Review Produk

Daftar Penyedia Cloud Server Murah di Indonesia

Retnamudiasih.com – Daftar Penyedia Cloud Server Murah di Indonesia.  Pernah nggak kamu kehilangan data ketika sedang bekerja atau mungkin nih, data-data kuliah kamu hilang bagai di ghosting gitu? Well, aku pernah banget nih. Beberapa tahun yang lalu, ketika sedang skripsi. Mimpi buruk pastinya? At the time, masih jamannya kuliah and skripsian, karena laptop rusak data-data yang ada di dalamnya juga ikut lengkap. Parahnya aku nggak punya back up datanya. Well, menyedihkan banget.

Sudah pasti ribet dong kalau harus mengumpulkan data kembali dari awal. Belum juga, kalau mau ganti device harus memindahkan semua secara manual. Jelas, ini akan menyita banyak waktu. Oleh sebab itu jika kamu mengalami hal yang sama, rombaklah cara lawas menyimpan data dengan beralih ke cloud server.

cloud server
Source : google image

Cloud server adalah server virtual yang berjalan di lingkungan cloud computing. Cloud computing (komputasi awan) merupakan teknologi untuk menyimpan hingga mengolah data menggunakan sumber daya internet dimana saja secara praktis. Jadi, seluruh data yang Kamu butuhkan tersimpan dalam ruang virtual di internet. Bukan lagi hanya di alat penyimpanan fisik seperti flashdisk, memori komputer, ataupun DVD.

Jenis-Jenis Cloud Server

Cloud server atau cloud computing memiliki beberapa jenis. Ini dia jenis-jenis cloud server:

  • Public cloud, yaitu model cloud computing berisi seluruh informasi yang bisa diakses oleh publik. Misalnya: YouTube, Instagram, dll;
  • Community cloud, merupakan server virtual yang dikelola secara internal dan aksesnya hanya terbuka bagi sekelompok organisasi. Seperti dua perusahaan yang saling bekerjasama;
  • Private cloud, yaitu cloud server yang cuma bisa diakses oleh orang-orang internal saja. Biasanya tingkat keamanan private cloud jauh lebih ketat daripada model cloud computing lainnya. Contoh: Cloud Hosting, Cloud VPS;
  • Hybrid cloud, yakni kombinasi public cloud dengan private cloud. Artinya, ada informasi yang bisa diakses umum dan ada yang hanya bisa diakses internal perusahaan saja.
Baca Juga  Susu Formula Terbaik untuk Tumbuh Kembang Anak Usia 1-3 Tahun Rendah Laktosa

Dari sekian banyak jenis cloud server, private cloud seperti VPS dan Cloud Hosting memang yang cukup sering digunakan. Terutama oleh perusahaan yang membutuhkan tingkat keamanan mumpuni bagi seluruh aliran informasi dalam bisnisnya.


Kelebihan Cloud Server

Dari pembahasan sebelumnya, berikut beberapa kelebihan cloud server sebagai ruang penyimpanan yang simpel dan mudah diakses. Antara lain :

  • Mudah dan Leluasa dalam Mengakses Data.
  • Meningkatkan Kolaborasi Tim.
  • Tidak Menyita Memori Hardware.
  • Keamanan Terpercaya.
  • Kecepatan Terjamin.
  • Mencegah Kegagalan Transaksi

Berikut beberapa daftar penyedia Cloud Server Indonesia, dan tentunya kualitasnya tidak diragukan lagi.

1.Biznet Gio Cloud – Indonesia (KVM)

Pada testing yang dilakukan terhadap beberapa server Biznet, layanan-layanan Biznet cenderung memiliki I/O speed dan kecepatan download yang stabil.

Biaya network adalah salah satu faktor yang perlu diperhatikan ketika memilih penyedia layanan cloud. Biznet Gio memberikan fasilitas network traffic tanpa kuota sebagai bagian dari fitur layanan cloud. Dengan bandwidth hingga 10 Gbps terhubung ke Internet Exchange lokal (OpenIXP dan IIX) dan 1 Gbps untuk internasional, Kamu akan memiliki sistem cloud dengan network cepat dan jaminan redundansi yang tinggi. Upgrade kebutuhan bandwidth Kamu kapan saja dengan mudah. Tim Customer Care dan sales kami dengan senang hati siap memenuhi kebutuhan Kamu.

2.Niagahoster – Indonesia (OpenVZ)

Niagahoster merupakan anak perusahaan Hostinger, sebuah perusahaan dari Lithuania. Di Indonesia kantor pusat Niagahoster terdapat di Jalan Palagan Yogyakarta. Sebagai pendatang yang belum terlalu lama, Niagahoster cukup bagus dalam pengelolaan servernya.

3.Alibaba Server Indonesia (KVM)

Alibaba, adalah perusahaan besar China, yang juga membuka layanan cloud server. Alibaba juga memiliki kantor dan sekaligus datacenter di Indonesia. Ini adalah kemenangan Alibaba menangkap peluang yang tidak dilakukan oleh vendor cloud asing lainnya.

Baca Juga  7 Cara Mengatasi Rambut Rontok & Ketombe Secara Alami

4.Azure

Azure adalah produk milik Microsoft. Berbeda dengan lain-lainnya di atas, Azure menggunakan jenis HyperV Virtualization.

Sepintas dalam beberapa kali percobaan pada beberapa server, server Azure memiliki catatan I/O Speed yang tidak tinggi. Namun dalam praktiknya, proses penulisan disk terpantau cukup cepat. Sepertinya Azure memiliki metoda sendiri dalam pengelolaan I/O Speednya.

5.CloudKilat / CK – Indonesia (KVM)

CK (Cloud Kilat) merupakan salah satu vendor VPS Indonesia yang cukup populer di kalangan para blogger dan pelaku bisnis startup. Pada testing ini diambilkan dua contoh dari server layanan CK.

**

Dan itulah beberapa penyedia Cloud Server di indonesia yang menyediakan paket cloud hosting dengan layanan dan performa terbaik. Tidak perlu ragu untuk mencoba salah satu dari layanan cloud server diatas untuk meng host website Kamu tentunya.

Bagi pengguna WordPress tidak perlu khawatir apakah situsnya akan berjalan dengan baik jika menggunakan hosting cloud diatas, karena jawabanya adalah akan sangat baik dan berjalan dengan lancar untuk hosting WordPress, karena mereka menggunakan server khusus dan dilengkapi dengan berbagai teknologi yang akan membuat website dan dibangun dengan platform WordPress bekerja dengan sangat baik dan bahkan lebih dipercepat.


Tagged ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *