Tips & Trik

Apa Saja yang Perlu Dicek Saat Servis Motor?

Retnamudiasih.com – Apa Saja yang Perlu Dicek Saat Servis Motor? Servis motor merupakan salah satu hal wajib yang harus kamu lakukan secara rutin supaya tetap awet. Kalau motor kamu jarang diservis maka performa motor akan menurun bahkan akan cepat rusak. Jika kerusakan terjadi pada kendaraan motor justru biaya yang kita keluarkan akan jauh lebih banyak.

Melakukan servis berkala merupakan kewajiban pemilik sepeda motor jika ingin performa kendaraannya tetap dalam kondisi terbaik. Perawatan berkala sepeda motor tidak boleh terlewat. Apalagi jika membeli motor baru dari diler, sebab biasanya servis berkala di bengkel resmi salah satu syarat garansi.

Berikut beberapa bagian yang perlu di cek saat melakukan servis motor

1.Oli Mesin

Pengecekan oli atau ganti oli merupakan hal wajib yang harus kamu lakukan setiap bulan agar mesin berjalan dengan baik dan terbebas dari gangguan. Fungsi oli sendiri sebagai pelumas,pendingin,dan pelindung mesin, dan juga untuk melapisi bagian logam agar tidak terjadi kontak langsung dengan udara atau air. Selain itu, oli juga dapat melindungi mesin agar tidak mudah berkarat.

oli_motor_matic
Source : https://lifepal.co.id/

Jenis oli yang dipakai pun tidak boleh sembarangan. Karena itu, disarankan agar kamu konsultasikan dahulu dengan mekanik mengenai jenis oli yang tepat dengan tipe motormu. Jika jenis motor kamu matic, maka sesuaikan juga dengan oli motor matic.

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

2.Kampas Rem

Rem merupakan salah satu sparepart yang harus selalu dipantau kualitasnya karena menyangkut keselamatan saat berkendara. Usia kampas rem dipengaruhi dari cara pemakaian. Kampas rem terbagi menjadi dua jenis yaitu kampas rem depan cakram dan kampas rem belakang tromol. Pada saat servis, mekanik akan memberitahukan apakah kampas rem kamu perlu diganti atau tidak.

Jika kampas rem sudah tipis, rem pun jadi kurang pakem, dan bisa menyebabkan bahaya kecelakaan. Inilah alasan penting kondisi kampas rem harus selalu dicek saat melakukan service motor.


3.Busi

Salah satu ciri busi motor harus diganti yaitu mesin motor sulit untuk dihidupkan, baik menggunakan electric starter maupun kick starter. Hal itu disebabkan karena busi motor yang tidak mampu memberikan percikan api yang cukup di ruang bakar. Busi adalah part atau bagian di motor yang fungsinya untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Jika busi tak berfungsi baik, maka bisa menyebabkan motor sulit dinyalakan. Untuk itu diperlukan penggantian busi.

Baca Juga  Daftar Penyedia Domain Gratis Tanpa Syarat

Waktu yang tepat untuk mengganti busi yaitu ketika sudah memasuki jarak tempuh sekitar 6 ribu km. Atau biar lebih mudah diingat yaitu setiap dua kali mengganti oli motor. Bagusnya tiap dua kali ganti oli, dibarengi satu kali mengganti busi.

4.Oli Gardan

Pengguna motor matic wajib rutin ganti oli gardan. Mengingat fungsi oli gardan untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Waktu penggantiannya menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.

5.Ban

Ban motor tidak sekedar menggerakkan, namun memiliki peran penting didalam operasional sebuah kendaraan. Komponen ini juga berfungsi untuk menyangga beban berat pada kendaraan, baik itu penumpang maupun barang bawaan. Selain itu, adanya ban juga akan membantu pengendara dalam memudahkan untuk berubah arah.

Pemeriksaan ban sangat penting dilakukan secara berkala. Bahkan seharusnya, kamu memeriksa kondisi ban terlebih dahulu sebelum menggunakan motor. Namun pada saat service motor, mekanik akan memfokuskan pemeriksaan pada tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (bannya gundul atau tidak), dan sebagainya.

6. Filter Udara

Fungsi filter udara adalah menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masuk, kemudian menyumbat sistem injeksi dan karburator. Biasanya, pemeriksaan akan dilakukan terlebih dahulu, sebelum mekanik memutuskan, apakah filter udara masih bisa dibersihkan atau harus diganti.

Penggantian saringan udara secara berkala dapat mengantisipasi salah satu penyebab motor rusak dan mogok di jalan, selain itu dengan saringan udara yang berkualitas dan berfungsi dengan baik dapat menjamin perfoma motor tetap prima dan nyaman selama berkendara.

Pada sepeda motor jenis bebek, penggantian filter udara motor ada di interval 10.000 km atau 10 bulan penggunaan. Sementara pada sepeda motor jenis matik dan bebek, penggantian filter udara mulai interval 12.000 km-15.000 km dan 12 bulan hingga 15 bulan penggunaan.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan 7 Bahan Alami

7. Aki atau Accu

Aki adalah komponen utama dalam kendaraan bermotor karena bekerja untuk menyimpan daya dalam sistem kelistrikan. Tanpa hadirnya aki, maka busi tidak dapat memercikan api dan pembakaran pun tidak akan terjadi. Bukan hanya busi, aki juga menjadi sumber listrik dari komponen lainnya seperti lampu dan klakson

Tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 – 14,2 Volt. Nah, kalau tegangan aki tak sesuai ketentuan tersebut, ditemukan ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, mau tidak mau mekanik harus melakukan pemeriksaan detail. Kondisi aki yang sudah tidak layak harus segera diganti agar kamu tetap bisa menggunakan motor dengan nyaman.

8.Tune up Motor Rutin

Service motor tune up adalah servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-kompenen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Selain ganti oli, servis tune up juga harus dilakukan setiap bulan secara rutin. Tujuannya adalah agar kamu dapat mengetahui kondisi motormu. Servis tune up ini termasuk:

  • Mengecek tekanan ban
  • Mengecek alat ECU dan area CVT
  • Mengecek kondisi atau tegangan rantai
  • Karburator dan radiator dibersihkan
  • Mengecek kondisi lampu (jauh, depan dan belakang), sen dan klakson
    Saringan udara juga umumnya akan dibersihkan

Adakalanya tune up disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Jika saat diservis tune up ternyata ada yang harus diperbaiki atau diganti, umumnya pihak mekanik akan bertanya terlebih dahulu ke kamu sebelum dikerjakan. Tapi kamu disarankan membawa uang lebih saat servis rutin.

Bengkel Servis Motor Terbaik

Ada banyak bengkel mobil maupun motor di Jogja yang bisa menjadi pilihan bagi Kamu. Namun, dari sekian bengkel tersebut, ada beberapa bengkel dengan penawaran menarik dan biaya servis atau perbaikan murah. Tentu harapan kita adalah servis yang diberikan juga komprehensif.

Apa_Saja_yang_Perlu_Dicek_Saat_Servis_Motor
Source : planet ban

Nah untuk mendapatkan servis yang bagus, ya kamu harus mencari bengkel servis motor yang bagus juga. Salah satu bengkel yang bisa kamu andalkan ada Planet Ban. Di bengkel ini, kamu bahkan bisa mendapatkan service motor rasa mesin baru . Hmm… apa itu servis mesin rasa baru?

Baca Juga  5 Cara Memilih Asuransi Jiwa yang Tepat dan Terbaik

servis motor rasa baru dikenal juga dengan sistem servis terpadu. Tujuan melakukan jenis service motor ini untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat.

Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru, yaitu bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin.

Apa Sih Manfaat Melakukan Servis di Planet Ban?

  • Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Otomatis, mesin jadi lebih awet ( jarang rusak).
  • Jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng.
  • Ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali), sehingga kamu tidak perlu sering ke bengkel. Selain itu, biaya servis jadi lebih hemat.
  • Kamu bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.

Bedanya Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat lain?

Beberapa kelebihan melakukan servis di planet ban yaitu jika kamu melakukan service motor rutin di Planet Ban, maka seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru.

Service motor di Planet Ban bikin motor kamu seperti punya mesin baru lho. Hasilnya, tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total.

Harga service motor di Planet Ban yang selengkap ini, terjangkau banget pula. Untuk service motor injeksi cuma Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,-

Nah, tunggu apalagi? sekarang kamu sudah tahu manfaat rutin cek kondisi motor dan bagian apa yang perlu diservis kan?Yuk cek segera kendaran kita di Planet Ban  terdekat, dijamin puas 🙂


Tagged , ,

10 thoughts on “Apa Saja yang Perlu Dicek Saat Servis Motor?

  1. Sangat informatif mudah dipahami dan menarik. Penulisnya juga keren banget deh, bisa ngejelasin dengan bahasa yang gampang. Terima kasih banyak

  2. kalau ganti oli di bengkel kadang diminta nomor whatsapp . tiga bulan kemudian dichat bahwa motornya sudah waktunya ganti oli . layanan seperti ini membantu atau malah mengganggu ya ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *