Review Produk

7 Cara Mengatasi Rambut Rontok & Ketombe Secara Alami

Retnamudiasih.comCara Mengatasi Rambut Rontok & Ketombe Secara Alami. Ketombe atau dandruff adalah serpihan kulit di berwarna putih atau keabu-abuan yang sering kita lihat di kepala. Serpihan tersebut mudah terlihat dan kadang berjatuhan ke bahu. Dengan adanya ketombe tentu akan membuat rasa percaya diri kita menurun, diperparah lagi dengan masalah lain seperti rambut yang semakin mudah rontok. Perlu kita ketahui bahwa ketombe disebabkan oleh pertumbuhan dan kerontokan sel kulit kepala yang terlalu cepat. Diduga hal itu disebabkan oleh gangguan pada kelenjar penghasil minyak di kulit kepala, yang membuatnya terlalu banyak memproduksi minyak kulit.

cara-mengatasi-rambut-rontok-dan-ketombe-dengan-bahan-alami
Sumber gambar : brilio.net

Saya pernah berketombe dan bahkan rambut rontok saat hamil dulu, ntah karena apa. Yang jelas hal tersebut membuat saya nggak nyaman, terlebih dengan adanya ketombe tersebut membuat kulit rambut terasa gatal-gatal. Bete bener. Selama ketombe itu Saya sampai mencoba berbagai jenis merk shampo akan tetapi permasalahan ketombe masih menjadi momok. Tak jarang pula sebagian orang mengalami ketombe yang makin parah setelah pemakaian sampo anti ketombe.

Nah pernahkah tidak Kita berfikir kalau ternyata ketombe berlebihan ini dapat diatasi dengan mudah menggunakan beberapa bahan alami yang bisa dijumpai disekitar kita. Kita bisa memanfaatkan minyak zaitun, garam, bawang merah, minyak kemiri, daun pandan, jeruk nipis, lidah buaya dan lainnya.

1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis ternyata memiliki beragam khasiat yang sangat manjur untuk mengatasi permasalahan keseharian termasuk urusan rambut. Lalu bagaimana cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok dengan jeruk nipis?

Caranya :  campurkan jeruk nipis dan santan secara merata yang akan dijadikan obat herbal menghilangkan ketombe. Oleskan campuran tersebut pada rambut dan pastikan mengenai kulit kepala. Selanjutnya Kita bisa membilas dengan air bersih setelah mendiamkan selama kurang lebih 20 menit.


2.Lidah Buaya

Cara menghilangkan ketombe selanjutnya dengan menggunakan lidah buaya. Tanaman lidah buaya ini dapat ditemukan dengan mudah di sekitar kita. Lidah buaya memiliki ciri khas yang bersifat dingin alhasil mampu mendinginkan kepala.

Baca Juga  Berbagi Tips Saat Berburu Tiket Lebaran di Traveloka Agar Harga Lebih Murah

Caranya : haluskan daging lidah buaya secukupnya lalu ratakan menyeluruh hingga ke permukaan kulit kepala Kita. Pijat lembut kepala hingga meresap ke dalam kulit. Tunggu hingga sekitar setengah jam, selanjutnya bilas kepala Kita dengan air hingga bersih.

3.Minyak Zaitun

Selanjutnya Kita bisa mencoba membeli minyak zaitun yang bisa didapatkan pada minimarket terdekat ataupun toko herbal di sekitar Kita. Cukup dengan mengoleskan minyak tersebut kebagian kulit kepala rambut Kita. Cukup mudah dan gak ribet kan?

Selain itu Kita juga bisa memberikan pijatan lembut agar mudah meresap ke dalam lapisan kulit kepala. Lalu diamkan selama kurang lebih setengah jam, selanjutnya bilas dengan air bersih ketika Kita akan mandi.

4.Baking Soda

Baking soda selain umum digunakan untuk produksi makanan berupa roti, ternyata juga manjur sebagai pengusir ketombe. Cara mengatasi ketombe dan rambut rontok juga bisa menggunakan dengan baking soda.

Caranya : campurkan baking soda dengan air hangat. Selanjutnya usapkan hingga mengenai kulit kepala. Tunggulah selama beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih. Akan tetapi jangan sampai Kita berlebihan dan sering menggunakan baking soda sebagai penghilang ketombe.

5.Lemon

Buah lemon ternyata juga bisa digunakan sebagai herbal penghilang ketombe. Buah yang memiliki ciri khas berwarna kuning cerah ini mampu mengangkat sel kulit kepala yang telah lama mati.

Caranya : peras lemon lalu gunakan untuk membasuh kepala, Kita pastikan perasan buah lemon tersebut mengenai kulit kepala . Selanjutnya tunggulah beberapa menit, kemudian Kita bisa membersihkan dengan air.

6.Garam

Siapa sangka kalau garam ternyata juga salah satu obat alami yang cukup ampuh menghilangkan ketombe. Garam ini berfungsi sebagai scrub alami yang bermanfaat guna mengangkat sek kulit mati.

Baca Juga  Hotel Murah di Pekanbaru Dekat Bandara

Caranya : pertama basahi kepala dengan air bersih. Lalu taburkan sedikit garam ke atas permukaan kepala, gosok gosok hingga mengenai kulit kepala. Lalu bilas dengan air hingga bersih, cukup mudah bukan?

7.Daun Pandan

Dedaunan ini umum digunakan sebagai zat pewarna hijau alam. Selain itu juga sering digunakan sebagai bahan penyedap makanan. Menghilangkan ketombe dan rambut rontok juga bisa memakai daun pandan.

Caranya : pertama haluskan beberapa helai daun pandan. Jika perlu bisa menumbuk daun pandan tersebut hingga halus, akan tetapi jangan menggunakan mesin blender. Lalu tambahkan sedikit air hangat, bilas campuran tersebut ke permukaan kepala Kita. Tunggu beberapa saat, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

***

Selain dengan baha-bahan alami di atas, Saya sarankan untuk merawat rambut dengan kondisioner? Mengapa? Agar perawatan makin kompleks dan efektif, carilah shampoo  dan kondisioner yang diformulasikan untuk rambut rontok untuk membantu memberikan nutrisi yang mengembalikan kekuatan rambut.

Salah satu shampoo dan Kondisioner yang saya rekomendasikan adalah TRESemmé Total Salon Repair Shampoo and Conditioner, karena hanya Tresemme yang mampu merawat kerusakan rambut dan efektif membantu mengurangi rambut rontok sejak pertama kali digunakan. Selain itu rambut lebih kuat, dan nggak rontok-rontok lagi deh. Selamat tinggal ketombe dan rambut rontok 🙂


Tagged ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *