Tips & Trik

7 Cara Mengatasi Kram Perut saat Haid

Cara Mengatasi Kram Perut saat Haid

Cara Mengatasi Kram Perut saat Haid

Retnamudiasih.com – Pada umumnya sebagian wanita mengalami kram saat Haid, Kram saat haid adalah salah satu hal paling menyiksa bagi yang pernah mengalaminya. Beberapa di antara mereka sampai harus izin tidak masuk kerja atau kuliah. Mereka hanya bisa berbaring di tempat tidur dengan menahan rasa sakit yang teramat sangat.

Saya misalnya tiap kali hari pertama datang Haid biasanya ijin masuk kerja, karena memang sakitnya luar biasa, perut terasa diremas-remas, sehingga mau kerja pun rasanya sudah tidak fokus. Kram saat haid ternyata disebabkan oleh rahim yang berkontraksi untuk mengeluarkan darah haid. Selain itu ada sebuah zat seperti hormon yang menimbulkan rasa sakit bahkan infeksi pada rahim Anda yang disebut prostaglandin. Semakin banyak prostaglandin ini, maka semakin sakit kram yang kita rasakan.


Bagi kamu yang juga sering mengalami kram, berikut 7 cara mengatasi kram perut saat haid :

1. Berendam Air Hangat

Dengan berendam air hangat, banyak manfaat yang kita dapatkan. Selain dapat membantu otot-otot rahim berelaksasi, hal tersebut juga bisa membantu kerja dari ibuprofen yang telah kita minum. Manfaat lainnya adalah menenangkan diri kita karena pikiran stress dapat memicu rasa kram yang kita alami.

2. Yoga

Tidak hanya untuk relaksasi atau menenangkan diri, beberapa gerakan yoga ternyata dapat membantu mengurangi kram perut. Untuk gerakan yoga tersendiri, biasanya saya mengikuto panduan di youtube.

3. Kompres dengan Botol Air Panas 

Kamu pasti pernah menjumpai botol air panas yang digunakan untuk mengkompres. Kita dapat menggunakannya dalam mengurangi rasa sakit saat kram. Saat dikompres, otot-otot rahim yang berkontraksi dapat sedikit rileks sehingga mengurangi sakit kram.

Baca Juga  Cara Cepat Melihat IP Address

4. Latihan Fisik

Latihan fisik dalam keadaan kram? Bukan, bukan saat kram terjadi. Disarankan untuk berlatih dengan teratur. Dengan latihan fisik atau berolahraga secara teratur, peredaran darah kita akan semakin lancar dan tubuh akan menghasilkan banyak endorphin, yaitu zat untuk mengurangi rasa sakit.

5. Menggunakan Koyo

Hal ini memang sedikit terdengar konyol. Namun rasa hangat yang dihasilkan oleh koyo saat Anda menempelkan di perut bagian Bawah akan sangat membantu meringankan rasa sakit Anda saat kram.

6. Hindari Kafein

Cobalah untuk menghindari kopi. Karena kandungan kafeinnya dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Dengan mengurangi konsumsi kafein dapat membantu Anda mengurangi kram ini.

7. Minum Obat Pereda Rasa Sakit

Anda dapat meminum beberapa macam obat pereda rasa sakit, dan yang paling disarankan adalah ibuprofen. Obat ini dikenal lebih efektif dari obat lain. Minumlah satu atau dua tablet ibuprofen sebelum tidur saat menjelang haid. Minumlah tiga tablet jika Anda masih mengalami kram. Namun, lebih baik mengonsultasikan dulu hal ini dengan dokter.

Itulah mengenai penyebab dan beberapa tips dan trik cara mengatasi kram saat haid yang cukup menyiksa. Coba lakukan langkah-langkah tersebut untuk menguranginya. Namun, ada baiknya untuk mengkonsultasikan pada dokter untuk memastikan bahwa kram yang Anda alami adalah kram yang normal dan bukan pertanda dari penyakit apapun.


Tagged

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *