Tips & Trik

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Masa Kehamilan

Retnamudiasih.com –¬†Kehamilan adalah hal yang penting bagi kehidupan calon ibu. Sehingga bagi calon ibu, menjaga kehamilan adalah hal yang harus selalu diperhatikan. Anda jangan sampai mengabaikan ketika anda sedang hamil, jika anda mengabaikan kehamilan anda dengan tetap melakukan apa yang anda mau seperti anda gadis. Maka anda adalah calon ibu yang egois. Anda berarti belum siap memiliki bayi. Sebaiknya anda jangan berlaku egois dan harus perhatikan kesehatan janin anda. Banyak sekali hal yang harus anda perhatikan ketika sedang hamil. Berikut beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika hamil.


Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Masa Kehamilan
Source : pixabay

Hitung Masa Kehamilan

Hal yang harus anda perhatikan pertama kali adalah menghitung masa kehamilan. Ada cara tradisional dalam menghitung masa kehamilan adalah dengan menghitung terakhir kali anda mengalami masa subur. Kemudian anda hitung kapan terakhir kali anda sudah tidak haid lagi. Selanjutnya menghitung kehamilan juga bisa anda lakukan dengan mudah secara online. Banyak sekali kalkulator kehamilan yang tersedia di online. Anda tinggal memasukan beberapa hal yang diperlukan untuk menghitung masa kehamilan dengan kalkulator kehamilan.

Memakan Makanan Yang Bergizi

Ketika sedang mengalami kehamilan, anda harus memakan makanan sehat. Makanan sehat banyak sekali jenisnya untuk ibu hamil. Ibu hamil haruslah mengonsumsi makanan yang mengandung protein, zat besi, omega 3, kalsium dan Vitamin C, A, K. Beberapa kandungan tersebut ada pada makanan sehat seperti ikan, daging merah, sayuran hijau, buah-buahan dan juga susu. Makanan sehat tersebut haruslah anda konsumsi 3 kali seharu. Bahkan di waktu selingan makan, sebaiknya anda ngemil. Cemilan anda juga adalah cemilan sehat seperti buah-buahan dan juga kacang kacangan. Kacang almond sangat baik juga untuk mengisi kandungan protein pada masa kehamilan. Selanjutnya protein pada ikan juga harus anda perhatikan. Jangan makan ikan dari laut yang kadang tercemar oleh kandungan merkuri yang membahayakn janin dan anda.

Baca Juga  Mau Jual/Sewa Apartemen Tapi Takut Tidak Laku? Ini Solusinya!

Hindari Minuman Beralkohol

Ketika hamil harus anda hindari adalah meminum minuman yang mengandung alkohol. Alkohol sangat berbahaya untuk kehamilan anda. Alkohol bisa merusak perkebambangan janin. Selain perkembangan janin terganggu. Bisa menyebabkan penyakit yang berbahaya untuk anda dan janin anda. Maka jangan sekali pun meminum minuman yang mengandungn alkohol. Anda bisa meminum air lemon atau jus yang lebih sehat.

Hindari Asap Roko Dan Berhenti Merokok

Jika anda sebelumnya merokok, maka sebaiknya berhenti merokok ketika anda sedang hamil. Rokok bisa menyebabkan janin terganggu pertumbuhannya. Bukan hanya pertumbuhan, rokok juga akan merusak segala sistem yang ada pada tubuh janin anda. Bahkan jika anda memaksakan merokok, bayi anda bisa meninggal. Lahir premature juga bisa terjadi jika anda tidak segera berhenti merokok. Untuk anda ibu hamil juga sebaiknya jangan mendekati orang yang sedang merokok. Dikarenakan asap rokok bisa sangat merusak kehamilan anda.

Banyak Minum Air Putih

Memang biasanya ketika sedang hamil, para ibu hamil sering sekali pipis. Hal ini dikarenakan bayi menekan bagian kandung kemih. Jadi akan sering pipis. Tetapi meskipun begitu jangan membuat anda berhenti meminum air putih. Air putih sangat bagus untuk anda karena jika anda mengalami dehidrasi maka akan membahayakan janin anda. Bukan hanya janin anda, anda juga selalu merasa lemas untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Usahakan untuk meminum air putih minimal 8 gelas perhari.


Tagged

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *