Tips & Trik

Bisnis : 9 Ide Promosi Efektif dan Murah Untuk Restoran

Retnamudiasih.com – Membuka sebuah usaha atau katakanlah sebuah restoran saat ini menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan dan pilihan yang sangat baik, karena yang pasti semua orang butuh makan, sehingga bisa dikatakan bisnis ini abadi atau evergreen. Namun mengingat bahan baku yang digunakan untuk sebuah restoran tidaklah tahan lama, maka pemilik harus pandai-pandai melakukan promosi saat pembukaan, dengan tujuan mengenalkan serta kedepannya akan banyak pelanggan yang datang tentunya.

Jika tidak siap modal membengkak dan menelan kerugian. Ada baiknya kita melakukan cara efektif Promosi untuk sebuah restoran, nah berikut adalah 9 Ide Promosi Efektif dan Murah Untuk Restoran :

1. Membuat sebuah soft launching yang kreatif.

Caranya bisa dengan mengundang teman, kerabat, dan jika memungkinkan publik figur. Berikan keunikan yang membuat orang pengen mencoba datang ke rumah makan kamu dengan nama yang unik atau menu unik yang bikin penasaran.

Lakukan hal-hal kreatif, misalnya membuat sebuah icon/pakaian superhero dan mengenakannya pada tim pemasar, lalu ber-‘demo’lah di lampu merah sambil bagi-bagi brosur yang keren.


2. Memberikan program-progam menarik untuk pelanggan kamu.

Hal ini sering disebut loyalty program. Misalnya dengan pembelian tertentu, maka ada hadiah atau diskon khusus. Atau berikan perhatian secara pribadi pada pelanggan kamu, misalnya DISKON sesuai jumlah umur di KTP.

3. Manfaatkan sosial media. 

Kita pasti sudah menyadari bahwa fanspage facebook dan twitter sangat powerfull untuk digunakan berpromosi. Nah kamu juga bisa menggunakan youtube atau blog untuk memperkenalkan restoran kamu pada khalayak. Rajin-rajinlah meng-upload gambar-gambar makanan disana dan berikan kesan kelezatan disetap gambar itu.

4. Menjalin kerjasama dengan komunitas.

Berikan ruang, fasilitas dan diskon khusus buat komunitas tertentu. Misalnya saja komunitas penggemar klub bola, komunitas profesi tertentu, komunitas otomotif dsb.

Baca Juga  Cara Benar Menghitung Usia Kehamilan Dengan Tips Berikut

5. Strategi Up sell yang menarik.

Pancing dengan harga menarik dari sebuah produk untuk memancing pelanggan membeli produk itu plus up-selling produk lainnya. Misal, bebas nambah nasi dan gratis es teh jika datang ber-3 atau ber-4. Misal, Soto semangkuk hanya 2000 rupiah, tapi satenya, kerupuknya tidak termasuk dalam program promosi tersebut.

6. Menggunakan sarana Email dan mobile marketing

Mintalah alamat email atau nomor handphone pembeli jika ada, dengan ini kamu bisa memberikan update-update terbaru tentang restoran kamu setiap saat kepada pembeli. Tapi jangan lupa untuk menanyakan kepada pembeli apakah mereka bersedia untuk dihubungi melalui email atau sms jika terdapat promosi di rumah makan anda. Karena ada juga pembeli yang sering merasa terganggu untuk menerima promosi-promosi seperti ini. Ditakutkan pembeli justru akan lari jika kita memaksakan cara ini kepada mereka.

7. Membuat sebuah Blog dan video

Buatlah blog tentang restoran kamu melalui blog gratis seperti wordpress atau blogger. Dengan ini rumah makan kamu bisa diketahui oleh masyarakat lebih luas. Jika mungkin buatlah video tentang rumah makan kamu lalu upload di jejaring sosial seperti facebook dan youtube. Sehingga pembeli merasa tertarik untuk datang ke restoran kamu.

8. Menempelkan Stiker promosi di tempat-tempat menunggu

Stiker kecil tentang restoran kita bisa dibuat dan ditempelkan di tempat-tempat umum, terutama tempat-tempat dimana banyak orang menunggu dan antri seperti toilet, halte dan angkutan kota. Atau kamu juga bisa memberikan stiker mobil gratis di tempat parkir yang bertuliskan nama dan foto makanan yang disediakan di restoran kamu.

9. Pastikan Masakan anda enak dan pas dilidah pelanggan.

Nah yang terakhir dan sangat penting nih, jangan lupakan kualitas produk. Promo yang baik memang akan menarik banyak pelanggan, namun produk yang ngangenin akan menciptakan pelanggan-pelanggan setia dan semakin lama semakin membesar. Hal ini akan memancing testimonial dan power worth of mouth atau promosi dari mulut ke mulut.

Baca Juga  Jual Baju Renang Bayi dengan Model Modern

Oke, gimana tips dan trik promosi efektif dan murah untuk restoran ini? semoga bermanfaat. Selamat mencoba yaa!!


Tagged

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *