Review Produk

Cara Mencegah Gigi Berlubang Agar Tidak Semakin Membesar

Retnamudiasih.comCara Mencegah Gigi Berlubang Agar Tidak Semakin Membesar. Adakah yang pernah sakit gigi yang disebabkan karena lubang tak kasat mata di gigi? Saya pernah nih sampai pada akhirnya harus cabut gigi. Kalau ditanya rasanya gimana? Wahh, gak mau lagi deh jangan sampai giginya bolong. Gigi berlubang ini disebabkan oleh asam yang diproduksi bakteri yang memakan gula dari makanan yang kita makan. Asam ini dapat merusak gigi. Jika tidak ditangani dengan benar, maka gigi yang berlubang tersebut dapat menyebabkan infeksi, bahkan gigi berlubang dikaitkan dengan beberapa penyakit, salah satunya adalah penyakit jantung. Trus gimana dong cara mencegah gigi berlubang biar gak makin membesar?

Masalah Gigi Berlubang

Gigi berlubang menjadi masalah pada gigi yang paling umum ditemui di Indonesia. Seperti diungkapkan oleh drg. Sri Angky Soekanto, DDS, PhD., praktisi kesehatan gigi dan pakar biologi oral Universitas Indonesia, penderita gigi berlubang ini sangat tinggi di Indonesia. Penyebabnya adalah kesadaran penduduk Indonesia akan kesehatan gigi masih sangat minim. cara mencegah gigi berlubang


Sumber gambar : unsplash.com

Jika kita kita terlanjur sakit atau berlubang akan lebih baik jika pergi ke dokter gigi, dokter akan melakukan pengecekan, sehingga dapat melakukan tindakan yang tepat untuk menangani gigi berlubang. Kamu tentu pernah mendengar menambal gigi, bukan? Prosedur yang dilakukan adalah dengan mengebor gigi yang berlubang, kemudian gigi yang berlubang tersebut akan diisi dengan bahan-bahan aman untuk menambal gigi – seperti campuran perak, emas. Tapi, jika gigi sudah senut-senut namun kita belum bisa pergi ke dokter, ada beberapa cara mengatasi rasa sakitnya dengan beberapa pengobatan alami di rumah. Salah satunya dengan berkumur air garam.

Baca Juga  Osaka Kaiyukan Aquarium

Menurut sebuah artikel tahun 2003, yang diterbitkan dalam British Dental Journal, bilasan air asin bermanfaat, karena garam dapat membuat basa dan meningkatkan pH di dalam mulut yang menghalangi perkembangan bakteri, karena hampir seluruh bakteri lebih memilih lingkungan asam untuk hidup. Selanjutnya, air garam bersifat isotonik dan tidak mengiritasi selaput lendir, dan itulah mengapa banyak dokter gigi menggunakan air asin hangat setelah melakukan prosedur gigi.

Kita semua ingin menghindari kerusakan gigi, karena dapat menyebabkan rasa sakit, nafas tak sedap serta gigi jadi berlubang bahkan kehilangan gigi. Hal ini masih suatu kondisi umum dan ketika biasanya berpengaruh pada anak-anak dan orang dewasa, kerusakan gigi dapat terjadi di semua usia.

* * *

Ini Dia Cara Mencegah Gigi Berlubang

Penting nih. Cara paling mudah dan paling efektif mencegah kerusakan gigi adalah dengan mencegah penimbunan plak. Karena plak terbentuk secara konstan, maka penting untuk terus membersihkannya setiap hari oleh sebab itu kita selalu disarankan gosok gigi setelah makan serta malam hari sebelum kita tidur. Karenanya penting untuk terus melakukan rutinitas kesehatan mulut dengan ketat. Berikut cara mencegah gigi berlubang agar tidak semakin membesar, yuk praktekin ya dirumah!

  • Mengurangi minuman bergula dan makanan bertepung.
  • Gosoklah gigi setidaknya dua kali sehari selama minimal dua menit setiap waktunya.
    Pertimbangkan untuk memakai dental sealant (lapisan pelindung yang ditempelkan pada permukaan pengunyah gigi belakang).
  • Hindari konsumsi gula berlebih. Untuk menghindari atau menyembuhkan gigi berlubang, pastikan untuk mengurangi konsumsi makanan manis. Sebab makanan kaya gula ini akan memancing produksi bakteri dalam mulut dan menggerogoti utuhnya gigi.
  • Konsumsi makanan tinggi nutrisi
    Mengonsumsi vitamin dan mineral yang larut dari makanan bernutrisi tinggi dapat mencegah kerusakan gigi. Untuk kesehatan gigi perbanyak konsumsi sayuran berdaun hijau, minyak kelapa, avokad, dan kacang-kacangan.
  • Hindari asam fitat
    Tubuh memang memiliki asam fitat sendiri. Namun asam fitat ini bisa mencegah gigi untuk menyerap mineral dalam makanan yang akhirnya membuat kesehatan gigi menurun. Untuk itu, hindari makanan yang tinggi akan kandungan asam fitat.
  • Berkumur dengan minyak kelapa
    Berkumur dengan minyak membantu untuk detoksifikasi oral. Bilas mulut dengan minyak kelapa dan berkumur-kumurlah.
  • Gunakan pasta gigi mengandung mineral
    Menggunakan pasta gigi yang bersifat mineral dan bebas dari semua bahan kimia bermanfaat untuk mencegah gigi berlubang
Baca Juga  Berbagai Aksesoris Komputer dan Laptop Dengan Harga Murah di Jakmall!


Tagged ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *