Review Produk

Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Ala SGM

Retnamudiasih.comCara Membuat Bubur Kacang Hijau Ala SGM. Halo Ibu, apakah saat ini sedang mencari alternatif Makanan Pendamping ASI (MPASI) agar adek bayi sehat? Saat memasuki usia 6 bulan, si Kecil sudah mulai menyantap makanan padat. Oleh sebab itu sebagai seorang Ibu kita harus mulai memikirkan berbagai menu makanan, supaya kebutuhan nutrisinya tetap terpenuhi. Salah satu makanan yang saya rekomendasikan adalah Bubur kacang hijau.

Dari sejak hamil hingga usia anak saya saat ini 10 bulan, saya gemar memberikan bubur kacang hijau, karena kacang hijau memiliki banyak sekali manfaat bagi perkembangan balita. Sebelum saya membahas tentang cara membuat Bubur Kacang Hijau Ala SGM Berikut beberapa manfaat dari Kacang hijau yang perlu Ibu tahu :

manfaat-kacang-hijau
Sumber Gambar : Google Image

Kacang Hijau sebagai Sumber Vitamin dan Mineral

Kacang hijau cocok sebagai menu MPASI karena kaya akan kalsium dan berbagai mineral lainnya, seperti Kalium, Magnesium, Asam Folat, Seng, Besi dan Fosfor. Kalium dan Magnesium ini baik untuk kesehatan pembuluh darah si Kecil, sehingga menyehatkan jantungnya.


Banyak vitamin penting yang terkandung dalam kacang hijau, mulai dari vitamin C, A, K, E, sampai B-6. Vitamin-vitamin tersebut tentunya sangat dibutuhkan untuk menunjang kesehatan balita. Misalnya, vitamin C dapat mencegah penyakit akibat virus dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Kacang Hijau Kaya Protein

Berbeda dengan sumber protein hewani, kacang hijau sebagai sumber protein nabati tidak memiliki lemak jenuh. Selain itu, kacang hijau juga lebih aman dipilih sebagai MPASI, karena tidak memicu alergi.

Protein penting untuk mendukung tumbuh kembang balita, termasuk membentuk otot dan organ si Kecil. Menurut data nutrisi yang dimiliki oleh . Angka yang cukup tinggi ini sangat bisa dibandingkan dengan ikan, telur dan daging.

Baca Juga  Cara Pengobatan Gejala Tipes pada Bayi

Kacang Hijau Membantu Fungsi Hati

Manfaat berikutnya dari kacang hijau sebagai MPASI adalah baik untuk pencernaan dan gizi balita. Selain itu kacang hijau sangat mudah untuk dicerna oleh tubuh karena kaya akan serat. Ada dua macam serat yang terkandung dalam kacang hijau, yaitu serat larut yang dapat mengurangi masalah sembelit dan tidak larut yang berguna menjaga kadar gula darah.

Ternyata, kacang hijau juga dapat meningkatkan metabolisme dan mengeluarkan racun dalam tubuh atau detoksifikasi untuk kesehatan balita. Hal ini tentunya dapat meningkatkan fungsi hati si Kecil yang dapat mengurangi risiko berbagai penyakit kronis.Kacang Hijau Kaya Serat

* * *

Resep bubur kacang hijau sebenarnya tidak sulit diaplikasikan. Bahan pembuatnya pun tergolong sangat mudah dicari dan tidak mahal untuk dibeli. Bubur ini pun menjadi alternative yang sangat pas dan cocok untuk dikonsumsi balita, selain itu juga menarik untuk konsumsi ringan yang menyehatkan. Selain lezat, khasiat bubur untuk menambah gizi pun tak perlu dipertanyakan lagi. Gizi yang ditawarkan oleh makanan ini memang sangat kaya. Dari bahan kacang hijaunya saja, kita bisa mendapatkan banyak sekali manfaat.

Sumber Gambar : Google Image

Bahan Membuat Resep Bubur Kacang Hijau

Untuk membuat bubur kacang hijau sendiri tentu diperlukan alat dan bahan yang spesifik. Meskipun tidak menggunakan alat dan bahan yang sulit dicari, namun alangkah lebih baiknya bila kita menyiapkan terlebih dahulu semua alat dan bahan yang diperlukan. Jadi acara memasak yang kita lakukan lebih efisien baik dari segi tenaga dan waktu.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bubur kacang hijau ala SGM :

  • 1 sendok makan kacang hijau
  • 1 sendok makan sereal halus
  • 2-5 sdm ASI
  • 75 gram ubi manis
Baca Juga  Berbagai Aksesoris Komputer dan Laptop Dengan Harga Murah di Jakmall!

Cara Membuat Bubur Kacang Hijau

  • Cuci kacang hijau dan ubi manis yang telah dikupas dan dipotong dadu kecil.
  • Siapkan panci untuk merebus lalu didihkan sekitar 1 gelas air putih. Kemudian masukkan kacang hijau, sereal halus, dan potong dadu ubi manis.
  • Masak hingga mendidih, lalu tambahkan air putih untuk melunakkan semua bahan.
  • Masak hingga semua bahan lumat seperti konsistensi bubur kental.
  • Angkat dan sajikan dalam mangkuk.
  • Hidangkan dengan mencampurkan ASI sebagai topping.


Tagged , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *