Wisata Pantai

Kali Kedua Ke Pantai Siung

Retnamudiasih.com – Kalau kita jalan-jalan ke Gunung Kidul, rasanya gak afdol banget kalau gak menyambangi salah satu wisata pantainya. Kali ini kebetulan saya ada urusan di sebuah penginapan yang terletak tepat diatas tebing Pantai Siung. Dan inilah kali kedua saya berada kembali di pantai ini.

Tak jauh berbeda dengan awal saya kesini. Pantai yang terletak di Gunung Kidul ini nampak eksotis di antara perpaduan birunya air laut, hijaunya pepohonan dan tebing karang-karang tinggi. Dibalik keeksotisan pemandangan alamnya, Pantai Siung menjadi surga tersembunyi bagi para pemanjat tebing.


kali_kedua_saya_ke_pantai_siung
Heii..See you again at pantai siung 🙂

Dikelilingi tebing-tebing karang yang gagah, Pantai Siung menjadi surga tersembunyi bagi para pemanjat tebing. Mereka yang datang ke sana menguji ketangguhan jemari diantara tebing-tebing karang yang tinggi menjulang.

Sebelumnya, Pantai Siung ini hanya digunakan untuk berpiknik atau bersantai dengan teman atau keluarga. Namun, pada tahun 2005, pemerintah daerah setempat menetapkan Pantai Siung sebagai destinasi wisata panjat tebing di Yogyakarta. Gelaran kompetisi panjat tebing berskala internasional bertajuk Asean Climbing Gathering digelar untuk menandai peresmian tersebut.

Pantai Siung, surganya para penguji adrenalin…

Terdapat 250 jalur pemanjatan dengan tingkat kesulitan yang bervariasi. Jalur favorit dengan kesulitan yang cukup tinggi adalah jalur Kuda Laut dan jalur Pancaran Siung. Perjuangan berat memanjat jalur-jalur karang akan terbayar dengan keindahan panorama alam pedesaan yang menyatu diantara hamparan samudera dan lengkungan pasir pantai.

Tidak hanya pemanjat tebing profesional yang datang menjajal di tebing Siung. Mereka yang pemula dalam olahraga ini pun berani merayap di dinding karang Siung. Nah, jika kalian belum berani bisa menyewa jasa pemandu panjat tebing hanya dengan merogoh biaya kurang lebih Rp 300.000,-/orang untuk bisa mencoba olahraga ekstrim ini.

Baca Juga  Dan Kami Pernah Berjodoh Dengan Senja Di Pantai Cemara Sewu
pantaisiung
Foto by google

Atau, bagi kalian yang tidak tertarik dengan olah raga ini bisa memilih alternatif lain, dengan mendirikan tenda dan menginap selama semalam tentu akan menjadi pengalaman liburan yang menyenangkan. Bercengkerama bersama keluarga atau sahabat sambil menikmati pemandangan alam dan mendengarkan suara deburan ombak tentu akan menghilangkan penat.

Lokasi dan Akses Pantai Siung

Pantai Siung terletak di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Berjarak sekitar 98 km dari pusat kota Yogyakarta.

Rute yang bisa kalian tempuh untuk mencapai Pantai Siung dengan kendaraan pribadi, Anda bisa mengambil rute Yogyakarta – Wonosari – Tepus – Purwodadi.

Untuk masuk di kawasan Pantai Siung, dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000,-. Tidak ada pungutan biaya jika kalian ingin menjajal tebing Pantai Siung.


Tagged

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *