7 Cara Mengatasi Komputer No Signal

Retnamudiasih.com – Monitor merupakan bagian output dalam sebuah perangkat keras komputer yang sangat penting keberadaannya. Karena hanya lewat monitor tampilan hasil pekerjaan yang kita kerjakan dapat terlihat.

Saat monitor tidak mendeteksi perangkat apapun, secara otomatis komputer akan memberikan pesan no signal. Kerusakan no signal seperti ini, biasanya dialamai karena ada kerusakan di salah satu perangkat komputer. Jadi, jarang sekali ada kerusakan software yang membuat no signal seperti ini  (mungkin kecuai BIOS yang corrupt)

Ada banyak penyebab lain yang mengakibatkan hilangnya signal dari CPU ke monitor, sehingga monitor tidak bisa memperlihatkan tampilan yang seharusnya. Berikut 7 cara mengatasi komputer no signal

1. Periksa kabel Monitor

Kabel monitor adalah hal pertama yang perlu anda periksa, apabila tulisan ‘no signal detected’ muncul di layar monitor komputer anda, alih – alih tampilan windows atau OS lain yang anda install. Kabel yang sudah tua seringkali menjadi rapuh dan bisa saja putus di beberapa bagian. (Baca juga Fungsi LCD Proyekto , Cara Menghilangkan Virus Shortcut )

Untuk mengatasinya, coba gunakan kabel HDMI lain yang anda yakini dalam keadaan baik. Anda bisa meminjamnya pada teman jika tidak memiliki kabel cadangan. Jika tampilan monitor menjadi baik setelah berganti kabel, kembalikan kabel teman anda lalu belilah kabel HDMI baru untuk monitor anda. (Baca juga : Jenis USB , Penyebab Flashdisk Tidak Terbaca dan Cara Mengatasinya)

2. Periksa Port HDMI

Selain kabel yang bermasala, port HDMI juga bisa saja bermasalah, selain karena usia, pemakaian yang kurang baik juga bisa membuatnya rusak. Misalkan anda memasang kabel HDMI pada port dengan tergesa-gesa dan memaksa hingga menyebabkan pin pada port menjadi bengkok. (Baca juga : Jenis-jenis BIOS , Jenis-Jenis Harddisk)

Bengkoknya salah satu pin tentu saja proses aliran data dari CPU ke monitor tidak akan berjalan dengan baik. Untuk mengeceknya ada bisa melihat fisik port. Atau jika ingin lebih yakin, anda bisa menghubungkan CPU ke monitor lain, juga menghubungkan monitor ke CPU yang lain. (Baca juga: fungsi port komputer dan jenisnya).

3. Periksa VGA

Jika kabel monitor tidak bermasalah, port HDMI juga baik – baik saja, coba periksa VGA komputer anda. Pada PC ada dua jenis VGA, VGA on-board yang langsung terpasang di motherboard atau VGA add-on yang berupa card VGA yang bisa di lepas pasang. Jika PC anda menggunakan VGA add-on, anda bisa mencoba memasang VGA yang lain untuk mengetesnya. (Baca juga: fungsi VGA card, ciri-ciri VGA rusak)

4. Periksa RAM

RAM komputer yang kotor atau rusak juga bisa mengakibatkan hilangnya tampilan pada layar monitor. Coba lepas RAM dan bersihkan pin – pinnya menggunakan pengkapur pinsil. Setelah itu pasang kembali dengan benar. Apakah ada perubahan? Jika tidak coba pinjam RAM lain ayng dalam keadaan baik, lalu coba gunakan pada CPU komputer anda. Jika memang RAM yang rusak, gantilah RAM tersebut agar anda bisa menggunakan komputer anda kembali. Baca juga penyebab kerusakan RAM, ciri-ciri RAM komputer rusak.

5. Periksa Tegangan Listrik

Tegangan listrik yang kurang stabil bisa mengakibatkan daya yang disalurkan oleh power supply kekomponen lain, seperti misalnya hardisk menjadi tidak stabil pula. Ketika daya yang dibutuhkan oleh hardisk tidak terpenuhi/ kurang, hardisk tidak akan bisa diakses dengan baik. Salah satunya bisa menyebabkan pengiriman signal dari CPU ke layar monitor terganggu. (Baca juga: penyebab kerusakan harddisk).

Untuk mengatasinya, anda bisa mencoba menghidupkan koputer tanpa hardisk terlebih dahulu. Cek apakah tampilan BIOS muncul di layar. Apabila muncul, kesalahan mungkin memang pada hardisk yang kurang daya. Anda bisa memasang kembali hardisk sembari juga mengusahakan agar daya yang diterima komputer stabil. Anda bisa menggunakan stabilizer atau UPS. (Baca juga : tips memilih power supply yang bagus untuk PC gaming).

6. Periksa Motherboard

Motherboard merupakan rumah tempat semua komponen inti komputer dipasang. Permasalahan yang terjadi pada motherboard akan sangat mempengaruhi kinerja sistem komputer. Seluruh perangkat input dan output yang tersambung tidak akan dapat berjalan dengan baik, jika motherboard mengalami masalah. Termasuk hilangnya signal dari CPU ke layar monitor. (Baca juga: penyebab kerusakan pada motherboard)

Motherboard yang berkualitas jarang sekali mengalami kerusakan, kecuali karena sudah usang atau kesalahan pemakaian yang mengakibatkan shortcut, tegangan kejut, atau kendur/ putusnya rangkaian. (Baca juga: ciri-ciri motherboard rusak).

Sebelum menggantinya anda bisa terlebih dahulu mencoba membongkar lalu membersihkan keseluruhan motherboard. Kadangkala debu yang manumpuk pada motherboard yang sudah lama dipakai bisa mengakibatkan motherboard tidak dapat bekerja dengan baik. Dengan membersihkannya bisa mengatasi permasalahan. (Baca Juga: Perbedaan Windows 32 Bit dengan 64 Bit , Fungsi Control Panel)

7. Periksa Processor

Processor jarang sekali rusak, namun bukan berarti tidak mungkin rusak. Jika processor bermasalah, bukan hanya monitor yang tidak mendapatkan signal, namun komputerpun tidak akan bisa hidup sama sekali. Atau hidup sebentar namun mati lagi. Permasalahan umum pada processor biasanya karena overheating. Meskipun processor memiliki self sistem untuk mematikan diri ketika mengalami overheating, tetap saja pemakaian yang dipaksakan bisa menyebabkan kerusakan. Baca juga penyebab kerusakan processor.

Pertama, cek fan dan heatsink processor. Apakan kipas berjalan dengan normal? bersihkan juga debu – debu yang menempel agar proses pendinginan berjalan dengan baik. Ciri processor yang mati mudah dikenali, jika processor tetap dingin meskipun komponen lain panas ketika dihidupkan, maka processor memang sudah tidak berfungsi. (Baca juga : bahaya main game online di laptop).

Demikian ulasan mengenai cara mengatasi komputer no signal. Pertama anda harus memeriksa kelayakan kabel monitor, serta port HDMI pada perangkat komputer anda. Selain itu pengecekan pada VGA, RAM, Processor dan Motherboard juga perlu dilakukan. Karena permasalahan pada komponen tersebut bisa mengakibatkan terganggunya pengiriman signal dari CPU ke layar monitor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *