Tips & Trik

Hindari Ini, Dapat Mengurangi Nyeri Haid

Retnamudiasih.com – Menstruasi merupakan sesuatu yang harus dialami oleh wanita pada usia subur. Lebih dari 60% wanita di dunia menderita dismenore atau apa yang disebut “rasa sakit yang parah pada suatu periode”. Biasanya terasa sakit pada perut bagian bawah atau sakit pada pinggul yang muncul sebelum periode atau saat periode berlangsung.

Hindari Ini, Dapat Mengurangi Nyeri Haid

Bagaimana cara mengatasi dismenore? Ada beberapa solusi yang dapat membantu meringankannya dismenore. Sakit perut saat haid apakah berbahaya? Berikut hal-hal yang harus dihindari pada saat menstruasi atau haid, agar terhindar dari dismenore.


Yang Harus di Hindari Saat Haid

1. Olahraga Berat Secara Berlebihan
Olahraga memang baikuntuk kesehatan tubuh. Tetapi saat sedang dalam masa menstruasi, sangat dianjurkan untuk tidak melakukan jenis olahraga yang berat. Karena pada saat di masa subur, biasanya tubuh membutuhkan lebih banyak istirahat dan rileks.

Jika Anda ingin berolahraga, Anda dapat melakukan olahraga ringan seperti jalan santai pada saat masa subur.

2. Makan Tinggi Lemak
Makanan tinggi lemak dapat mengakibatkan kadar estrogen dalam tubuh meningkat. Sedangkan perubahan estrogen dapat menyebabkan perubahan rahim yang signifikan, sehingga dapat menimbulkan kram dan rasa sakit.

Disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi, agar terhindar dari kram pada beberapa bagian tubuh saat menstruasi.

3. Alkohol
Alkohol dapat menyebabkan retensi air dalam tubuh selama masa mentruasi, karena alcohol mengandung zat diuretik. Mengkonsumsi alcohol dalam jumlah yang besar pada saat menstruasi dapat memperburuk kram pada perut bagian bawah dan membuat perut kembung.

4. Gula
Makanan dan minuman yang kaya akan kandungan gula sebaiknya dihindari saat masa menstruasi. Karena gula dapat mengakibatkan peradangan, sehingga dapat memicu kram pada perut bagian bawah saat menstruasi.

Baca Juga  Kamera Mirrorless Terbaru Fujifilm Rilis X-T3

Beberapa hal di atas dapat memperburuk nyeri pada saat menstruasi. Karena hal-hal di atas dapat memicu terjadinya kram pada perut bawah saat menstruasi. Apabila di konsumsi secara terus-menerus akan memperparah rasa sakit atau kram pada bagian perut bawah atau pinggul saat menstruasi. Sangat disarankan kepada Anda untuk menghindari hal-hal di atas, selama masa menstruasi berlangsung.


Tagged ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *