Tips & Trik

Cara Menulis Artikel Opini di Media Online

Retnamudiasih.comCara Menulis Artikel Opini di Media Online. Menulis adalah seni, sedangkan menurut saya menulis opini berarti menyebarluaskan gagasan atau ide. Dengan beropini misalnya melalui https://opini.id/community maka kita dapat mentransfer ide serta gagasan ke ruang publik, serta dapat mempengaruhi publik dengan tujuan akhir apakah akan diterima atau diperdebatkan nantinya.

Menulis opini berarti memberikan wawasan dan pengetahuan untuk orang lain. Berbagai informasi, data, juga pengalaman yang kita miliki. Karena itulah, kegiatan menulis opini mestinya kegiatan yang dilakukan dengan hati. Dengan membagi gagasan dan kecintaan menyumbangkan ilmu dan pengetahuan. Menulis opini sesungguhnya adalah melakukan ”rekreasi intelektual”: mengasah otak, menajamkan pikiran, menantang munculnya ide-ide baru, juga menantang pendapat orang dengan argumentasi yang siap untuk diperdebatkan.

Cara Menulis Artikel Opini di Media Online
Sumber gambar : unsplash

Menulis opini adalah kegiatan yang menyenangkan. Tak heran, jika saat ini banyak orang-orang yang membuka bisnis Jasa Penulis Artikel. Ya, bisnis ini sangat menjanjikan, terlebih bila kita juga memiliki pengetahuan mengenai SEO (Search Engine Optimation). Terkait riuhnya dunia kepenulisan, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi bagaimana cara menulis artikel opini di media online.


1. Judul Yang Menarik

Judul adalah cover atau yang pertama akan kita lihat, oleh sebab itu ada baiknya kita membuat judul yang menarik dan membuat penasaran, orang akan tertarik untuk mengikutinya. Sebaliknya, jika judul yang Kita buat biasa-biasa saja, artikel tersebut mungkin tidak akan mampu menarik minat pembaca. Karena media online bergerak di ruang virtual, hal yang tak kalah penting untuk dketahui tentang cara menulis artikel opini adalah pemilihan judul. Pilihlah judul yang menarik, dengan seperti itu, artikel opini kita akan banyak dibaca melalui share media sosial.

Baca Juga  Dengan Klik BCA Segala Urusan Bisnis Menjadi Lebih Mudah

2. Cari Isu Hangat

Penting juga untuk mengetahui aisu hangat yang terjadi. Unsur ini menjadi senjata utama untuk memviralkan sebuah artikel opini. Misal akhir-akhir ini banyak berita politik bersliweran seputaran pilkada yang akan datang, debat para capres yang kian hari makin panas.

3. Sistematis

Keindahan sebuah artikel opini salah satunya terletak di susunan tulisan. Jika tulisan Kita sistematis, antara pembuka, lead, isi sampai penutup runtut, penulis akan mudah memahami gagasan yang ingin disampaikan. Selain itu, alur yang sistematis juga akan memperlihatkan tingkat kecerdasan seseorang. Hal ini tentu saja terkait nalar dan logika. Jika sudah tepat, tentu Kita akan abadi dikenal oleh pembaca.

4. Menyertakan Data

Fungsi data sendiri tidak lain untuk memperkuat gagasan yang Kita sampaikan. Dengan data, ada berbicara fakta bukan sekedar angan-angan, impian atau omong kosong. Data adalah sebuah hasil jerih payah seorang peneliti yang didapat dari hasil observasi dan praktik.

Adapun cara mencari data bisa Kita tempuh dengan rajin membaca jurnal, skripsi, tulisan ilmiah atau di media-media besar yang ada saat ini.

5. Munculkan Wacana yang Berimbang

Penulis opini memang identik dengan akademisi, jadi berilah berbagai pilihan kepada masyarakat, biarkan masyarakat yang menentukannya sendiri. Pada dasarnya, menulis opini bertujuan untuk menggiring ke wacana yang kita inginkan. Oleh sebab itu, dalam memunculkan wacana usahakan berimbang. Cari referensi atau sumber-sumber dari para pakar. Kemudian kutip benang merah yang telah disampaikan.

6. Membuat Penutup yang Berkesan

Langkah terakhir bagaimana cara menulis artikel opini adalah dengan memberikan kalimat penutup yang berkesan. Kalimat penutup artikel opini yang membuat seseorang mudah mengingat tulisan kita, semua memerlukan jam terbang yang tinggi. Misal jika Kita ingin menutup artikel opini, bisa menggunakan kalimat penutup berupa pertanyaan, harapan, doa atau kalimat penutup berupa keberpihakan.

Baca Juga  6 Situs Jual Beli Mobil Second, Yang Mana Pilihanmu?

Nah itulah cara menulis artikel opini di media online. Semoga bermanfaat!


Tagged , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *