Tips & Trik

Buah yang Baik untuk Mencegah Kanker

Retnamudiasih.com – Setiap orang pasti ingin mendapatkan kondisi tubuh yang selalu sehat jasmani serta rohani, dan tentunya jauh dari penyakit. Berbagai macam cara dilakukan untuk memperoleh kondisi sehat itu. Salah satunya dengan rajin mengonsumsi sayur dan buah. Beberapa buah juga dipercaya bisa mencegah penyakit, salah satunya penyakit kanker. Banyak buah yang baik untuk mencegah kanker, salah satunya apokat.

Buah yang Baik untuk Mencegah Kanker
Source : unsplash

Kanker merupakan salah satu penyakit dengan jumlah kematian terbesar di Indonesia, sehingga terlihat menakutkan bagi setiap orang. Nah, supaya kita tidak terkena penyakit ini, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencegahnya, dengan cara menjaga kesehatan, termasuk rutin mengkonsumsi makanan pencegah kanker. Sayur dan buah mengandung banyak vitamin dan mineral yang bisa membantu tubuh bekerja secara optimal. Kandungan senyawa tertentu di dalam sayur dan buah memiliki fungsi untuk mencegah penyakit tertentu. Nah berikut beberapa buah yang bisa mencegah kanker :

Buah beri
Berbagai jenis buah beri seperti raspberry atau blueberry umumnya mengandung anthocyanin – pigmen yang bersifat antioksidan dan bisa mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker usus besar, kanker mulut, dan kanker tenggorokan lho.


Supaya efektif mengurangi risiko kanker, sebaiknya konsumsi 1-2 porsi buah beri setiap harinya. Buah beri juga mudah kita konsumsi dengan berbagai cara, seperti dalam bentuk smoothie bowl, jus, sebagai topping oatmeal atau yogurt kita, atau dalam dessert kita.

Kurma
Kurma dipercaya sebagai salah satu buah yang baik dikonsumsi. Buah yang banyak dikonsumsi selama bulan puasa ini ternyata bermanfaat banget untuk mencegah kanker lho. Kurma yang tumbuh di gurun mengandung polyphenol – zat yang bisa mencegah kanker, terutama kanker usus – dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan buah dan sayuran lainnya. Selain itu, kurma juga bersifat anti-tumor lho.

Baca Juga  Aplikasi Cover Lagu Terbaik Android 2019

Blueberry
Buah berwarna biru ini dapat memperlambat pertumbuhan beberapa sel kanker, seperti kanker leher rahim dan kanker payudara. Kandungan antioksidan dalam buah ini merupakan salah satu yang paling tinggi di antara buah-buahan lainnya. Selain dapat dimakan langsung, kita juga bisa mengonsumsi blueberry dalam bentuk olahan misalnya dengan di jus maupun dalam bentuk yoghurt.

Buah Naga
Buah yang memiliki warna merah keunguan ini mengandung serat yang dapat membantu cegah kanker usus, penyakit kencing manis, dan sangat baik untuk diet. Sebagai pencegahan dan pengobatan kanker, buah naga dapat dikonsumsi dengan cara dimakan langsung tanpa diolah. Ada 2 jenis warna buah naga biasanya ada yang putih maupun yang warnanya ungu.

Apel
Siapa yang tidak suka apel, memang sih rasanya agak asem kadang, namun buah yang satu ini juga sangat bagus kita konsumsi, untuk mencegah kanker. Dari penelitian yang dilakukan diketahui bahwa zat-zat dalam apel bisa menghambat pertumbuhan sel kanker usus dan kanker hati. Dengan semakin banyaknya kandungan dalam buah apel yang diserap tubuh, maka semakin baik pula dalam melawan sel kanker. Kandungan antioksidan terbaik dari apel adalah pada buah apel yang belum dikupas kulitnya.

Sirsak
Buah sirsak dikenal sebagai buah anti tumor dan anti kanker. Kandungan zat anonaseus asetogenin dalam sirsak dapat menyerang serta melumpuhkan sel kanker. Hebatnya lagi, zat dalam sirsak bisa membedakan antara sel kanker dan sel normal, sehingga hanya menyerang sel kanker saja.

Manggis
Manggis memiliki kandungan antioksidan paling tinggi dari semua buah-buahan yang ada? Terutama dalam bagian kulit manggis yang mengandung zat xanthone. Dari penelitian diketahui bahwa xanthone merupakan bahan aktif yang bersifat antikanker, antioksidan, dan mampu menghambat proses penuaan. Tidak hanya itu saja, manggis ternyata juga mengandung ekstrak metanol dalam kulitnya. Ekstrak metanol ini berfungsi untuk mengurangi efek radikal bebas yang kuat.

Baca Juga  6 Peluang Bisnis Online Rumahan Tanpa Modal

Alpukat
Kaya akan glutathione, alpukat merupakan buah yang baik untuk dikonsumsi secara rutin. Glutathione merupakan zat antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh dengan menghalangi proses penyerapan lemak tertentu. Selain itu, alpukat juga mengandung potasium yang lebih tinggi dari pisang. Sedangkan asam folat, vitamin C, E, serta antioksidan dalam buah alpukat bisa bantu membunuh sel-sel pra-kanker.


Tagged

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *