Tips & Trik

Efek Samping Daun Binahong & Manfaatnya

Retnamudiasih.comDaun binahong dikenal dengan nama Madeira vine dalam bahasa Inggris, dengan nama ilmiah Anredera cordifolia. Daun ini banyak ditemukan di Asia Tenggara dan kawasan tropis di Amerika Serikat. Daun berbentuk hati ini punya segudang khasiat. Salah satu manfaat daun binahong yang tidak bisa dipandang sebelah mata adalah kemampuannya dalam mengatasi luka bakar hingga penyakit ginjal kronis.

Sebelum mengenal daun binahong ini, saya pernah beberapa kali menggunakan aplikasi Halodoc untuk konsultasi sakit selama pandemi. Kebetulan saat itu sedang tidak enak badan. Kepala rasanya pusing dan badan meriang. Mungkin mau demam! Kebetulan pas persediaan obat dirumah kosong. Akhirnya saya ingat sama aplikasi Halodoc. Gampang sih cara pakainya, untuk apotik pesan antar di Halodoc. Saya cukup cari obat atau vitamin yang saya butuhkan (Kalau punya resep dokter bisa juga loh beli di Halodoc, cukup upload saja resepnya). Daripada lama antri dan makan waktu, mending pakai Halodoc. Tentunya, resep yang dibeli akan dikonfirmasi dulu ke dokter atau RS pembuat resep ^^.

manfaat-dan-efek-samping-daun-binahong
Source : klikhijau.com

Daun binahong dikenal sangat efektif untuk membantu menyembuhkan berbagai penyakit karena zat yang dikandungnya. Binahong memiliki banyak kandungan seperti antioksidan, asam arkobat, total fenol, dan protein. Selain mudah ditemukan, manfaat daun binahong juga melimpah untuk kesehatan. Apa saja manfaat daun binahong?

1. Mengobati maag
Jika kamu memiliki penyakit maag akut yang kerap kambuh saat jadwal makan berantakan, maka daun binahong bisa jadi sahabat bagi pencernaan. Maka mengonsumsi daun binahong dapat mengendalikan asam lambung agar tetap terkendali dan tidak naik yang menyebabkan maag kambuh.


2. Mencegah penyakit jantung
Salah satu obat yang mudah dicari saat kamu memiliki riwayat penyakit jantung adalah daun binahong, mengonsumsi daun binahong bisa menjadi cara untuk mencegah penyakit jantung. Kandungan saponin dalam daun binahong dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Baca Juga  Lowongan Kerja Part Time Online Untuk Mahasiswa

Caranya memakainya : cukup dengan menyeduh daun binahong seperti membuat teh. Kemudian tambahkan gula atau madu sehingga rasanya jadi lebih manis. Untuk hasil maksimal dapat dikonsumsi dua kali sehari.

3. Mengobati luka bakar
Saat kita mendapatkan luka bakar, maka seharusnya mendapatkan penanganan yang cepat. Dari penelitian yang dirilis pada tahun 2017 lalu, terbukti bahwa salep yang mengandung 5% ekstrak daun binahong mampu mengobati luka bakar dengan cepat.

Kunci dari proses penyembuhan luka bakar adalah pembentukan kolagen. Kolagen merupakan protein dalam jaringan tubuh manusia, termasuk pada kulit. Ketika ekstrak daun binahong digunakan, terlihat bahwa luka bakar mengalami penyembuhan lebih baik ketimbang tidak menggunakan daun binahong.

4. Mencegah kanker
Kanker merupakah salah satu penyakit yang memiliki angka kematian tinggi di Indonesia. Sehingga kanker menjadi salah satu penyakit yang ditakuti banyak orang. Kabar baiknya, ternyata daun bilahong ini bisa menjadi dalah satu penawarnya. Kanker terjadi ketika ada pertumbuhan sel yang tidak normal dalam tubuh.Kandungan antioksidan dalam daun binahong terbukti efektif mencegah kanker. Anda bisa mengonsumsinya dengan merebus daun binahong dan meminum airnya 3 kali sehari.

5. Mengobati asam urat
Manfaat daun binahong selanjutnya adalah mengobati asam urat. Mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin dapat menurunkan kadar purin dalam tubuh. Purin adalah senyawa organik dalam DNA tubuh yang timbul setelah mengonsumsi makanan pemicu asam urat.

6. Memulihkan stamina
Air rebusan daun binahong dapat mengembalikan stamina tubuh yang kelelahan. Caranya cukup mudah, rebus 1 daun binahong dengan 2 gelas air hingga mendidih dan mengonsumsinya secara berkala. Bahkan, air rebusan daun binahong juga dapat meningkatkan vitalitas pria jika dikonsumsi dalam dosis yang lebih banyak. Tapi tentu saja, pastikan tidak ada reaksi negatif dari tubuh sebelum mencobanya.

Baca Juga  Apa itu Vlog? Kok Saat Ini Booming Bangets

7. Mencegah diabetes
Kadar gula tinggi dalam tubuh dapat memicu diabetes. Jika Kamu ingin mengendalikannya, selain mengatur pola makan, manfaat daun binahong juga bisa jadi pilihan. Daun binahong dapat mengontrol kadar gula tubuh seseorang. Caranya sama seperti sebelumnya, yaitu dengan mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin.

8. Mengatasi anemia
Anemia bisa terjadi ketika tekanan darah seseorang berada di bawah normal. Perlu asupan zat besi untuk mengimbanginya. Nah, daun binahong mengandung zat besi yang dibutuhkan sel darah merah agar seseorang tidak lagi merasakan anemia.

Efek samping daun binahong
Setiap yang herbal memang alami dan memiliki segudang khasiat. Meski demikian, tidak semua orang cocok dengan pengobatan alami dengan rempah-rempah atau dedaunan seperti daun binahong. Yang perlu diketahui bahwa mengonsumsi air rebusan atau ekstrak daun binahong secara berlebihan hanya akan mendatangkan efek samping bagi tubuh. Beberapa di antaranya adalah:

  • Memicu terjadinya stroke dan hipertensi
  • Dilarang dikonsumsi bersama zat stimulan seperti teh dan kopi
  • Tidak untuk dikonsumsi ibu hamil dan ibu menyusui
  • Penderita nyeri dada sebaiknya tidak mengonsumsi binahong Kandungan efedrin dalam daun binahong sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan zat yang ada dalam teh dan kopi. Pasalnya, konsumsi bersamaan tersebut dikhawatirkan bisa memicu pusing, gelisah, mual, muntah, insomnia, dan jantung berdebar.

Untuk itu, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsi air rebusan daun binahong. Atau coba dalam porsi kecil dan lihat reaksinya pada tubuh. Jika sudah dirasa cocok dan efektif mengatasi keluhan medis, maka manfaat daun binahong bisa Kamu rasakan.


Tagged ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *