Tips & Trik

Cara Benar Menghitung Usia Kehamilan Dengan Tips Berikut

Retnamudiasih.com –  Cara Menghitung Usia Kehamilan Dengan Benar. Banyak para wanita yang sangat senang sekaligus was-was pada saat masuk masa kehamilan. Pada saat HPL atau ‘hari perkiraan lahir’ telah ditentukan, maka tanggal lahirnya bayi ada di rentang antara 2 minggu sebelum serta 2 minggu seusai HPL. Disamping itu, memang masih ada beberapa orang yang belum mengetahui dengan jelas apa tips mudah hitung usia masa hamil dengan benar. Kita semua lebih baik tahu cara menghitung usia kehamilan yang tepat satu ini, kalau ingin bisa tahu sudah sampai mana usia hamil. Memang ada banyak tips mudah hitung usia masa hamil dengan benar.

Tips Menghitung Usia Kehamilan

Cara Menghitung Usia Kehamilan
wanita hamil, image by unsplash

Terdapat salah satu cara tepat untuk mengetahui usia masa kehamilan yaitu seperti dengan berdasar kepada hari pertama datang bulan haid yang terakhir atau HPHT. Cara untuk tahu usia kehamilan yang bisa dibilang populer karena banyak yang menerapkannya untuk menghitung sudah sampai mana usia kehamilan ibu hamil, yaitu dengan cara menentukan tanggal menstruasinya yang terakhir sebelum masuk masa kehamilan. Metode untuk tahu sudah sampai mana usia kehamilan ibu hamil satu ini dikenal rumus Naegele.


Cara yang satu ini dianggap yang terbaik bagi mereka para wanita dengan siklus haid yang teratur (28 hari). Untuk mengetahui sudah sampai mana usia kehamilan ibu hamil dengan cara ini,  mula-mula Anda bisa menentukan tanggal HPHT lalu kemudian tambah 40 minggu setelah tanggal tersebut supaya bisa menentukan perkiraan waktu hari persalinan. Hal seperti ini didasari pada asumsi bahwa masa kehamilan biasanya selama 40 minggu atau 9 bulan atau 280 hari. Jika Anda tahu perkiraan hari lahirnya anak bayi, maka akan bisa tahu sudah sampai mana usia kehamilan ibu hamil.

Baca Juga  Teknologi : 3 Fitur Khusus Untuk Pebisnis Yang di Luncurkan Instagram

Simulasi Menghitung Usia Kehamilan

Berikut ini simulasi perhitungan cara mengetahui sudah sampai mana usia kehamilan ibu hamil satu ini. Pertama-tama tentukanlah hari pertamanya haid terakhir atau HPHT, lalu tambahkanlah satu tahun, dan tambahkan 7 hari serta mundurkanlah tiga bulan. Dengan begitu, maka kalau HPHT jatuh di 22 Juli tahun 2018, maka perhitungan untuk tahu sudah sampai mana usia kehamilan ibu hamil menjadi sebagai berikut.

22 Juli tahun 2018 + satu tahun menghasilkan 22 Juli tahun 2019

22 Juli tahun 2019 + tujuh hari akan didapat 29 Juli tahun 2019

29 Juli tahun 2019 – tiga bulan menghasilkan 29 April tahun 2019

Dengan berdasarkan rumus untuk tahu sudah sampai mana usia kehamilan ibu hamil tersebut, maka tafsiran hari lahirnya anak bayi adalah pada 29 April tahun 2019. Selain dari yang di atas, memang masih terdapat tips mudah hitung usia masa hamil dengan benar lainnya. Anda bisa memanfaatkan cara tepat untuk mengetahui usia masa kehamilan di atas jika ingin bisa tahu sudah sampai mana usia hamil. Itu saja ulasan sederhana mengenai tips mudah hitung usia masa hamil dengan benar kali ini.

Dengan ulasan di atas, maka Anda dapat semakin mengerti apa cara tepat untuk mengetahui usia masa kehamilan. Lebih baik kalau Anda selalu mengingat tips mudah hitung usia masa hamil dengan benar ini pada saat ingin bisa tahu sudah sampai mana usia hamil. Semoga artikel mengenai cara tepat untuk mengetahui usia masa kehamilan ini bisa membantu Anda semua.

Meski cara untuk mengetahui sudah sampai mana usia kehamilan ibu hamil yang dibahas di atas mudah dan juga cukup akurat, tetapi memang metode yang satu ini tak dapat diterapkan pada mereka para wanita yang tak ingat kapan waktu HPHT mereka atau yang siklus menstruasinya tidak teratur.

Baca Juga  6 Situs dan Startup Travel Terbaik Yang Bisa Kamu Coba

Tagged , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *