Tips & Trik

Cara Mengobati Gusi Bengkak Karena Gigi Berlubang

Retnamudiasih.com – Mungkin kalian pernah mengalami gusi bengkak? Baru-baru ini saya mengalaminya, dikarenakan saat itu daya tahan tubuh lagi down sementara saya pernah perawatan saraf pada gusi, sehingga berpengaruh pada gusiny. Kurang lebih begitulah kata Dokter giginya ketika saya periksa. Tentu pikiran saya saat itu bagaimana cara mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang.

Jika kalian juga pernah mengalami hal seperti itu juga, tentu akan sangat mengganggu, mulai dari saat makan bahkan hingga tidur. Oleh karena itu, agar kita tidak terganggu oleh persoalan gusi bengkak. Sangat penting untuk mengetahui hal-hal penting tentang gusi bengkak, penyebab gusi bengkak dan cara mengatasinya.

Infeksi yang terjadi pada gusi bisa membuat area tersebut jadi membengkak. Selain rasa sakit nyut-nyutan, gusi bengkak biasanya juga menyebabkan bau mulut menyengat dan munculnya benjolan bernanah di gusi atau bawah gigi yang terinfeksi. Terkadang, gusi bengkak pun juga dapat memblokir gigi.

Cara-Mengobati-Gusi-Bengkak-Karena-Gigi-Berlubang
Source : popmama

Gusi yang bengkak biasanya akan ditandai dengan adanya bagian yang mengalami pembesaran, menonjol, dan bahkan menggelembung. Gusi yang bengkak tersebut biasanya dapat ditangani dengan memberikan perhatian pada kebersihan mulut. Kita bisa mencoba dengan berbagai cara alami di bawah ini untuk membantu mengobati gusi bengkak agar cepat kempes.


1. Berkumur Dengan Air Garam

Garam adalah obat gusi bengkak yang ampuh. Cara memakainyad cukup dengan menyiapkan segelas air hangat dan mencampurkan satu sendok garam. Aduk hingga rata dan gunakan untuk berkumur. Gunakan 3 kali dalam sehari agar gusi bengkak dapat sembuh dengan cepat.

2. Menggunakan Minyak Cengkeh

Kandungan yang dimiliki minyak cengkeh dapat mengurangi peradangan. Kita dapat mengoleskan minyak cengkeh langsung pada gusi bengkak. Selain itu juga bisa berkumur dengan air yang telah diteteskan minyak cengkeh.

Baca Juga  7 Aneka Masakan Tradisional & Spesial Khas Idul Adha

3. Kompres Dengan Es atau Air Hangat

Mengkompres gusi dengan es batu dapat membantu meredakan ketika gusi bengkak tidak disertai nyeri atau berdenyut. Sementara gusi yang disertai nyeri dan berdenyut bisa menggunakan air hangat.

4. Berkumur Menggunakan Lemon

Kandungan asam pada lemon berfungsi untuk mengatur kadar keseimbangan pH dalam mulut. Kita dapat berkumur menggunakan perasan air hangat yang telah dicampur perasan lemon dan gunakan 3 kali sehari. Dengan menggunakan lemon dapat membasmi bakteri penyebab gigi berlubang.

5. Menempelkan Bawang Merah

Bawang merah mengandung antiseptik alami yang dapat membunuh kuman. Kuman penyebab gusi bengkak dapat diatasi dengan bawang merah. Caranya dengan menumbuk halus 1 siung bawang merah dengan satu sendok teh garam, kemudian tempelkan pada gusi yang bengkak.

6. Berkumur Menggunakan Daun Jambu Biji

Daun jambu biji mengandung anti bakteri yang dapat menjaga kesehatan mulut. Cara agar gusi bengkak cepat kempes dapat menggunakan daun jambu biji. Kita juga dapat merebus daun jambu biji dan gunakan air tersebut untuk berkumur.

7. Mengoleskan Belimbing Wuluh Pada Gusi

Belimbing wuluh juga dapat digunakan untuk membasmi bakteri yang ada di dalam mulut. Gunakan belimbing wuluh yang belum matang dan tumbuk hingga halus. Kemudian oleskan pada bagian gusi yang bengkak.

8. Menempelkan Bawang Putih

Bawang putih memiliki banyak manfaat, salah satunya sebagai antiseptik alami untuk membantu mengobati gusi bengkak. Caranya yaitu dengan menyiapkan 1 siung bawang putih dan 1 sendok teh garam. Tumbuk kedua bahan tersebut, kemudian tempelkan pada gusi yang sakit.

9. Mengoleskan Merica

Merica mengandung anti bakteri dan anti inflamasi yang dapat mengobati gusi bengkak. Caranya dengan mencampur merica dengan garam dan tuang sedikit air hingga berbentuk pasta. Kemudian oleskan pada gigi yang sakit penyebab gusi bengkak.

Baca Juga  5 Jenis Drone Camera Terbaik Bagi Kalian Pengguna Gopro

10. Mengoleskan Madu Alami

Madu mengandung zat yang dapat meredakan pembengkakan. Cukup oleskan madu pada bagian gusi yang sakit dan lakukan 3 kali hingga bengkak mulai kempes. Pastikan kamu menggunakan madu yang alami.

11. Berkumur Dengan Air Jahe

Jahe memang memiliki banyak kegunaan. Kandungan anti bakteri yang dimiliki jahe dapat membantu membasmi bakteri dalam mulut. Caranya dengan menggunakan air perasan jahe untuk berkumur.

12. Menggunakan Asam Jawa

Cara mengobati gusi bengkak selanjutnya yaitu menggunakan asam jawa karena kandungan antiseptik yang dimilikinya. Caranya adalah dengan menyangrai biji asam jawa, kemudian tempelkan pada gigi yang sakit.

13. Berkumur Dengan Air Serai

Mengobati gusi bengkak bisa menggunakan serai. Caranya dengan merebus 2 tangkai serai dan gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur.

Itulah beberapa cara alami yang bisa kita coba dan gunakan untuk mengobati gusi bengkak. Jika gusi bengkak masih tidak mengalami perubahan, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan tindakan yang tepat. Bahaya gusi yang dibiarkan lama membengkak akan meningkatkan risiko terkena kanker kepala dan leher. Selamat mencoba!


Tagged

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *