Tips & Trik

Cara Membuat Value Proposition Canvas untuk Membangun Sebuah Startup

Retnamudiasih.comCara Membuat Value Proposition Canvas untuk Membangun Sebuah Startup. Memulai bisnis pada masa kini tidak lagi sesulit beberapa tahun lalu. Kemajuan teknologi dan berbagai peluang yang lahir di dunia bisnis membuat membuka usaha bisa dilakukan kapan saja. Salah satu jenis usaha yang sedang naik daun dalam beberapa tahun terakhir adalah startup.

Untuk membangun sebuah startup sendiri kita memerlukan beberapa perencanaan yang baik agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Salah satunya adalah menggunakan Business Model Canvas. Tapi apa yang dimaksud dengan hal ini dan mengapa perlu digunakan untuk membangun sebuah startup?

Cara Membuat Value Proposition Canvas
Source : unsplash

Secara garis besar, value proposition canvas digunakan perusahaan untuk menciptakan value kepada pelanggan. Tujuan pembuatannya sendiri adalah merancang sketsa sederhana sekaligus terperinci dan sistematis untuk memudahkan perusahaan dalam menyampaikan strategi.

Pentingnya Value Proposition

Value proposition adalah sebuah alat ampuh yang bisa mendongkrak penjualan dan membagun basis pelanggan. Sebagai tambahan, value proposition yang baik dan menarik bisa membuat strategi pemasaran menjadi jauh lebih efektif.Value proposition merupakan bagian penting dari strategi bisnis perusahaan. Karena value proposition adalah alat untuk menarik calon pelanggan, nilai-nilai ini harus sering dikomunikasikan melalui materi-materi strategi pemasaran perusahaan, seperti di website atau sosial media.


Komponen-komponen Contoh Value Proposition Canvas untuk Bisnis

Pada value proposition canvas, blok value proposition digambarkan dalam bentuk kotak dan ditempatkan di bagian kiri. Ada tiga komponen yang dipetakan dalam blok tersebut, antara lain products & services, pain relievers, serta gain creators. Kemudian blok customer segments digambarkan dalam bentuk lingkaran di bagian kanan dengan tiga komponen, yaitu customer jobs, gain, serta pain.

Contents lihat
Ada beberapa komponen yang terdapat dalam blok value propositions pada contoh value proposition canvas untuk bisnis.

  • Products & services
    Untuk mengisi ruang products & services, Anda perlu menuliskan semua proporsisi nilai dari segi produk maupun layanan. Barang dan jasa yang ditawarkan pun harus membantu pelanggan dalam perbaikan pekerjaan secara sosial, fungsional, serta emosional.
  • Pain relievers
    Di sini, perusahaan harus mampu memaparkan fungsi barang atau jasa dalam meringankan kesulitan yang dihadapi pelanggan. Kolom pain relievers biasanya mengurangi atau bahkan menghilangkan blok customer pain yang berkaitan dengan situasi tak diinginkan dan risiko pelanggan sebelum, selama, serta sesudah satu pekerjaan dilaksanakan.
  • Gain creators
    Gain creators pada value proposition canvas template adalah komponen yang dipakai perusahaan untuk menjelaskan bagaimana produk yang dipasarkan akan menguntungkan pelanggan.
Baca Juga  5 Tips Sebelum Berwisata Offroad

Berikut adalah komponen-komponen yang berada di blok customer segments.

  • Customer jobs
    Komponen pada value proposition canvas example ini digunakan untuk mengetahui pekerjaan pelanggan yang hendak diselesaikan produk perusahaan. Pekerjaan tersebut dapat mencakup tugas dari pelanggan hingga ke tahap penyelesaian, masalah yang sedang berusaha dipecahkan, maupun kebutuhan yang ingin dipenuhi.
  • Customer gain
    Customer gain merupakan komponen dalam business value proposition yang akan berguna dalam memaparkan manfaat yang diharapkan pelanggan. Hal ini mencakup manfaat secara fungsional, sosial, emosi, hingga penghematan biaya.
  • Customer pain
    Ketiga, ada customer gain dalam value proposition canvas B2B yang bisa Kita gunakan untuk menggambarkan biaya yang tak dibutuhkan, emosi negatif, situasi, hingga risiko yang berlangsung sebelum selama, dan setelah pekerjaan dilaksanakan.

Cara Membuat Value Proposition Seperti yang sudah disebutkan, value proposition yang baik bisa menjadi faktor kunci kesuksesan sebuah perusahaan. Akan tetapi, untuk membuat value proposition yang baik bukanlah hal mudah. Berikut tips-tips untuk membantu Kita membuat value proposition:

1. Mengenal Pelanggan
Sebelum membuat sebuah value proposition, sebaiknya Kita harus menganalisis pasar dan calon pelanggan. Mengidentifikasi calon pelanggan dan segmen pasar supaya memahami apa yang mereka butuhkan.

2. Produk yang Baik
Produk atau layanan merupakan Inti dari value proposition yang akan Kita tawarkan ke pasaran. Satu pertanyaan utama yang harus dicari solusinya oleh para pebisnis adalah; Solusi apa yang akan saya tawarkan? Nilai apa yang saya bawa dengan produk ini?

3. Memahami Biaya dan Keuntungan
Pahami dan ukur keuntungan yang bisa diambil dari produk Kita, sekaligus potensi biaya yang harus dikeluarkan. Sangat penting karena pelanggan akan mengukur dengan detail biaya yang harus dikeluarkan apakah setimpal dengan manfaat yang didapat.

Baca Juga  Mencegah Kanker Sejak Dini dengan 4 Dedaunan Sehat Berikut

4. Jangan Lupakan Kompetitor
Setelah menganalisis target pelanggan, selanjutnya yang harus Kita lakukan adalah bisa mengevaluasi persaingan pasar. Teliti dalam menilai kekurangan dan kelebihan para kompetitor, dan cari cara bagaimana produk Anda hadir di tengah-tengah persaingan.

5. Singkat dan Jelas
Selalu ingat bahwa value proposition yang efektif adalah singkat dan jelas. Target pelanggan Kita harus bisa dengan cepat memahami pesan yang Anda sampaikan. Kalau bisa jangan sampai lebih dari dua atau tiga kalimat.

6. Desain Adalah Segalanya
Nah, hal terakhir yang harus Kita buat adalah media promosi yang bagus dan mencolok di setiap materi-materi pemasaran seperti di website atau media sosial.

Dengan memiliki value proposition, perusahaan bisa memberikan alasan kenapa produknya harus dimiliki calon pelanggan. Di sinilah pentingnya strategi pemasaran agar calon pelanggan yakin mau menggunakan produk atau layanan Kita. Value proposition yang baik mampu menerjemahkan nilai-nilai produk Anda kepada calon pelanggan dengan singkat. Setiap value proposition harus unik, sebab ini adalah metode komunikasi yang langsung kepada target konsumen.

Buat Kamu founder startup yang memiliki potensi dan ingin mengembangkan skala bisnis startup, namun menghadapi berbagai tantangan dan kendala, Kita bisa mendapatkan kesempatan untuk brainstorming secara langsung dari para pelaku startup terkemuka di Indonesia melalui Startup Studio Indonesia (SSI).

SSI merupakan program besutan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang diselenggarakan untuk memfasilitasi startup digital yang sudah mencapai tahap product market fit dan memiliki founder yang potensial untuk menjawab masalah sulitnya mendapatkan sumber daya yang berkualitas dan pengembangan bisnis. Program ini diusung untuk menciptakan ekosistem digital Indonesia yang kaya akan sumber daya potensial yang bisa diakses para founder dalam berinovasi untuk mendorong transformasi digital Indonesia.

Baca Juga  Teknologi : 4 Aplikasi Android Buat Kamu Yang Suka Mendaki Gunung


Tagged

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *