Tips & Trik

Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak dan Tidak Terbaca dengan Mudah

Retnamudiasih.com – Barangkali diantara teman-teman ada yang pernah mengalami Kartu SD yang rusak dan tidak Terbaca? Jika jawabannya Ya. Maka artikel Saya kali ini akan membahas tentang Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak dan Tidak Terbaca dengan Mudah. Biasanya apa yang kalian lakukan nih? Jangan langsung ke tukang servis dulu, barangkali masih bisa diperbaiki.

Kartu SD alias SD Card kita gunakan biasanya apabila memori internal smartphone dirasa kurang cukup, sehingga kita harus menambah memori ekternal dengan menggunakan kartu SD. Namun media penyimpanan ini tentu tidak akan terhindar dari namanya masalah, mulai tidak terbaca, data corrupt dan masih banyak lagi.

Kartu SD yang beredar di pasaran saat ini hadir dengan berbagai macam jenis, kecepatan hingga kapasitas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Mulai dari 4GB hingga 512GB yang sudah tergolong besar untuk sebuah SD card. Nah, parahnya memory card yang tidak terbaca karena rusak tentu bakal merusak kerja kamu, apalagi jika semua data, foto maupun video tersimpan di dalamnya. Daripada kamu bingung mengatasinya, Berikut cara mengatasi kartu SD dan tidak terbaca yang bisa kamu coba lakukan :


Bersihkan Kartu Memori

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan saat kartu SD tidak terbaca maupun terdeteksi saat dimasukkan ke dalam smartphone, adalah membersihkan konektor yang tersedia. Maka kamu akan bisa memperbaiki kartu SD tanpa perlu memformatnya. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Keluarkan kartu SD dari perangkat gadget yang kamu miliki, seperti smartphone, kamera maupun actioncam. Kemudian bersihkan lempengan tembaga yang berfungsi sebagai konektor dengan penghapus. Jika sudah, masukkan kembali ke dalam gadget dan pastikan SD card yang bermasalah sudah terbaca atau belum.
Baca Juga  5 Aplikasi Untuk Menggabungkan Video Gratis Terbaik Untuk PC/Laptop

Coba Kartu SD di Smartphone Lain

Langkah kedua, kamu bisa mencoba kartu SD di smartphone lain. Hal ini tentu bisa mendeteksi, apakah kerusakan memang terjadi pada memory card kamu atau pada konektor pada smartphone. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Masukkan kartu SD yang sudah kamu cabut dan masukkan ke smartphone lainnya. Cek apakah kartu SD dapat terdeteksi dan dapat berfungsi dengan baik atau tidak.

Cek Error Melalui PC/Laptop

Langkah ketiga, kamu pun juga bisa terlebih dahulu melakukan pengecekan error melalui PC atau laptop, untuk melihat apakah kartu SD kamu bermasalah atau tidak. Cara ini juga yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki memory card yang tidak bisa di-format loh. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Masukkan kartu SD ke dalam smartphone dan hubungkan ke PC/laptop dengan menggunakan kabel data. Jika sudah terhubung, ubah mode dari Media transfer mode (MTP) ke dalam mode Mass storage mode (MSC). Lalu kamu tinggal membuka Explorer (Windows + E) lalu klik kanan pada drive kartu SD. Pilih menu Properties > Tools > Error Checking dan tunggu hingga proses selesai. Lakukan Eject setelah proses selesai dan cek apakah kartu SD sudah kembali normal atau belum.

Format Melalui HP Android

Langkah keempat, kamu bisa langsung memformat kartu SD supaya kembali normal dan bisa digunakan kembali. Metode pertama dan tentu yang paling mudah tentu adalah melakukan format melalui HP Android secara langsung tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Pastikan kartu SD sudah terhubung dengan smartphone Android yang kamu gunakan. Lalu pergi ke menu Settings > Storage > Portable storage dan pilih drive kartu SD kamu.
  • Pilih menu Storage settings > Format > Erase & format. Tunggu proses hingga selesai dan pilih Done.
    Terakhir, kamu tinggal cek kartu SD apakah sudah terformat dan kembali normal.
Baca Juga  Jual Kamera DSLR Bekas? Simak Tips Berikut!


Tagged

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *