Wisata Alam

Air Terjun Kedung Pedut Girimulyo Kulon Progo

Retnamudiasih.com – Bagi saya wiken itu adalah waktu yang tepat tuk melepas penat setelah 5 hari berada di jam kerja yang tak akan pernah ada habisnya. Karena bagaimana pun hidup kita haruslah seimbang antara bersenang-senang, bekerja, dll. Dan salah satu wujud bersenang-senang saya adalah dengan jalan-jalan/blusukan/ngebolang/apalah. Kali ini air terjun kedung pedut girimulyo kulon progo menjadi destinasi wiken saya 😀

kedung_pedut_1

Ngebolang adalah hal yang menyenangkan, ngebolang mah suka-suka kaki melangkah gak perlu jauh-jauh juga, karena dijogja masih banyak yang belum sempat dikunjungi. Rencana memang besok kalau jogja dan sekitarnya sudah terjamah semuanya dan tabungan cukup gue pasti bakalan ngexplore tempat yang lebih jauh dan indah. So sabtu ini ke air terjun kedung pedut dulu guys.

Kedung Pedut, nama salah satu air terjun cantik di Kulonprogo, tepatnya di dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo. Kulon Progo. Rute menuju air terjun kedung pedut :


Jl.Godean – Pasar Godean – Jembatan Sungai Progo – Perempatan Bangjo Nanggulan – Pasar Kenteng – Tanjakan pegunungan meoreh – mentok pertigaan ambil kanan arah goa kiskendo – Pasar Jonggrangan – Goa kiskendo – Pertigaan setekah goa kiskendo ambil kiri – Pertigaan Grojogan Mudal ambil kiri – Air terjun kembang soka – Pertigaan setelah gerbang masuk air terjun kembang soka ambil kiri – Air terjun kedung pedut.

kedung_pedut_7

Kontribusi Masuk : Rp. 6.000/orang
Parkir : Rp.5.000 ( motor) / Rp 10.000,- (mobil)

Dari Lokasi Parkir, masih harus berjalan kaki,menyelusuri jalan setapak menuruni lembah. Jalan setapaknya berupa tanah yang telah diperkeras oleh pokdarwis (kelompok sadar wisata) selaku pihak pengelola air terjun ini.

kedung_pedut_4
Harap hati-hati saat menuruni lembah apalagi setelah hujan kondisi jalan agak licin. Sepanjang tracking menuju air terjun tidak usah khawatir kehausan, ada beberapa shelter untuk istirahat dan penjual makanan-minuman didekatnya. Setelah tracking sekitar 15 menit, sampailah di aliran sungai yang berasal dari air terjun Kedung Pedut. Kita tinggal menyebrangi sungai dan kolam alami dengan jembatan bambu dan sampai di depan air terjun Kedung Pedut.

Baca Juga  Referensi Tempat Wisata di Kota Padang

So guys, meski letak air terjun kedung pedut ini masih terpencil, terletak di dasar lembah dari dua tebing tinggi di pegunungan menoreh kulon progo tidak menjadi halangan bagi gue and temen2 yang lain untuk menikmati air terjun yang memiliki dua warna ini.

kedung_pedut_6

kedung_pedut_8
Selain dua warnanya, keunikan lainnya adalah adanya kolam alami. Kolam alami ini merupakan kedung, atau bisa dibilang suatu cekungan yang mempunyai kedalaman sekitar dada sampai leher orang dewasa. Pokdarwis menjadikan kolam alami ini menjadi tempat untuk bermain air, sedangkan disekitar air terjunnya tidak digunakan untuk bermain air, hanya untuk dinikmati dan di foto saja. Pada dinding tebing bambu-bambu yang menempel kuat. Bambu tersebut dibuat sebagai tempat duduk menikmati kolam alami, dan istirahat setelah bermain air di Kolam alami.

kedung_pedut_3

kedung_pedut_2

kedung_pedut_10
Walaupun baru beberapa bulan dibuka, walaupun sederhana fasilitas disini sudah cukup baik. Jalan setapak menuju air terjun menurut gue juga lebih baik seperti ini saja, agar nuasa kealamian terjaga, dan perjalanan menuju air terjun terasa makin seru.

Sudah terdapat beberapa tempat sampah, jadi pengunjung diharapkan tidak membuang sampah sembarangan, apalagi mengotori sungai dengan membuang sampah disungai. Kumpulkan sampah dari bekal yang kalian bawa dan buang ditempat yang disediakan. Biar tempat ini selalu nyaman untuk di kunjungi.

Happy Wiken 🙂


Tagged

4 thoughts on “Air Terjun Kedung Pedut Girimulyo Kulon Progo

    1. Waktu saya kesitu, sekitar awal tahun 2015 kondisi jalannya ketika sudah memasuki wilayah kedung pedut, jalannya nanjak dan masih berbatu mas tikungan tajam dan curam sepanjang jalan banyak berdoa 🙂 makanya dulu gak berani kalau bawa mobil. kalau kondisi saat ini belum tau saya, bisa jadi sudah diperbaiki sehingga kondisi jalan bisa mulus dilewati mobil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *