Investasi Saham

Rekomendasi Blog Terbaik untuk Belajar Investasi Saham Pemula

Retnamudiasih.com – Rekomendasi Blog Terbaik untuk Belajar Investasi Saham Pemula. Dalam dunia investasi saham, banyak sekali investor pemula/awam yang masih mengalami kebingungan. Agar tidak bingung salah satu cara untuk belajar investasi saham dengan media blog dikarenakan mudah dan murah. Tidak seperti produk investasi lainnya, investasi saham lebih kompleks dengan segala aturan, analisis hingga strategi investasi.

Blog untuk belajar investasi saham
Source : unsplash

Banyak orang yang belum familiar dengan investasi saham. Padahal di era keterbukaan informasi seperti sekarang ini, belajar saham dari nol bisa dilakukan bermodal internet untuk pemula sekalipun. Mempelajari jual beli saham secara tepat bisa memberikan keuntungan maksimal bagi pelaku investasi atau nabung saham.

Sampai detik ini investasi saham merupakan salah satu cara paling cepat untuk meningkatkan kekayaan. Instrumen investasi ini tergolong aman asalkan kita sudah tahu cara trading saham harian beserta dengan resiko yang akan dihadapi. Namun sebelum memulai investasi atau nabung saham, ada baiknya kamu belajar saham terlebih dahulu baik secara online maupun lewat buku.
Sekilas tentang Saham

Menurut Bursa Efek Indonesia (BEI), saham adalah tanda penyertaan modal dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas. Orang yang menanamkan modal di sebuah perusahaan disebut pemegang saham dan memiliki klaim atas pendapatan perusahaan, aset perusahaan, dan berhak mengikuti Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Dari hal di atas, saham merupakan bukti kepemilikan seseorang atas sebuah perusahaan/badan usaha. Kalau punya saham, kamu menjadi bagian dari pemilik sebuah perusahaan. Itu sebabnya saham tergolong surat berharga karena menjadi bukti sah kepemilikan seseorang atas sebuah perusahaan. Semakin besar saham yang dimiliki, maka semakin besar kekuasaan seseorang di perusahaan itu.

Dengan menerbitkan saham, perusahaan akan mendapatkan pendanaan jangka panjang dan merupakan salah satu cara meningkatkan modal bisnis selain menerbitkan obligasi. Dari sisi investor, saham merupakan instrumen investasi yang banyak dipilih karena memberikan tingkat keuntungan yang menarik.

Jenis-jenis Produk Pasar Modal


Berbagai jenis produk keuangan dan investasi di pasar obligasi, yaitu REIT, ETF, obligasi, saham, dan manajemen portofolio berkelanjutan, manajemen kekayaan jangka panjang dengan konsep diversifikasi risiko.

Produk pasar modal biasanya terbagi menjadi dua yakni surat berharga yang berbentuk kepemilikan dan surat berharga yang bentuknya uang. Produk yang dijual di pasar modal memiliki jangka waktu lebih dari satu tahun atau dikenal dengan sebutan long-term instruments. Berikut berbagai produk yang diperjual-belikan di pasar modal.

  1. Saham Biasa (Common Stock)
  2. Bukti Right (Right Issue)
  3. Obligasi (Bond)
  4. Saham Preferen atau Saham Istimewa (Preferred Stock)
  5. Waran (Warrant)
  6. Rekasadana (Mutual Fund)

Jenis-jenis Saham

Ilustrasi pasar keuangan yang adalah menjelaskan tentang pasar untuk perdagangan keuangan seperti saham, obligasi, logam mulia, produk pertanian, barang-barang yang dapat dibentuk dengan biaya transaksi rendah dan dengan harga yang mencerminkan penawaran & permintaan.

Untuk pemula yang masih belajar saham tentu harus mengetahui berbagai jenis saham. Saham memiliki berbagai jenis dilihat dari segi kemampuan dalam hak tagih atau klaim, cara peralihannya, dan kinerja perdagangan.

Rekomendasi Blog Untuk Belajar Saham

Investor pemula wajib belajar dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan banyak membaca berbagai buku hingga media online seperti youtube, blog, epaper dll untuk terus mengasah pengetahuannya dalam dunia investasi saham. Berikut blog-blog yang menjadi acuan saya untuk menambah ilmu dunia saham selama ini :

1. Blog Teguhhidayat.com

Sejak beberapa tahun terakhir, blog ini menjadi salah satu acuan utama saya dalam belajar investasi saham khususnya analisis fundamental. Si penulis bernama Teguh Hidayat saat ini menjadi direktur di PT Avere Mitra Investama yang dia dirikan.

Kesehariannya fokus untuk mencari saham-saham yang bagus dengan harga terdiskon atau bahasa kerennya adalah value investing. Dengan konsisten beliau mulai berbagi pengalaman dan pengetahuannya di dunia investasi saham sejak 2010 melalui personal website yang dia miliki.

2. Blog Bolasalju.com

Blog ini merupakan salah satu pelopor blog-blog yang membahas analisis fundamental sejak tahun 2010. Saat ini blog ini menyediakan banyak konten untuk belajar analisis fundamental lengkap dari untuk pemula hingga tingkat lanjut. Tapi untuk pembaca harus rela merogoh kocek lebih dalam karena banyak tulisan di blog ini saat ini diproteksi khusus untuk pelanggan berbayar.

Diluar itu, bolasalju merupakan salah satu rujukan saya untuk mendalami investasi jangka panjang dengan gaya value investing sejak dulu. Saat ini blog ini juga menyediakan beberapa produk gatis yang dapat didownload untuk mendalami lebih lanjut mengenai investasi saham.

3. Blog Parahita.wordpress.com

Penulis blog ini bernama Parahita Irawan. Menurut saya blog beliau salah satu blog dengan materi yang cenderung intermediate. Jika ingin mendalami rumus-rumus keuangan lebih mendetail dan analisis bisnis yang lebih tajam, blog ini wajib dibaca.

Apakah semua tulisannya termasuk tulisan “berat”? tentu saja tidak. Beliau juga menulis tulisan yang mudah dipahami secara mendetail terkait berbagai perhitungan valuasi, analisis laporan keuangan dan lain-lain yang dapat dipahami oleh pemula.

4. Blog Longterm-investment.com

Saya mulai membaca blog ini sejak tahun 2017. Blog ini berfokus pada investasi saham jangka panjang si penulis yang bernama Alianto Chan. Di blog ini para pembaca akan dihadirkan ulasan-ulasan saham dengan pendekatan analisis fundamental dengan jangka waktu panjang.

Paling menarik dari blog ini adalah ulasan mengenai kinerja portofolio investasi plus beliau berani blak-blakan untuk memperlihatkan daftar saham yang dia miliki di portofolio. Dari sini saya belajar banyak untuk mengubah pola pikir saya menjadi longterm oriented.

5. Blog Rivankurniawan.com

Tidak jauh beda dengan blog sebelumnya, saya mulai membaca blog ini juga pada tahun 2017. Pengalaman mantan seorang trader saham ini yang berubah haluan menjadi seorang value investor patut diacungi jempol. Saat ini penulis lebih banyak mengadakan training untuk menperkenalkan value investing ke masyarakat umum.

Beliau konsisten dalam menulis setiap bulannya sehingga blog ini menjadi sangat hidup untuk menjadi bahan diskusi dan belajar. Beliau juga berfokus dalam investasi jangka pajang

Demikianlah blog-blog terbaik yang pernah saya baca hingga saat ini. Semua blog mengacu pada gaya analisis fundamental karena sangat cocok dengan gaya investasi yang saya miliki. Semoga beberapa rekomendasi blog ini dpaat menambah pengetahuan untuk belajar. Mari menjadi bagian dari value investor di Indonesia.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *