Uncategorized

Cara Menghemat Bahan Bakar Minyak atau BBM

Retnamudiasih.com – Bahan bakar minyak sebagai komoditas penting yang digunakan hampir setiap orang. Hampir dalam kehidupan kita sehari-hari selalu membutuhkan bahan bakar untuk berbagai aktifitas, misalnya saja berkendara, lalu penggunaan alat-alat listrik dirumah, pemakaian AC, dll. Kadang pengeluaran untuk membeli bahan bakar minyak pun melebihi budget yang kita sediakan, tak terasa memang, namun alangkah baiknya jika kita bisa sedikit berhemat dalam penggunaan bbm tersebut, ada beberapa cara menghemat bahan bakar minyak yang bisa kita lakukan dirumah.

Pemakaian BBM sendiri juga dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti cara kita saat berkendara. Misalnya saja nih kita suka ngebut dijalanan, nah hal remeh seperti itu juga dapat mempengaruhi kondisi mesin maupun bbm kita lho. Tentu mobil yang boros BBM merepotkan kita sendiri, terutama dalam hal biaya, karena tentunya pengeluaran biaya BBM Kita akan semakin tinggi.

Dengan menghemat penggunaan BBM dan energi berarti juga menghemat pengeluaran keuangan dan ikut berpartisipasi dalam melestarikan lingkungan. Caranya tidak susah dan bisa dipraktekkan sehari-hari. Nah berikut beberapa cara menghemat bahan bakar minyak atau BBM :


1. Kurangi Pemakaian Mobil

Bagi banyak orang, menggunakan mobil penting untuk kebutuhan sehari-hari. Misalnya pergi ke tempat kerja. Untuk menghemat bensin, mungkin bisa melakukan “car sharing” dengan rekan-rekan sekantor. Ongkos bensin bisa dibagi rata, dan mobil yang digunakan bisa berganti-ganti. Alternatif lain: jika mungkin, gunakan kendaraan umum. Selain itu, untuk jarak dekat, mungkin bisa berjalan kaki.

2. Menggunakan Alat Elektronik Jika Perlu

Alat-alat elektronik dirumah kita tentu membutuhkan listrik. Untuk menghemat biaya, alangkah baiknya menyalakan alat-alat listrik tersebut jika dibutuhkan saja. Misalnya jika ruangan akan ditinggalkan, maka TV, pendingin ruangan dan lampu sebaiknya dimatikan, karena tidak diperlukan. Daripada tidak digunakan, kan sayang.

Baca Juga  Memilih Sekuritas Terbaik Sebelum Berinvestasi Saham

3. Jangan Ngebut

Nah ini nih, salah satu hal yang dapat memicu bbm kita. Menyetir mobil dengan kecepatan tinggi membutuhkan lebih banyak bensin, karena motor harus bekerja lebih kuat. Walaupun jalan kosong, sebaiknya tetap menyetir dengan kecepatan normal dan stabil sehingga penggunaan bensin bisa hemat.

4. Membuat Penyimpanan Air

Membuat penyimpanan air sangat berguna bagi keperluan sehari-hari dan menghemat listrik jika menggunakan pompa air. Karena pompa air yang baru dinyalakan memerlukan listrik lebih banyak daripada jika sudah berjalan stabil. Jika memakai penampungan air, pompa hanya perlu dinyalakan sekali dalam sehari untuk memenuhkan tangki air.

5. Jangan Biarkan dalam Keadaan “Stand By”

Alat-alat elektronik sering masih tersambung ke stop kontak dan memakai listrik, sekalipun sudah dimatikan. Oleh sebab itu, sebaiknya steker dicabut dari stop kontak, agar hubungan listrik terputus dan biaya bisa dihemat. Jika alat elektronik dimatikan, jangan biarkan dalam keadaan “stand by,” melainkan dimatikan sepenuhnya. Karena dalam keadaan “stand by”, tetap ada pemakaian listrik.

6. Kurangi Pemakaian AC

Di Indonesia suhu kadang sangat panas, jangankan di Indonesia, saat ini saja siang hari terasa panas sekali hingga mencapai 36 derajat celcius, kebayang kan? sehingga orang senang menggunakan pendingin baik dirumah maupun di dalam mobil (AC). Tetapi pendingin menyebabkan bertambahnya penggunaan bensin. Jika sudah cukup sejuk, sebaiknya pendingin tidak digunakan. Selain itu, kalau mobil berhenti, misalnya sedang menunggu orang, mesin mobil sebaiknya dimatikan.

cara menghemat bahan bakar minyak
Sumber gambar : pixabay

7. Menggunakan Energi Alternatif

Menggunakan energi alternatif harus lebih digalakkan. Misalnya dengan tenaga surya, yang mudah ditemukan di Indonesia. Sekarang tren energi alternatif sudah mulai digunakan, namun untuk masa depan dan lingkungan, harus lebih digalakkan lagi.

Baca Juga  Jual Beli Satwa? Yang Pasti Ke Pasty

8. Jangan Menyimpan Makanan Panas di Kulkas

Jika Kita menggunakan kulkas dirumah, jangan menyimpan makanan atau minuman yang masih panas di kulkas. Sebaiknya ditunggu sampai suhunya merendah terlebih dahulu. Karena untuk mendinginkan makanan yang panas tersebut, kulkas menggunakan listrik lebih banyak daripada untuk mendinginkan makanan dan minuman bersuhu normal. Selain itu, sering membuka kulkas menyebabkan pendinginan tidak efisien dan ongkos listrik bertambah.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, Kita sudah dapat mengurangi konsumsi atau hemat BBM pada kendaraan sehingga menjadi lebih efisien dalam penggunaan harian. Selain itu, hal-hal di atas juga akan membantu kenyamanan Kita dalam berkendara.


Tagged

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *