Tips & Trik

Makanan yang Bisa Meredakan Hidung Tersumbat

Retnamudiasih.com – Memasuki musim penghujan, flu dan batuk merupakan salah satu penyakit yang banyak dialami oleh semua orang. Terkadang saat kita flu hidung juga ikutan tersumbat. Hidung tersumbat tentu sangat menggangu pernafasan kita. Bernafas tidak tenang dan jadi susah. Apalagi saat hendak tidur, rasanya tersiksa bener.

Saat hidung kita tersumbat, bernapas tentu menjadi suatu tantangan berat. Apapun penyebabnya — alergi, pilek, atau flu — sulit bernapas dapat membuat Anda cepat lelah dan kepayahan. Banyak orang yang mengira bahwa hidung tersumbat adalah akibat dari penggumpalan lendir di saluran hidung. Tapi, hidung tersumbat sebenarnya disebabkan oleh pembuluh darah sinus yang meradang.

Hidung memiliki jaringan pembuluh darah berkatup yang luas dan bisa membuka-tutup,” ujar Scott P. Stringer, MD, profesor THT di University of Mississippi Medical Center dan kepala direksi Rhinology and Paranasal Sinus Committee of the American Academy of Otolaryngology–Head and Neck Surgery. Saat hidung mengalami iritasi, sistem sarafnya juga terstimulasi, menyebabkan katup pembuluh darah terbuka. Hasilnya, semakin banyak darah yang mengalir ke dalam hidung. Kondisi ini menyebabkan pembengkakan di saluran hidung dan membuat Anda sulit untuk bernapas.

Tersiksa karena flu menyumbat hidung? Coba atasi dengan obat dan makanan dan minuman sehat, seperti sekian makanan dan minuman berikut ini.


1. Teh hangat

Teh hangat terutama teh hijau kaya flavonoid sebagai bahan anti inflamasi dan meningkatkan kekebalan tubuh. Minum teh hangat bisa meringankan hidung tersumbat dan berair, juga membuat tubuh rileks.

2. Madu

Madu adalah obat paling enak untuk mengatasi hidung tersumbat dan berair akibat pilek dan batuk karena mengandung sifat antibakteri dan antiinflamasi. Cara membuatnya pun juga mudah hanya dengan mencairkan dengan air hangat dan minum di pagi dna sore hari.

Baca Juga  5 Website Terbaik Untuk Translate Bahasa

3. Vitamin C

Vitamin C membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan menguatkan perlawanan tubuh terhadap penyakit. Karena buah-buahan asam mungkin bisa membuat tenggorokan iritasi, untuk memenuhi asupan vitamin C, bisa diganti dengan suplemen atau pil vitamin C.

4. Blueberry

Blueberry mungkin mahal namun jika kebetulan menemukannya di supermarket, tak ada salahnya mencoba makan blueberry karena kandungan antioksidan berupa vitamin C yang tinggi, sangat baik meringankan hidung tersumbat.

5. Bawang

Baik bawang putih dan bawang merah memiliki sifat antibakteri yang sangat baik melawan virus flu dan meredakan hidung tersumbat dan berair. Bisa dimakan mentah maupun dijadikan bumbu masakan seperti sup.

Itu sekian makanan dan minuman yang bisa dikonsumsi saat hidung tersumbat dan berair. Semoga bermanfaat.


Tagged , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *