Review Produk

Cara Pengobatan Gejala Tipes pada Bayi

Retnamudiasih.com – Tipes atau dalam istilah sering kita sebut demam tifoid adalah infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Jika tidak segera diobati, maka bisa berakibat fatal. Anak-anak lebih rentan terkena tipes daripada orang dewasa. oleh sebab itu, sebagai orangtua harus waspada gejala tipes sejak dini pada anak terlebih bayi.

gejala tipes pada bayi dan anak
Sumber gambar : unsplash

Tahun 2008 oleh Kementerian Kesehatan, menurut penelitian 800 sampai 100 ribu penduduk Indonesia mengalami demam tifoid atau yang lebih dikenal dengan penyakit tipes. Tipes umumnya menyebar melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi. Orang yang mengalami demam tifoid biasanya akan demam tinggi, diare atau sembelit, sakit kepala, dan sakit perut.


Penyebab tipes?

Bakteri Salmonella biasanya hidup di dalam air yang terkontaminasi dengan feses dan bisa menempel pada makanan atau minuman yang anak konsumsi ketika jajan sembarangan. Selain dari makanan atau minuman yang kurang bersih, penyakit ini bisa disebabkan oleh sanitasi yang buruk. Tipes juga dapat menular lewat kontak langsung dengan orang yang sudah terinfeksi.

Demam tifoid dapat memburuk dalam beberapa minggu, jika tidak segera ditangani dengan baik. Tipes dapat mengakibatkan komplikasi seperti pendarahan internal atau pecahnya sistem pencernaan (usus). Risiko komplikasi juga akan berkembang menjadi membahayakan nyawa jika situasi tersebut tidak segera ditangani dengan baik.

Gejala tipes pada anak yang umum terjadi dan harus diwaspadai adalah:

  • Demam tinggi (mencapai 40°C)
  • Sakit perut dan bisa disertai dengan diare
  • Sembelit
  • Sakit kepala
  • Merasa lemah, lelah, dan tubuh pegal-pegal
  • Kehilangan nafsu makan
  • Beberapa gejala tipes di atas dapat disalahpahami sebagai gejala penyakit umum lainnya. Jadi, sebaiknya segera ke dokter untuk memastikan kondisi anak jika Anda mencurigai gejala tipes.
Baca Juga  Toko dan Jenis Peralatan Rumah Tangga Modern

Cara Pengobatan GejalaTipes pada Bayi

Tipes merupakan infeksi bakteri yang terdapat pada makanan dan minuman kurang bersih yang anak Kita konsumsi. Oleh sebab itu sangat penting kita sebagai orang tua mengutamakan kebersihan baik itu kebersihan diri sendiri, kebersihan makan dan minuman, serta kebersihan lingkungan sekitar. Berikut beberapa cara untuk mencegah tipes pada anak:

  • Cuci tangan dengan benar sebelum makan atau setelah dari toilet.
  • Makan buah dan sayuran yang bisa dikupas. Buah atau sayuran mentah mungkin telah dicuci dengan air yang terkontaminasi.
  • Kita bisa membeli minuman air dalam kemasan jika tidak membawa air dari rumah. Ini lebih terjaga kebersihannya.
  • Hindari mengonsumsi buah dan sayuran mentah yang dijual di pinggir jalan. Bisa saja buah dan sayuran mentah tersebut sudah terkontaminasi.Hindari penambahan es pada minuman dari sumber yang tidak jelas, misalnya saat Kita membeli minuman es di pinggir jalan.
  • Melakukan imunisasi. Vaksin tifoid dapat diberikan pada anak-anak di atas 2 tahun. Bicaralah dengan dokter tentang pemberian imunisasi pada anak.

Pengobatan medis

Pengobatan tifoid secara medis dilakukan di rumah sakit. Pasien demam tifoid akan mendapatkan perawatan. Pemberian antibiotik

  • Ketika terkena demam tifoid dan gejala tipes pada anak datang, dokter akan memberikan antibiotik untuk 1-2 minggu. Antibiotik dianggap sebagai pengobatan umum untuk demam tifoid pada tahap awal. Jenis antibiotiknya berbeda-beda, tergantung kepada kondisi pasien.
  • Minumlah antibiotik sampai batas waktu yang telah ditentukan dan jangan menyisakan antibiotik yang sudah diresepkan. Jika anak tidak tuntas meminum obat, maka risikonya sangat tinggi, yaitu penyakit akan mudah datang lagi.
  • Setelah antibiotik habis, pastikan kembali ke dokter untuk pemeriksaan lanjutan.

Oleh karena itu jika anak mulai menunjukkan gejala tipes, sebaiknya segera bawa ke dokter untuk mendapatkan pengobatan medis yang tepat.

Baca Juga  Mengenali Beberapa Jenis Alergi Pada Anak & Solusinya


Tagged , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *