Wisata Alam

Berburu Pesona Alam Di Bukit Watu Gede Gunung Kidul

Retnamudiasih.com – Seperti dilansir dalam koran Tribun yang menyatakan Gunung kidul dikunjungi 2,6 juta wisatawan asing. 76% tujuan wisata di Jogjakarta terletak di Gunung kidul. Gunung kidul memiliki potensi wisata yang bisa kita jelajahi, baik pantai, wisata alam, maupun budaya. Salah satu wisata alam yang dimilikinya adalah bukit watu gede, pesona alam nya masih alami. Itu alasananya kenapa saya harus berburu pesona alam di bukit watu gede gunung kidul.

Tepatnya pada malam satu suro kemarin, saya berkesempatan mengeksplore Gunung kidul dan tempat wisatanya yang masih tersembunyi, kami para manusia yang senang piknik 😀 tidak melewatkan kesempatan untuk dapat menjelajahi alam gunung kidul, yang salah satunya adalah bukit watu gede.Tempat ini banyak mencuri perhatian bagi para pemburu wisata alam, karena apa? tentunya alamnya menawarkan kami untuk selfi..lohh.

wisata-alam-bukit-watu-gede-gunung-kidul
Banyak terdapat bebatuan besar disepanjang jalan

Untuk dapat menuju Bukit watu gede butuh waktu kurang lebih 30 menit dari pusat kota Wonosari. Bukit Watu Gede terletak di Padukuhan Sinom Desa Kedungpoh Kecamatan Nglipar.


Rute yang bisa kita tempuh dari Kota Jogja :
Kota Jogja → Pertigaan Sambi pitu ( masuk ambil kiri ) → Pertigaan Nglegi ( ambil Kanan ) → Pertigaan Setelah hutan kayu putih ( Ambil arah Kiri ) Balai Desa Kedungpoh ( masuk ambil Kiri ) setelah tanjakan ada gapura bambu ( masuk Kanan ) → Ikuti Jalan Corblok hingga nanti akan sampai di Bukit Watu gede.

Kondisi jalanan masih belum di aspal, jadi harus tetap waspada, karena kiri kanan masih terdapat banyak jurang. Bagi saya cukup membuat adrenalin tertantang, di satu sisi saya ingin mengambil beberapa gambar disepanjang jalan, tapi disisi lain saya harus selalu pegangan dan mengamankan kamera pocket saya.

Baca Juga  Wisata : 9 Tempat Ini Akan Membantu Kamu Menemukan Milky Way Terbaik di Indonesia
perjalanan-menuju-bukit-watu-gede-gunung-kidul
Perjalanan menuju bukit watu gede

Setelah perjalanan yang memacu adrenalin terlalui, akhirnya kami sampai di lokasi bukit watu gede, masih terbilang sepi dan belum banyak pengunjung di tempat ini, untuk dapat masuk pun kita hanya membayar uang parkir saja.

selamat-datang-di-bukit-watu-gede-gunung-kidul
Selamat datang di Bukit watu gede

Menurut warga setempat Bukit Watu Gede sudah resmi di buka dan dikelola oleh Pokdarwis Sinom. Selain nyaman untuk Bersantai Bukit ini juga bisa di pergunakan untuk kegiatan pecinta alam yang lain seperti Outbuond ,Camping ,dan juga Kegiatan Extreme Sport. Yang membuat saya suka dari atas bukit ini kita disuguhi hamparan perbukitan Gunungkidul yang begitu amazing.

pesona-alam-yang-indah-bukit-watu-gede-gunung-kidul
Antara aku, watu gede, dan gazebo

Jika kita naik keatas bukit, maka akan terlihat suatu panorama pemandangan yang amat luas,cantik indah dan mempesona. bukit hijau membujur kearah utara dengan kabut tipis melayang. Terlihat hamparan pemandangan yang hijau di gunung kidul, gak percaya? Naik aj, kamu pasti akan takjub melihatnya 😀

pesona-alam-bukit-watu-gede-gunung-kidul
Seluas mata memandang akan terlihat pemandangan terhampar yang hijau.
destinasi-wisata-gunung-kidul-bukit-watu-gede
Aku disini & kau disana, kita memandang langit yang sama..ehh
makan-tiwul-di-bukit-watu-gede
Makanan khas yang ditawarkan warga di bukit watu gede, rasanya luar biasa enaknya 😀

Menurut Pengurus Pokdarwis Sinom, Riyanto dalam keterangannya, telah dibangun Gasibu sebanyak 3 buah dan satu masih dalam proses penyelesaian. Pemerintah Desa Kedungpoh juga telah mengalokasikan Dana Bantuan Propinsi Tahun 2013 untuk pembuatan anak tangga menuju Bukit watu Gede. Bagi kalian yang ingin berburu sunrise dan sunset dari atas gazebo ini kalian bisa menikmatinya.

pesona-wisata-alam-bukit-watu-gede-gunung-kidul
Salah satu gazebo di Bukit watu gede
obyek-wisata-bukit-watu-gede-gunung-kidul
Ada yang lagi rumpi di gazebo itu 😀

Saat ini Bukit watu gede masih dalam proses pengerjaaan, antara lain penyediaan tempat parkir, kamar mandi, aula, penjual, dan pembuatan tangga demi memudahkan para pengunjung sampai di atas bukit watu gede. Selain itu Pemerintah Desa Kedungpoh juga akan berusaha mengakses SKPD yang terkait untuk membantu Bukit Watu Gede bias segera bisa dijual.Dengan demikian akan menambah pendapatan masyarakat.

Menurut saya pribadi yang sudah sampai ke TKP, tempat ini rekomendasi banget ,apalagi jika mengunjunginya pada saat pagi hari atau sore hari pasti Sunrise dan Sunset yang di suguhkan begitu sempurna. Oya jika ingin berkunjung kesana usahakan kendaraan anda fit karena track yang dilalui menuju kesana naik turun dan juga jalan licin (Cor Blok).

Baca Juga  Wisata : Akhirnya Blusukan Ke Candi Abang Lagi

Selamat berburu keindahan alam 🙂


Tagged

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *