambar untuk icon, menambahkan cover, dan pengaturan lainnya. Sampai di sini kita sudah berhasil membuat akun YouTube dan membuat Channel khusus.

2. Mengupload Video ke Akun YouTube
Agar bisa menghasilkan uang dari YouTube, kita harus memiliki konten video original yang di-upload ke Channel kita di YouTube. Konten video ini harus milik kita sendiri atau video yang materinya tidak melanggar hak cipta orang lain, mulai dari materi videonya (video clip, image, logo) sampai back-sound.

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk mendapatkan ide konten video, kita bisa membuat video unik dengan merekam kegiatan sehari-hari yang unik. Misalnya kegiatan memancing, video tutorial, merekam saat bermain gitar, dan lain-lain.

3. Meningkatkan Popularitas Channel YouTube Anda
Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan popularitas Channel YouTube. Diantaranya adalah:

  • Rajin mengunggah video yang bermanfaat, unik, dan menarik. Perhatikan juga kualitas video yang kita buat, sebaiknya video tersebut memiliki resolusi yang baik dan tampilannya jelas. Fokus mengunggah konten yang sesuai dengan niche atau minat kita.
  • Ajak audiens untuk menjadi subscriber Channel YouTube kita misal dengan banyak di share di media sosial. Semakin banyak subscriber yang kita miliki, maka peluang untuk mendapatkan views lebih banyak pada video-video kita akan semakin besar.

4. Mendaftar Ke Google Adsense
Walaupun ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan keuntungan dari YouTube. Namun sebagian besar orang lebih memilih menggunakan program Google Adsense untuk me-monetize konten video mereka. Biasanya Channel yang memiliki video dengan banyak views akan mendapatkan undangan langsung dari Google Adsense.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *