Review Produk

Kilas Singkat Seputar Waste Water Treatment Plant

Retnamudiasih.com – Waste water treatment plant atau yang sering disingkat WWTP pasti asing di telinga kita semua. Bagaimana tidak jarang sekali orang-orang membicarakan hal ini di kalangan umum. Hanya orang-orang tertentu saja yang terbiasa akan hal tersebut. WWTP ini sendiri sebenarnya merupakan sebuah alat yang fungsinya sangat penting terutama bagi lingkungan. Maka dari itu, jika kamu merupakan orang yang concern terhadap kesehatan dan kelestarian lingkungan, seharusnya alat tersebut sudah sangat akrab dan bukan menjadi benda asing.


Fungsi WWTP

WWTP atau waste water treatment plant atau ada pula yang menyebutnya sebagai blower wwtp merupakan sebuah sistem yang mengolah limbah yang asalnya dari sebuah pembangkit dan biasanya berwujud cairan bekas seperti cairan sisa operasi dari gas turbine sump pit, desalinator plant, condensate pit, dan cairan bekas lainnya yang kemudian akan mengalir menuju waste water storage pond.

Sehingga secara tidak langsung dapat dikatakan bahwa fungsi dari WWTP ini merupakan sebuah alat yang fungsinya untuk mengolah limbah yang berasal dari alat berat dengan harapan limbah tersebut nantinya tidak akan merusak lingkungan yang ada. Alat ini sifatnya menjadi sangat penting, mengingat saat ini banyak sekali pengolahan limbah yang belum sesuai dengan prosedur yang pada akhirnya berdampak pada ketidakstabilan lingkungan dan menjadi merugikan untuk makhluk hidup, khususnya manusia, hewan, dan juga tanaman.

Jenis Alat Pendukung WWTP

WWTP merupakan sebuah alat dalam bentuk instalasi yang sengaja dibuat untuk keperluan pengolahan air maupun untuk pengolahan air limbah atau yang dikenal dengan nama IPAL. Dalam kerjanya, instalasi WWTP ini tidak hanya sebuah alat tunggal, namun terdapat beberapa komponen tambahan atau alat pendukung yang membuat WWTP dapat berjalan sebagai mana mestinya. Komponen-komponen tersebut tidak sulit ditemui, karena saat ini terdapat tempat seperti Intidaya Dinamika Sejati yang menyediakan komponen tersebut. Setidaknya ada 3 jenis alat pompa yang kinerjanya dapat mendukung jalannya wwtp.

Baca Juga  Cara Mencegah Gigi Berlubang Agar Tidak Semakin Membesar
  • Pompa Centrifugal
    Pompa ini memiliki kemampuan yang sangat luar biasa dan fungsi yang sangat dibutuhkan. Pompa jenis ini dapat memindahkan segala jenis fluida baik dalam bentuk air, asam, basa, cairan kental, hingga semi solid. Tentu saja kemampuannya dapat membuat pompa ini memiliki peranan besar dalam instalasi pengolahan air maupun pengolahan limbah.
  • Pompa Submersible
    Jenis pompa yang kedua yakni submersible atau pompa yang cara kerjanya dilakukan dengan mencelupkan pompa pada permukaan cairan kemudian nantinya cairan tersebut akan dipompakan.
  • Pompa Dosing
    Jenis yang terakhir yakni pompa dosing yang secara fungsi pompa ini dapat memberikan dosis kimia pada tabung reaksi atau pada tempat terjadinya reaksi kimia tersebut. Melalui pompa ini maka dapat diketahui apakah reaksi dalam pengolahan air tersebut sudah akurat atau belum.

Komponen dalam wwtp sebenarnya tidak hanya pompa saja, namun ada pula alat yang berfungsi sebagai aerator. Alat ini juga menjadi alat yang penting dalam instalasi tersebut. Aerator dalam instalasi wwtp dikenal pula dengan nama Aerzen. Aerzen menjadi salah satu komponen penting sehingga untuk perawatannya sangat diperhatikan dengan saksama. Maka dari itu kini sudah banyak bermunculan tempat service Aerzen Indonesia yang menyediakan layanan perbaikan serta perawatan Aerzen. Tempat-tempat seperti ini dibutuhkan untuk menjaga agar segala komponen dalam instalasi wwtp tersebut terjaga dengan baik dan nantinya tidak akan mengganggu peran dan fungsi dari wwtp itu sendiri.


Tagged

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *