Review Produk

Masker Untuk Kulit Kering dan Sensitif

Retnamudiasih.com – Salah satu masalah pada kulit kering dan sensitif adalah wajah terasa kaku dan mudah mengelupas karena terlalu kering oleh sebab itu terkadang kita butuh yang namanya masker untuk kulit kering dan sensitif sebagai solusinya. Kulit sensitif sendiri merupakan kondisi kulit yang mudah mengalami iritasi akibat reaksi berlebihan terhadap berbagai faktor, seperti udara atau bahan kimia dalam produk perawatan atau pembersih kulit. Untuk mencegah kekambuhannya, pemilik kulit sensitif perlu merawat kulit dengan baik dan ekstra hati-hati.

Biasanya Orang yang memiliki kulit sensitif sering kali merasakan keluhan pada kulit, seperti ruam, gatal, kering, beruntusan, hingga rasa terbakar atau perih pada kulit. Keluhan-keluhan tersebut umumnya muncul setelah kulitnya terpapar zat tertentu, atau udara yang kering dan dingin.


masker-untuk-kulit-kering
Source : google image

Kondisi seperti inilah yang sering mengganggu aktivitas seseorang yang memiliki kulit kering. Tidak heran bila pemilihan produk untuk kulit kering pun harus benar-benar yang bisa melembapkan wajah. Beberapa cara merawat kulit kering agar sehat, lembab, dan lembut, salah satunya dengan mencoba menggunakan masker untuk kulit kering :

  • Selalu lembapkan kulit.
    Setelah membersihkan wajah, sebaiknya gunakan handuk lembut untuk mengeringkan kulit, kemudian segera oleskan pelembap. Untuk wajah, gunakan pelembap yang khusus untuk kulit kering. Setelahnya, aplikasikan sunscreen sebagai perlindungan dari efek buruk sinar UV dari matahari.
  • Hindari air suhu panas saat membersihkan wajah.
    Terkadang saat membersihkan wajah kita tidak tahu suhu air jika terlalu panas. Air bersuhu panas bisa mengeringkan minyak alami kulit sehingga kulit pun bertambah kering. Maka sebaiknya gunakan air dengan suhu normal atau cenderung dingin. Untuk membantu menjaga kelembapan kulit, gunakan pembersih wajah khusus kulit kering yang formulanya lembut dan melembapkan.
  • Eksfoliasi.
    Minimal 1-2 kali seminggu kulit kering juga perlu eksfoliasi,. Gunakan produk eksfoliasi yang lembut dan aman untuk kulit kering dan sensitif. Hindari juga untuk menggosok terlalu keras untuk menghindari gesekan yang bisa mengiritasi kulit.
Baca Juga  Mengenali Beberapa Jenis Alergi Pada Anak & Solusinya

Selain itu juga ada bahan-bahan alami yang aman untuk kulit kering dan sensitif, antara lain :

1. Putih telur
Putih telur merupakan salah satu masker wajah yang bisa kita temukan di dapur. Buat kamu yang ga pengen ribet bisa memakai putih telur untuk melembapkan wajah serta mengatasi kulit kusam. Selain itu, putih telur juga bisa mengatasi masalah penuaan dan menghilangkan bekas luka. Cara memakainya juga gampang, cukup oleskan saja putih telur ke seluruh wajah dan diamkan sampai kering selama 25-30 menit. Setelah itu, cuci wajah sampai bersih dan rasakan hasilnya.

2. Lidah buaya
Tanaman lidah buaya ini ternyata buga bisa gunakan untuk masker. Lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang aman untuk kulit dan memiliki sifat mendinginkan, serta anti-inflamasi. Cara menggunakanya, kamu hanya perlu mengambil satu buah lidah buaya, hancurkan sampai halus, lalu oleskan gel lidah buaya pada wajah secara merata dan diamkan sampai kering selama 25 menit.

3. Masker avokad
Avokad selain enak di konsumsi ternyata bisa juga digunakan untuk masker. Avocad mengandung lemak, vitamin, dan antioksidan, yang bisa juga membantu melembapkan wajah kering. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, silahkan campurkan dengan yogurt, yang berfungsi mengangkat sel-sel kulit mati sehingga wajah terlihat lebih cerah. Cara membuatnya cukup mudah yaitu, 1 sendok makan dicampur dengan 1 sendok madu dan setengah buah avokad. Aduk sampai rata sampai bertekstur seperti pasta, lalu oleskan ke wajah selama 10-15 menit.

4 Pisang
Buah pisang mengandung vitamin, antioksidan, dan potasium. Kamu bisa menjadikannya masker wajah dengan mencampurkan pada madu dan sedikit perasan jeruk. Campuran ini tidak hanya memberikan kelembapan pada kulit kering kamu, tetapi juga bisa membuat wajah lebih cerah dan bersih.

Baca Juga  Teknologi Ramah Lingkungan, Upaya Menjaga Dunia Dari Kerusakan

5. Minyak Zaitun
Mungkin sudah bukan hal yang biasa, jika minyak zaitun memiliki banyak manfaat. Minyak Zaitun bisa kita jadikan masker wajah untuk memberikan kelembapan pada wajah. Cara memakainya hanya dengan menuangkan sedikit minyak zaitun di tangan, lalu pijatkan ke seluruh kulit wajah dan leher. Biarkan sampai meresap pada wajah untuk membuatnya lebih lembap.


Tagged

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *