Wisata Alam

Desa Wisata Tembi Yang Asri

Retnamudiasih.com – Yogyakarta identik dengan keraton, gudeg dan Malioboro dan candi-candinya. Selain belanja dan berwisata kuliner, turis juga bisa berwisata budaya di Desa Tembi.

Menelusuri sepanjang desa Tembi,  membawa aura kebahagiaan tersendiri bagi saya, jalan – jalan dusun yang bersih, pemandangan yang menakjubkan dan keramah tamahan penduduknya, membuat nyaman, untuk sejenak melupakan kepenatan rutinitas sehari – hari yang terkadang melelahkan.

Desa Wisata Tembi ini berlokasi di sebelah selatan kota Jogja, tepatnya di Dusun Tembi, Desa Timbulharjo, Kabupaten Bantul. Desa Wisata Tembi sendiri merupakan nama yang diadaptasi menjadi sebuah lembaga kebudayaan Rumah Budaya Tembi.


Di desa wisata tembi ini kita bisa menginap di cottage maupun rumah-rumah warga. Dengan membayar Rp 50-100 ribu per orang, kita sudah bisa menginap semalam dan juga diberi sarapan pagi.

*****

Di Tembi ada banyak tempat yang bisa dikunjungi, ada sebuah cottage cantik, galeri batik, sebuah restoran yang unik dan sebuah galeri lukisan. Oh iya, di sini kita juga bisa melihat pembuatan aneka kerajinan khas Yogyakarta, seperti keranjang anyaman dan juga aneka dompet.

Selain itu juga ada Museum Rumah Budaya Tembi, yang memiliki koleksi yang cukup variatif seperti peralatan tradisional masyarakat Jawa, keris, peralatan bertani, tombak, peralatan seni membatik, gamelan dan lain sebagainya.

Suasananya yang sejuk, penduduknya yang ramah dan suasana pedesaan yang membuat tak ingin pulang. Bahkan saat menulis ini saya sedang berada di lobby desa wisata tembi. Benar benar asri dan betah berlama lama di sini. Tertarik? Yuk kemari, d’Travelers!

***

Sejarah Desa Wisata Tembi…

Nama Tembi konon di ambil dari nama seorang Dewi yaitu Dewi Tembi. Lepas dari sejarah itu, ada beberapa yang memenuhi kepalaku, berkaitan dengan asal muasal kenapa dusun Tembi ini di kemudian hari menjadi desa wisata yang sungguh menyejukan mata dan hati ini.

Baca Juga  Wisata : Jeep Off Road Desa Wisata Nglinggo

Awal mula keberadaan Desa wisata Tembi ini, pada tahun 1994 seorang warganegara Australia, bernama Warwick Pursen Larsen yang sangat peduli dengan pesona alam pedesaan di wilayah Tembi. Kepedulian tersebut seperti gayung bersambut dengan Menteri Kebudayaan Indonesia waktu itu, yang melihat potensi Desa Tembi sebagai desa yang asri cocok untuk homestay dan sentra kerajinan. Maka desa Tembi pun di resmikan menjadi salah satu destinasi wisata di Yogyakarta yaitu sebagai Desa Wisata Tembi.

More Information 

www.tembivillage.com / Phone : (0274) 2810338
Jl.Parangtritis Km. 8,5 Bantul Yogyakarta


Tagged

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *