Event, Tips & Trik

Diadakan di Yogyakarta, Sprint Coding dengan Tema “Developing Favoured Digital Banking Product” Mewarnai Rangkaian Finhacks Codescape 2017

Retnamudiasih.com – Setelah tahun lalu (2016) sukses menggelar Financial Hackathon (Finhacks) dengan tema #HackByTheBeach dan menghasilkan tiga inovasi terbaik, kini BCA dan DailySocial kembali menggelar Finhacks bertajuk Codescape 2017. Jika tahun lalu mengusung tema #HackByTheBeach dengan suasana tepi laut. Finhacks 2017 ini mengusung tema #Codescape dengan nuansa pegunungan yang akan mengambil lokasi di BCA Learning Institute, Sentul.

Nah, perbedaannya bukan di situ saja. Tahun ini diadakan Mini Finhacks. Di gelaran ini BCA memberikan banyak informasi mendalam mengenai teknologi, langsung dari para pakarnya. Selain itu para developer juga ditantang untuk memecahkan satu studi kasus pengembangan aplikasi di ajang sprint coding. Rencananya mini Finhacks ini berlangsung di tiga kota (Surabaya, Yogyakarta, dan Bandung). Yang menariknya, para Pemenang Mini Finhacks akan mendapatkan total hadiah uang tunai senilai Rp 20 juta rupiah. Bukan itu saja, mereka juga secara otomatis memperoleh Golden Ticket untuk mengikuti gelaran utama Finhacks 2017.

Yogyakarta, sebagai kota pelajar merupakan salah satu kota yang dipilih untuk menjadi penyelenggara Mini Finhacks 2017. Bertepatan dengan tanggal 5 Agustus 2017 kemarin, bertempat di Sahid Rich Hotel Yogyakarta, para developer saling berlomba guna mendapatkan golden ticket dan tentunya hadiah uang tunai yang cukup menggiurkan. Lumayan kan bisa jadi modal buat berangkat ke Jakarta.

finhacks_2017_bca5

Sekilas tentang Finhacks
Kontes Finhacks atau Financial Hackathon merupakan sebuah acara untuk para developer atau praktisi TI untuk membuat suatu inovasi aplikasi dalam waktu singkat, antara 24-48 jam.

Karena BCA merupakan institusi finansial, BCA mengundang dan mengajak para developer atau praktisi TI yang memiliki impian untuk berkolaborasi dan berinovasi dalam menciptakan sistem pembayaran yang dapat merubah gaya hidup masyarakat Indonesia, dengan mempersiapkan API (Application Programming Interface) yang dapat digunakan oleh para developer untuk berinteraksi dengan sistem BCA.

Baca Juga  Tips Kesehatan - Cara Sederhana Membersihkan Ginjal Dari Racun Di Tubuh

Kompetisi Finhacks terbuka untuk masyarakat umum dari berbagai kota, pendidikan, usia, dan pekerjaan. Dan untuk Finhacks 2017, tema yang diusung adalah #CodeSpace yang akan berlangsung di BCA Learning Institute, Sentul, Bogor.


Sprint Coding dengan Tema “Developing Favoured Digital Banking Product” Mewarnai Rangkaian Finhacks Codescape 2017. Simak liputan ceritanya berikut :

1. Di buka dengan Acara Takshow

Meski konsep perlombaan yang di usung adalah coding, namun Mini Finhacks tetap memberikan insight-insight menarik kepada para pesertanya. Ilmu ini disajikan di dalam talkshow yang menjadi ‘appetizer‘ dari acara sprint coding. Membuka acara Mini Finhacks dengan sebuah talkshow yang diisi oleh pakar di bidangnya, antara lain : dunia perbankan, teknologi, dan local heroes dari kancah startup di setiap kota.

finhacks_2017_bca13

finhacks_2017_bca4
Talkshow finhacks 2017, Yogyakarta

Mereka semua akan mengajak para atlet sprint coding untuk ‘pemanasan’ dengan berbincang santai mengenai isu-isu digital banking melalui tema-tema “Practical Approach on Favorable Digital Banking Product” untuk Mini Finhacks Surabaya, “Developing Favoured Digital Banking Product” untuk Mini Finhacks Yogyakarta, dan “Create Your Own Digital Bank” untuk Mini Finhacks Bandung.

2. Golden ticket

Di setiap Mini Finhacks, para peserta ditantang memecahkan masalah yang telah disiapkan panitia sebelumnya, selain berpeluang bawa pulang hadiah dengan nilai total Rp 20 juta – lima tim terbaik secara otomatis akan menerima golden ticket ajang utama Finhacks 2017, sehingga berkesempatan meraih jumlah hadiah yang lebih besar lagi.

finhacks_2017_bca6
Para tim, ditantang memecahkan masalah

Selain golden ticket Finhacks 2017, lima tim pemenang sprint coding akan mendapatkan total uang tunai sebesar Rp 20 juta. Pemenang sprint coding di Mini Finhacks akan mendapatkan golden ticket untuk mengikuti hackathon di Sentul, Bogor. Setelah Mini Finhacks, perjalanan Finhacks Codescape 2017 akan ditutup di Sentul, Bogor.

Baca Juga  Jual Baju Renang Bayi dengan Model Modern

3. Sprint Coding

Sesuai namanya, Mini Finhacks adalah kompetisi pemrograman dengan skala yang lebih kecil. Jika acara utama dari Finhacks Codescape 2017 adalah hackathon, Mini Finhacks dikemas dalam format sprint coding, atau “balapan ngoding”.

finhacks_2017_bca3
Dari kiri ke kanan : Randi Eka Yonida (Senior Editor DailySocial), Fransiscus Kaurrany (Senior Vice President of BCA), Fachry Bafadal (COO PrismApp), dan Fariz Tadjoedin (Pemenang Pertama Finhacks 2016)

Namun sebelum ditantang untuk membuat solusi digital banking, kamu terlebih dahulu akan bertemu Fachry Bafadal (COO PrismApp), Fariz Tadjoedin (Pemenang Pertama Finhacks 2016), Fransiscus Kaurrany (Senior Vice President of BCA), dan Randi Eka Yonida (Senior Editor DailySocial) untuk sharing bersama soal Developing Favoured Digital Banking Product.

finhacks_2017_bca1
Fibonacci begin! let’s coding…
finhacks_2017_bca9
Masing-masing tim, mulai fokus menyelesaikan tantangan dari panitia.

4. Menyajikan Inovasi yang berbeda di setiap kota

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, saat sprint coding, peserta akan diminta menghadirkan inovasi yang menjawab sebuah permasalahan. Menariknya, setiap kota punya permasalahannya masing-masing untuk dipecahkan. Nah, untuk Yogyakarta sendiri, tantangan yang pertama sebagai warming up, masing-masing tim diberi challenge tentang “fibonacci” nah, anak-anak IT masih inget nggak hayooo? jika tantangan pertama bisa terselesaikan, next mereka akan diberi tantangan selanjutnya oleh panitia.

***

Setelah acara sprint coding yang berlangsung sekitar 3 jam berlangsung seru, akhirnya panitia pun mendapatkan 5 kandidat pemenang. Dimana setelah mereka berhasil menyelesaikan Challenge yang diberikan, kemudian masing-masing tim harus mempresentasikan hasil coding mereka.

finhacks_2017_bca11
Presentasi tim
finhacks_2017_bca12
Presentasi tim

Dan, inilah 5 tim yang akhirnya keluar sebagai pemenang serta berhak mendapatkan golden ticket menuju gelaran akbar Finhacks 2017 di BCA Learning Institute, Sentul, Bogor.

finhacks_2017_bca8
Para pemenang Mini Finhacks 2017 Yogyakarta
finhacks_2017_bca2
Meski udah kucel, sempetin dulu wawancara plus foto-foto sama pemenang 1 Mini Finhacks 2017 Yogyakarta. Nah untuk sesi wawancaranya, coming soon di channel Youtube saya ya @retnamudiasih 🙂

***

Menurut saya, ini acara keren banget, sedihnya kenapa saya melewatkan Finhacks 2016 begitu saja. Nahlo, nyesel emang selalu datang belakangan kan? harapan saya mudah-mudahan di tahun mendatang, saya bisa menjadi bagian dari Finhacks 2018, amin.

Kenapa harus ikutan Finhacks?

  • Finhacks merupakan ajang kegiatan yang ingin mendorong kolaborasi antara lembaga keuangan, dalam hal ini perbankan. Para profesional maupun startup pengembang teknologi berbasis fintech (financial technology) bisa memberikan “layanan perbankan yang lebih mudah, aman, dan menyenangkan bagi gaya hidup nasabah sehari-hari”. Ajang ini tentu membuka peluang besar bagi komunitas-komunitas IT yang ingin berkembang dan berlomba-lomba menciptakan produk berbasis fintech.
  • Selain itu, para peserta Finhacks juga berkesempatan besar untuk mendapatkan total hadiah senilai lebih dari 120 juta rupiah, dan tentunya menjadi bagian dari perubahan di industri fintech.
Baca Juga  Belanja Murah di Sunmor UGM

***

So, buat kamu yang tertarik untuk ikutan Finhacks selanjutnya, Bandung. Jangan lupa submit ide keren kamu. Info lebih lengkap bisa kunjungi http://bit.ly/2vo3Vfy Atau kamu juga bisa mendapat info dan update mengenai Finhacks 2017 Codescape disini :

  • Situs DailySocial, akun media sosial resmi DailySocial (Facebook, Twitter, dan Instagram), dan microsite ini.

So, are you ready to join the journey?


Tagged , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *