Ceritaku

7 Daftar Isi Seserahan Pernikahan Adat Jawa

Retnamudiasih.com – Pernikahan adalah sesuatu yang sakral, sesuatu yang akan kita lakukan sekali saja dalam hidup kita, oleh sebab itu tentunya banyak hal yang harus kita siapkan sebelum pernikahan itu tiba. Salah satunya adalah menyiapkan seserahan pernikahan. Apa saja daftar isi seserahan pernikahan adat jawa? ya banyak. Umpamanya seperangkat alat shalat, pakaian, makanan, dll.

Daftar Isi Seserahan Pernikahan Adat Jawa

Inti dari seserahan sebenarnya adalah sebagai lambang, bahwa si pria memberi barang itu ke wanita sebagai bekal mengawali hidup setelah pernikahan. Untuk isi seserahan pun biasanya tergantung dari keinginan calon istri.

Sedikit cerita, kemarin temen saya yang abis nikah, untuk membeli makeup-nya saja habis 2jutaan, sttt itu baru makeup ya, belum yang lain-lain. Yang terpenting sih meski dalam seserahan tersebut calon istri boleh mintak ini itu kepada calon lelaki, namun kita juga harus menyesuaikan budget. Terkadang budget bisa over kalau tidak kita perhitungkan terlebih dahulu.


Ada baiknya sebelum menyiapkan seserahan pernikahan, kita list terlebih dahulu daftar barang-barang yang nantinya akan dibeli sebagai barang seserahan. Hal tersebut digunakan sebagai cara untk menentukan budget yang kalian miliki. Oya, ketika membeli barang-barang seserahan tersebut, sebaiknya calon istri juga ikut, agar barang yang dibeli bisa sesuai dengan keinginan calon istri, karena nantinya seserahan tersebut juga diberikan kepada pihak wanita.
Berikut 7 Daftar isi seserahan pernikahan adat jawa:

1. Alat Shalat

Alat shalat merupakan simbol bahwa hubungan rumah tangga kedua suami istri harus selalu berpegang teguh pada agama. Seserahan pernikahan berupa alat shalat juga bisa dijadikan simbol pengingat suami istri kepada Tuhan.

daftar_isi_seserahan_peralatan_ibadah_pernikahan_adat_jawa
Isi : mukena, sajadah, tasbih, al-qur’an.

2. Perhiasan

Perhiasan diberikan kepada calon mempelai wanita dari calon pasangan pria jika sang pria mempunyai kemampuan lebih, umumnya mempelai pria dapat memberikan perhiasan berbentuk liontin.

Baca Juga  Jalan-Jalan Ke Sleman City Hall Jogja
daftar_isi_seserahan_perhiasan_emas_adat_jawa
Isi : kalung, gelang, dan juga cincin emas.

3. Seperangkat Busana Putri

Seperangkat busana putri yang dimaksud dalam seserahan ini memiliki makna bahwa setiap pihak, baik pengantin pria maupun pengantin wanita harus pintar menyimpan rahasia mereka berdua terhadap pihak lain.

daftar_isi_seserahan_pakaian_adat_jawa
Isi : baju, jilbab, baju dalaman.

4. Peralatan Makeup & Mandi

Peralatan makeup yang ada dalam seserahan memiliki arti bahwa, pria bersedia menjaga penampilan calon istri dengan sebaik-baiknya. Disamping itu, juga berati pengantin pria bersedia menyediakan perawatan tubuh dan makeup bagi calon istrinya.

daftar_isi_seserahan_peralatan_makeup_mandi_pernikahan_adat_jawa
Isi : Bedak, lipstik (tergantung permintaan calon istri) handuk, sabun mandi, sampo, sikat gigi,dll.

5. Sepatu / Sandal

Untuk sepatu / Sandal, memang terkadang dimasukkan dalam daftar seserahan karena memiliki peran, atau makna tersendiri di dalamnya, yakni agar kedua mempelai siap menjalani satu kehidupan baru mereka. Selain itu, kedua mempelai diharapkan dapat selalu berada di jalan yang lurus dan menjaga hubungan pernikahan mereka selamanya.

daftar_isi_seserahan_sepatu_selop_adat_jawa
Isi : sepatu/selop, tas.

6. Makanan Tradisional

Makanan tradisional sendiri memiliki makna agar cinta kedua calon pengantin ini selalu lengket sepanjang masa. Sebagaimana beras ketan yang setelah dimasaka akan menjadi lengket.

Isi : aneka jajanan pasar.

7. Buah-Buahan

Seserahan berupa buah-buahan, khususnya pisang, memiliki makna kasih sayang dan cinta. Seserahan ini bertujuan agar cinta diantara sepasang calon pengantin bisa bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat.

Isi : aneka buah-buahan, pisang.

Untuk seserahan/hantaran jumlah itu mesti ganjil, seperti 5 kotak, 7 kotak, maupun lebih. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian yang akan melangsungan pernikahan. Ingat ya, meski kita boleh mintak bermacam-macam barang tetep kudu waspada dengan budget yang ada, jangan sampe over budget before married.


Tagged ,

2 thoughts on “7 Daftar Isi Seserahan Pernikahan Adat Jawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *