Review Minuman, Review Produk

5 Pilihan Kopi Terenak di Indonesia

Retnamudiasih.comKopi Terenak di Indonesia Ini Harus Kamu Cobain Wahai Penikmat Kopi. Meminum kopi bisa dikatakan merupakan budaya yang sulit terlepas dari kebiasaan masyarakat Indonesia. Jika dulu minum kopi sangat erat hubungannya dengan kebiasaan bapak-bapak, namun kini hampir semua golongan menyukai minuman dengan ciri khas pahit asam ini.

Tidak hanya bapak-bapak, namun remaja, mahasiswa hingga pekerja kantoran usia 20an juga senang menikmati minuman ini. Apalagi, jika menikmati kopi berkualitas dengan harga jual kopi murah.

kopi terenak di indonesia
kopi, image by ardi evans on unsplash

Pilihan Kopi Terenak di Indonesia

Indonesia sendiri memiliki beberapa daftar kopi terenak. Jika Anda termasuk penyuka kopi, maka tentu informasi ini sangat sayang untuk dilewatkan. Berikut beberapa diantaranya, antara lain:


1. Kopi Luwak

Siapa yang tidak mengenal kopi unik satu ini? Kopi Luwak merupakan salah satu jenis kopi yang banyak tersebar di Pulau Jawa maupun Sumatera. Kopi satu ini dikenal dengan proses pemanenan yang unik dan sulit. Bagaimana tidak, kopi luwak baru dapat diproses menjadi bubuk kopi ketika biji kopinya sudah dimakan dan menjadi kotoran luwak.

Hal yang membuat kopi luwak banyak diminati adalah citarasanya yang enak. Hal ini berkat adanya proses fermentasi yang dilakukan di dalam organ pencernaan luwak. Proses pencernaan ini membuat fermentasi biji kopi yang seharusnya berlangsung 5 hingga 8 tahun dengan cara biasa dapat dipersingkat.

2. Kopi Sidikalang

Kopi Sidikalang memiliki cita rasa yang enak bahkan ketenarannya disebut-sebut menyaingi Kopi Brazil. Kopi satu ini memiliki rasa dan aroma unik yang disebut-sebut berkat mineral yang berasal dari Bukit Barisan.

3. Kopi Toraja

Kopi Toraja merupakan tanaman kopi yang tumbuh dan berkembang di dataran tanah Sulawesi. Dengan berbagai pulau yang dimiliki Indonesia, tidak heran jika Indonesia termasuk dalam salah satu negara penghasil biji kopi terenak dan beraneka ragam di seluruh dunia.

Baca Juga  Memilih Asuransi Jiwa Terbaik Sesuai Kebutuhan Keluarga

Kopi yang berasal dari tanah Sulawesi tepatnya Toraja ini memiliki rasa earthy atau rasa membumi seperti hutan ataupun tanah. Justru, rasa unik ini telah menjadi trademark tersendiri bagi kopi Toraja. Ketika Anda menikmati kopi Toraja, mungkin Anda akan merasakan sedikit citarasa cokelat serta kacang. Citarasa cokelat maupun kacang ini berasal dari proses sangria kopi ini.

4. Kopi Wamena

Meski Kopi Wamena tidak termasuk ke dalam kopi dengan harga jual kopi murah, namun jika dapat merasakan sensasi rasa kopi ini tentu harga tidak menjadi masalah. Pasalnya, kopi Wamena memerlukan usaha yang cukup besar untuk dapat diperoleh. Kopi ini tumbuh secara organic dan alami di dataran tinggi Papua dengan ketinggian lebih dari 2.000 meter di atas permukaan laut. Bahkan, ada yang mengatakan proses pemanenan harus menggunakan helicopter. Namun, semua ini terbayar dengan rasa kopinya yang lembut, balance tidak terlalu manis dan asam.

5. Kopi Preanger

Ingin mencicipi kopi tertua di Indonesia? Maka kopi Preanger atau kopi Parahyangan ini merupakan kopi terbaik yang bisa dicicipi. Kopi ini berasal dari daerah pegunungan Parahyangan yang merupakan kebun kopi tertua di Indonesia. kopi ini menjadi sangat terkenal di era penjajahan Belanda karena citarasanya yang enak dan menggugah selera.

JD.ID, Tempat Jual Kopi Indonesia Murah Berkualitas

Ingin menikmati berbagai citarasa kopi asli nusantara namun takut kantong jebol? Tidak usah khawatir karena kini ada JD.ID yang sangat memahami kegelisahan para penikmat kopi. Jika Anda pergi ke kolom pencarian kopi di JD.ID, Anda bisa melihat berbagai diskon ditawarkan untuk seluruh produk jual kopi terbaru. Tidak hanya diskon, namun Anda juga bisa menikmati gratis ongkir.

Baca Juga  Berbagai Aksesoris Komputer dan Laptop Dengan Harga Murah di Jakmall!

Meluncur sekarang ke JD untuk dapatkan kopi favorit secara mudah.


Tagged ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *