Wisata Alam

5 Tempat Wisata Spesial di Karangasem yang Wajib dikunjungi

Retnamudiasih.com – Karangasem terletak di Pulau Bali bagian Timur. Kabupaten Karangasem adalah daerah dengan iklim tropis, yang dipengaruhi oleh dua jenis musim: musim kemarau (April-Oktober) dan musim hujan (November–Maret). Curah hujan tertinggi terjadi pada Oktober, yakni dalam 166 hari, dengan rata-rata curah hujan 182 mm. Flora dan faunanya tergolong spesies tropis.

Ada banyak tempat wisata spesial di Karangasem yang wajib dikunjungi. Ada wisata gunung, pantai, budaya, dan sejarah yang dapat dieksplor oleh wisatawan. Sebut saja Bukit Jambul, Pura Besakih, Telaga Waja, Iseh, Putung, Puri Agung Karangasem, Tirtagangga, Jemeluk, Tulamben, Sibetan, Taman Ujung, Candidasa, Tenganan Pegeringsingan, Padangbai, dan Yeh Malet. Namun kali ini akan Saya bahas 5 tempat wisata spesial di Karangasem yang Wajib dikunjungi :

1. Bukit Asah

Bukit Asah menjadi tempat yang tepat untuk melihat pemandangan laut, tebing, dan perbukitan hijau. Suasananya sangat tenang dan cenderung sepi pengunjung karena belum banyak diketahui wisatawan. Saat yang tepat untuk mengunjungi tempat wisata ini, ketika pagi maupun sore hari.


Sumber gambar google image

Di Bukit Asah wisatawan bisa melihat pemandangan matahari terbit di pagi hari dan melihat pemandangan matahari terbenam di sore hari.

2. Tirta Gangga

Pada tahun 1963, Tirta Gangga hancur akibat erupsi Gunung Agung. Namun, kemudian dibangun kembali, dan sampai sekarang menjadi taman air yang cantik di Karangasem. Titra Gangga dibangun oleh Raja Karangasem pada tahun 1963.

Sumber gambar google image

3. Pura Lempuyang Luhur

Salah satu sudut paling terkenal dari pura ini adalah gerbang pura yang tampak Gunung Agung langsung. Semenjak erupsi Gunung Agung, pura lempuyangan semakin ramai pengunjung.

Sumber gambar google image

Jika memotret dari sudut yang benar, maka akan tampak puncak Gunung Agung yang simetris di tengah gerbang pura. Pura Lempuyang Luhur adalah salah satu situs sembahyang penting bagi umat Hindu di Bali.

Baca Juga  [Part.3] Desa Wisata Jelok Gunung Kidul : Memuaskan Hasrat Berpetualang.

4. Desa Tenganan

Jika ingin melihat cerminan Bali Aga atau Bali zaman kuno, berkunjunglah ke Desa Tenganan. Leluhur Tenganan dipercaya berasal dari Kerajaan Majapahit. Selain interaksi dengan penduduk, arsitektur rumah, juga banyak kerajinan tradisional Bali khas di desa ini. Seperti kerajinan lontar dan tenun ikat ganda gringsing yang langka di dunia.

Sumber gambar google image

Sampai saat ini penduduk desa masih memegang teguh peraturan adat yang sudah ada sejak abad ke 11. Peraturan adat tersebut mengatur sistem pemerintahan, hak tanah dan hak sumber daya alam, perkawinan, pendidikan, dan upacara adat.

5. Bukit Putung

Salah satu wisata yang sedang naik daun di Karangasem. Dari Bukit Putung wisatawan dapat melihat keindahan Bali Timur yang diselimuti tumbuhan hijau dan langsung mengarah ke laut.

Sumber gambar google image


Tagged , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *