Review Produk

Cara menghilangkan Jerawat batu & Mengatasi Rambut Kering Secara Alami

Retnamudiasih.com – Memiliki wajah yang cerah dan bersih dari noda hitam serta jerawat adalah dambaan setiap orang. Terlebih jika tidak berjerawat. Timbulnya jerawat yang pastinya sangat mengganggu penampilan wajah menjadi kurang maksimal. Untuk sebagian orang, biasanya memilih memakai obat-obatan dari bahan kimia untuk menuntaskan jerawatnya, namun hal tersebut tidak semua cocok di wajah tiap orang. Terkadang obat yang kita gunakan malah bisa membuat wajah makin meradang jerawatnya, atau bahkan timbul masalah-masalah lain yang tentu tidak kita harapkan.

cara-menghilangkan-jerawat-batu-secara-alami-dan-cepat
Source : alodokter

Jerawat sendiri adalah kondisi kulit yang terjadi saat folikel rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Biasanya paling sering terjadi pada remaja dan dewasa muda. Gejalanya berkisar dari komedo yang tidak berinflamasi, penuh nanah atau benjolan besar berwarna merah dan benjolan lunak.

Salah satunya adalah jerawat batu yang menyebabkan wajah menjadi kemerahan disertai dengan benjolan lunak tapi penuh nanah. Hal tersebut tentu sangat menganggu penampilan seseorang. Kadang jerawat ini juga menimbulkan rasa sakit atau gatal. Jerawat batu terdapat pada wajah, dada, punggung, lengan atas, dan bahu. Kondisi berjerawat ini sungguh terasa sangat menyiksa dan membuat wajah jadi tidak sedap dipandang, yang pastinya membuat kita tidak pede.

Berikut adalah tips dan cara menghilangkan jerawat batu secara alami dengan bahan-bahan yang mudah kita dapatkan, mari kita simak :

1. kentang
Kentang adalah jenis umbi-umbian dan sering digunakan sebagai bahan makanan. Ternyata anda juga bisa memanfaatkan kentang untuk menghilangkan jerawat batu. Salah satu manfaat dari masker kentang tersebut adalah menghilangkan jerawat batu. Gunakan secara rutin setelah kamu selesai mandi. Caranya, dengan menyiapkan satu kentang segar, kemudian kupas dan bersihkan, iris kentang tipis lalu tempelkan ke area jerawat batu.

Baca Juga  Dengan PegiPegi, Mudik Kapan Saja Jadi Semudah Ini

Cara kedua adalah dengan menghaluskan kentang, lalu kita dapat memakainya sebagai masker alami. Diamkan selama kurang lebih 30 menit lalu bilas dengan air dingin.


2. Lidah Buaya
Tanaman Lidah buaya mengandung antioksidan, mineral, vitamin C dan E. Selain bermanfaat untuk perawatan rambut, ternyata lidah buaya juga bisa untuk menghilangkan jerawat batu dengan cepat : Ambil daun lidah buaya, belah bagian tengahnya, lalu ambil gelnya. Haluskan gel lidah tersebut, lalu gunakan sebagai masker wajah. Diamkan sampai mengering, lalu cuci muka Anda dengan air bersih.

3. Kunyit, jeruk nipis dan madu
Caranya dengan : menghaluskan kunyit secukupnya, lalu tambahkan jeruk nipis dan 2 sdm madu. Campurkan hingga merata dan berbentuk pasta, gunakan pasta ini sebagai masker wajah. Diamkan dulu selama 10 menit, lalu cuci muka Anda dengan air bersih.

4. Putih telur
Putih telur mengandung enzim lusozim yang mampu menghancurkan dinding sel dari bakteri penyebab jerawat. Juga mengecilkan pori-pori kulit, serta mengurangi kelebihan minyak pada wajah.

5. bawang putih
Bawang putih mengandung antioksidan yang tinggi, juga sebagai anti-bakteri, bermanfaat untuk menghilangkan jerawat.

6. Kulit Jeruk
Kulit jeruk mengandung vitamin C dan asam alpha hidroksi yang mampu membersihkan pori-pori yang tersumbat dan mengangkat sel-sel kulit mati.

7. Tomat
Ada banyak sekali manfaat tomat bagi kecantikan. Kandungan vitamin E-nya yang cukup tinggi sangat bermanfaat untuk mencerahkan kulit, menghilangkan flek hitam, bahkan mengatasi peradangan akibat jerawat batu. Berikut cara menggunakannya :

Belah buah tomat menjadi 2 bagian, potong cukup tipis.
Oleskan potongan tomat pada seluruh area wajah Anda.
Biarkan selama 20 menit, sampai mengering.
Cuci muka Anda dengan air bersih.

8. Jeruk nipis
Cara menghilangkan jerawat batu di dahi menggunakan jeruk nipis :

Baca Juga  5 Pilihan Kopi Terenak di Indonesia

Ambil 3 buah jeruk nipis. Belah masing-masing jeruk menjadi 2 bagian. Tempelkan pada wajah Anda yang berjerawat. Biarkan sampai mengering selama 15 menit. Cuci muka menggunakan air hangat.

***

Memiliki rambut panjang, sehat dan terawat adalah dambaan setiap wanita. Namun, kadang karena perawatan yang salah rambutmu justru mengalami kerusakan. Rambut kering menjadi salah satu masalah yang sering dihadapi wanita. Hal ini tentu sangat mengganggu karena bisa bikin penampilan jadi kurang oke. Nah, tak perlu lagi khawatir atau repot-repot pergi ke salon. Cukup ikuti cara mengatasi rambut kering secara alami dan mudah untuk kamu lakukan sendiri. Dijamin rambutmu jadi makin sehat dan menawan!

cara-mengatasi-rambut-kering-secara-alami
Source : pixabay

1. Gunakan sampo yang dapat menjaga kelembaban rambut
Salah satu cara mengatasi rambut kering adalah dengan menggunakan sampo yang memiliki kandungan pH lebih rendah yang berguna untuk menjaga kelembapan rambut. Pastikan juga untuk tidak menggunakan sampo terlalu banyak saat keramas, ya!

2. Gunakan conditioner setelah keramas
Jangan anggap sepele conditioner! Sama seperti moisturizer, conditioner juga memiliki fungsi untuk melembabkan rambut dan mengganti minyak rambut yang hilang sehabis keramas. Conditioner juga bisa merapikan kutikula rambut dan mencegahnya dari kerusakan seperti rambut kering, rapuh, atau bercabang.

3. Kurangi penggunaan catokan dan hair dryer
Kebanyakan kita jika buru-buru hendak pergi dan rambut belum kering usai berkeramas biasanya hair dryer menjadi senjata yang ampuh. Namun harap dicatat ya! Panas yang dihasilkan dari catokan dan hair dryer bisa berpotensi membuat rambut menjadi kering, lho! Usahakan untuk tidak terlalu sering menggunakan dua alat styling rambut ini. Kalau memang terpaksa, jangan lupa gunakan vitamin rambut atau heat protection sebelum mencatok.

Baca Juga  Hotel Murah di Pekanbaru Dekat Bandara

4. Jangan keramas menggunakan air hangat
Buat kamu yang memiliki rambut kering, sebaiknya hindari mencuci rambut menggunakan air hangat. Sebaiknya keramas menggunakan air dingin karena air panas bisa membuat kulit kepala dan rambutmu semakin kering!

5. Hindari mewarnai rambut
Mungkin banyak dari kamu yang sering mewarnai rambut untuk mengubah penampilan. Nah, kalau kamu punya tipe rambut yang kering harus lebih hati-hati dalam mewarnai rambut. Soalnya zat kimia dalam pewarna apalagi bleaching rambut bisa membuat rambut rapuh dan kering.

Lebih baik urungkan niatmu untuk mewarnai rambut supaya kekeringan yang kamu alami tak semakin parah. Atau kalau kamu memang ingin mengecat rambut, sering-seringlah melakukan treatment untuk mengembalikan kelembapan rambutmu.

Semoga tips atau cara merawat rambut kering di atas bisa membantu mengatasi masalah rambutmu ya, girls! Selamat mencoba!


Tagged ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *