Tips & Trik

Cara Sederhana dalam Merawat Motor Matic Agar Tahan Lama dan Tetap Terjaga Kualitasnya

Retnamudiasih.comCara Sederhana dalam Merawat Motor Matic Agar Tahan Lama dan Tetap Terjaga Kualitasnya. Saat ini pengguna motor di Indonesia sangat didominasi oleh motor matic. Baik itu perempuan atau laki-laki semua nya dapat mengendarai motor matic dengan mudah. Bahkan penjualan pasarnya pun mampu mengalahkan motor sport dan motor bebek. Maka tak heran jika banyak produsen motor di Indonesia yang berbondong-bondong untuk memasarkan motor matic andalannya. Contohnya Honda menciptakan motor Vario dan Yamaha dengan motor NMAXnya.

Namun, masih banyak masyarakat di Indonesia yang jarang sekali memperhatikan perawatan pada motor matic miliknya. Baik itu motor bekas atau motor baru tentu harus melakukan perawatan agar kualitasnya tetap terjaga dan tetap awet. Dalam melakukan perawatan, sebenarnya motor matic ini hampir mirip dengan perawatan motor bebek dan sport.

Hanya saja, para pemilik perlu melakukan perawatan khusus pada motor matic. Karena motor matic sekarang ini kebanyakan sudah dibekali dengan teknologi injeksi sehingga perawatannya harus diberikan perhatian khusus. Nah, buat kamu yang mempunyai motor matic dan ingin kendaraanmu tetap terjaga kualitasnya, maka cermati beberapa cara berikut ini.


1. Selalu Panaskan Motor Setiap Pagi Hari

cara merawat moto matic panaskan motor matic setiap pagi
Sumber : Pinterest.com

Memanaskan mesin motor adalah perawatan utama yang perlu diperhatikan. Sebab, cara yang satu ini merupakan cara agar oli yang ada di dalam mesin dapat melumasi mesin motor. Sehingga dapat memaksimalkan performa pada mesin itu sendiri. Lakukanlah cara ini secara rutin di pagi hari kurang lebih 10 menit hingga 15 menit dan panaskan dengan memakai kick starter saja.

2. Jangan Sampai Kehabisan Bensin

jangan kehabisan bensin
Sumber : Pinterest.com

Kebiasaan buruk yang suka terjadi dalam merawat motor matic adalah sering terjadinya kehabisan bensin. Perlu diketahui, bahwa motor matic yang berhenti di jalan dikarenakan bahan bakar yang habis dapat mempengaruhi performa pada mesin motor itu sendiri. Lebih parahnya lagi mesin akan mengalami kerusakan. Terutama untuk motor matic injeksi. Oleh karena itu, usahakan agar motor matic kamu jangan sampai kehabisan bensin ya, guys! Biasakan untuk selalu mengisi bahan bakar dengan full untuk menghindari hal tersebut.

Baca Juga  Cara Membuat Watermark Dengan Photoshop

3. Gunakan Bensin yang Berkualitas

gunakan bensin berkualitas
Sumber : Pinterest.com

Hal ini biasanya jarang diketahui oleh para pengguna motor matic. Karena sekarang ini masih saja ada orang-orang penjual bensin campuran. Untuk itu, kita juga harus berhati-hati dalam menggunakan bahan bakar. Apalagi kualitas bensin dapat mempengaruhi kualitas pada mesin motor itu sendiri. Maka dari itu, ada baiknya kamu mengisi bahan bakar motor di tempat yang sudah terjamin kualitasnya dan terpercaya.

4. Ganti Oli Secara Rutin

ganti oli secara rutin
Sumber : Pinterest.com

Cara yang satu ini termasuk perawatan motor matic yang sangat penting untuk diperhatikan. Lakukanlah perawatan ini secara rutin dan sesuaikan dengan jadwal yang telah ditentukan untuk melakukan pergantian oli. Biasanya, pergantian oli sering dilakukan di setiap 1000 km. Selain itu, untuk pergantian oli gardan maksimalnya di setiap 5000 km. Jika pergantian oli lupa dilakukan di acuan kilometer, maka kamu perlu melakukan perawatan ini setiap 3 bulan sekali.

5. Jaga Kecepatan Motor Agar Tetap Stabil

jaga kecepatan motor agar tetap stabil
Sumber : Pinterest.com

Para pengguna motor matic pastinya sering melakukan hal ini, yaitu saat kecepatan motor dalam keadaan cepat secara tidak sengaja menurunkan gas dan juga sebaliknya. Perlu diketahui, bahwa hal tersebut dapat menimbulkan umur pendek pada mesin motor. Maka dari itu, kamu juga harus tetap menjaga kecepatan motor agar tetap stabil. Selain dapat merusak mesin motor hal itu juga dapat merusak van belt pada motor.

6. Check Kondisi Pada Van belt

check kondisi van belt
Sumber : Pinterest.com

Memeriksa kondisi pada van belt atau sering dikenal sebagai v belt ini juga tak boleh ketinggalan. Van belt yang memiliki bahan material dari karet biasanya dapat terputus dengan mudah sehingga motor tidak bisa beroperasi lagi. Jadi kalau van belt pada motor kamu sudah waktunya untuk diganti maka kamu harus mengganti van belt yang lebih berkualitas lagi agar motor matic kamu menjadi lebih awet dan tahan lama.

Baca Juga  Tips Kesehatan - Cara Sederhana Membersihkan Ginjal Dari Racun Di Tubuh

7. Rutin Servis di Bengkel

rutin service motor salah satu cara merawat motor matic
Sumber : Pinterest.com

Melakukan perawatan servis di bengkel biasanya dilakukan untuk penggantian oli, setting motor dan membersihkan karburator. Disarankan untuk men-service motor matic di bengkel resmi seperti Honda atau Yamaha untuk mengetahui tentang Aki yang digunakan masih layak atau tidak, roler dan Vanbelt nya apakah perlu melakukan pergantian. Dengan begitu maka performa pada motor matic kamu akan tetap terjaga kualitasnya. Usahakan untuk servis motor secara rutin minimal 3 bulan sekali.

Nah, itulah beberapa cara sederhana merawat motor matic agar tetap terjaga kualitasnya dan tahan lama. Lakukanlah perawatan tersebut dengan rutin karena dapat menjamin awetnya pada motor matic milikmu.


Tagged ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *