Wisata Pantai

Cerita Tentang Pantai Ngobaran, Pantai Nguyahan, dan Sebuah Kehilangan

Retnamudiasih.com – Ibarat mendayung, satu dua pulau terlampaui ketika saya bermain ke pantai Ngobaran, karena pantai Ngobaran ini letaknya bersebelahan dengan pantai Nguyahan. Meski terletak bersebelahan, namun masing-masing pantai menyuguhkan keunikan serta sensasi alam yang berbeda-beda.

Pantai Ngobaran sendiri terdiri dari batu dari batu-batu karang yang besar-besar. Di pantai ini banyak kita temui hewan-hewan laut seperti ikan, karang, bintang laut dan lain-lain. Kondisi geografis Pantai Ngobaran tidak jauh berbeda dengan kondisi secara umum Kabupaten Gunung Kidul. Yaitu berbukit karang dan terjal. Hampir tidak ada wilayah berpasir di Pantai Ngobaran. Bibir pantainya pun berupa karang dangkal.

pantai_ngobaran1

Selain itu, ada sebuah kompleks pura yang dibangun diatas tebing yang curam. Pura yang bernama Pura Segara ini merupakan tempat ibadah untuk pemeluk Buddha, Hindu, dan Kejawan(aliran Jawa). Dalam kompleks Pura Segara kamu akan menemukan banyak patung dewa-dewi, dan juga stupa.

pantai_ngobaran4

Di dalam kompleks pura ini pula, kamu juga akan disuguhkan pemandangan yang indah dengan latar belakang Laut Hindia dan birunya langit, serta tebing-tebing yang kokoh di sekitarnya.


pantai_ngobaran2

****

Pantai Nguyahan. Cukup dengan berjalan kaki sejauh 200 meter, kamu akan menemui Pantai Nguyahan yang berpasir. Berbeda dengan Ngobaran di Pantai Nguyahan ini kita bisa berenang.

pantai_nguyahan5

Yang menarik di Pantai Nguyahan ini kita akan menemukan tebing yang menjulang tinggi. Di puncak tebing akan terlihat bangunan-bangunan ibadah di antara pepohonan.

pantai_nguyahan2

Disarankan agar Anda mengunjungi kedua pantai ini pada sore hari. Karena pemandangan sunset-nya sangat mengagumkan. Di Pantai Nguyahan ini kamu juga bisa mendirikan tenda untuk bermalam. Sehingga kamu bisa dengan puas menikmati keindahan Pantai Ngobaran dan Pantai Nguyahan keesokan harinya.

**

Akses, Harga Tiket, Akomodasi dan Fasilitas

Akses untuk mencapai kedua pantai Gunung Kidul ini relatif mudah, karena masih berada pada jalur ke Pantai Siung. Sudah ada petunjuk jalan yang dibuat penduduk setempat menuju ke Pantai Ngobaran dan Pantai Nguyahan. Namun ketika akan sampai di lokasi pantai, jalan menjadi relatif kecil dan rusak. Disamping itu, belum tersedia angkutan umum menuju ke kedua pantai tersebut.

Baca Juga  Wisata : Di Suatu Siang Di Pantai Baron Saat Musim Liburan Tiba

Harga tiket : Rp 5.000,-/orang. Saat ini belum ada penginapan, namun untuk makanan, tidak perlu khawatir karena waktu saya kemarin kesana, sudah semakin ramai.

Dan sebuah Kehilangan…

Ini adalah sebuah cerita ketika pada hari minggu (9/7/2017) kebetulan saya datang kesana ramai-ramai bareng warga. Ceritanya ikut syawalan warga di Pantai. Kita berangkat pagi pukul 8, sampai disana kurang lebih pukul 10. Kemudian acara hingga duhur, selepasnya bebas.

Seperti kebanyakan orang ketika main di Pantai, kita juga pengen mainan air tapi kebetulan nggak pengen mandi sih, akhirnya kami memilih berada di tepian pantai, namun karena siang itu panasnya pake bangets, lalu kami memilih duduk-duduk dibawah karang biar bisa ngadem.

pantai_nguyahan3

Dan, beberapa menit kemudian tiba-tiba ombaknya datang…wuzzzzzz…

pantai_nguyahan1

Seketika orang-orang yang duduk di karang termasuk kami, basah tentunya. Karena memang ombaknya cukup kenceng dan mendadak, dan yang lebih parahnya lagi sandal, kaos kaki saya dua-duanya ikut hanyut terbawa ombak..wassalam deh..mau dikejar pun sia-sia, karena ombaknya langsung datang lagi. Kemarin sempet saya videoin juga, ada di channel Youtube saya @retnamudiasih. Bener-bener deh, kayak habis kena tsunami kecil.

Memang sih di obyek wisata Pantai Ngrehehan ini sudah ada tulisan, dilarang berenang, dsb nya. Wajar saja menurut saya, karena kedua pantai ini berhadapan langsung dengan samudera Hindia. Sehingga ombaknya cukup kuat dan besar. Alhasil saya pindah tempat dan sampai bis nyeker, sebelum akhirnya dapat warung penjual sandal.

pantai_nguyahan4


Tagged , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *