Review Produk

Membedakan Online Shop Resmi Original dan Palsu

Retnamudiasih.comMembedakan Online Shop Resmi Original dan Palsu. Seiring berkembangnya zaman, tentu anda tahu bahwa masyarakat Indonesia semakin banyak yang menggunakan internet. Sebenarnya meningkatnya jumlah penggunaan internet ini tidak hanya terjadi di Indonesia saja melainkan di seluruh dunia. Hal ini tentu saja yang menjadikan banyak sekali alasan Untuk memicu bagi kebanyakan bisnis bisnis yang banting stir dan mulai beralih ke pemasaran online.

online shop resmi original
Sumber Gambar : Unsplash

Termasuk yang terjadi di Indonesia, banyak sekali toko dan juga tempat berbelanja yang akhirnya memilih untuk menggunakan sistem online. Bahkan mereka bukan hanya ada di kota besar saja namun sudah merambah ke kota-kota kecil yang ingin mengembangkan produk atau karya mereka agar bisa dibeli oleh masyarakat secara luas. Jelas hal ini dapat membantu UMKM berkembang menjadi lebih baik lagi, apalagi semua sekarang bisa mengakses internet meskipun ada di desa.

Sumber Gambar : Unsplash

Hal ini berkaitan juga dengan banyaknya kemudahan dan juga keuntungan yang bisa ditawarkan untuk melakukan bisnis atau belanja secara online, baik pembeli maupun penjual merasa sama-sama beruntung dan juga mendapatkan kesenangan yang berbeda, ketika memutuskan untuk melakukan sistem belanja online.

Cara Membedakan Online Shop Resmi Original dan Palsu

Dalam artikel ini, kita bahas mengenai online shop resmi original serta tips atau cara membedakan toko online terpercaya dan juga toko online palsu. Mengingat banyak sekali kejadian atau hal-hal yang berkaitan dengan penipuan yang terjadi di Indonesia dengan menggunakan.


1. Kontak yang Jelas

Hal pertama yang bisa anda lihat adalah mencantumkan contact person yang jelas dan juga detail. Di mana banyak sekali toko online yang tidak resmi ataupun palsu hanya menampilkan nomor whatsapp atau nomor SMS saja. Sedangkan beberapa kasus, nomor tidak bisa ditelepon atau bahkan nomor tersebut bodong alias tidak terdaftar. Berbeda dengan situs asli, untuk situs belanja resmi mereka biasanya mencantumkan website secara resmi kemudian nomor kontak yang bisa dihubungi.

Baca Juga  Berbagi Tips Saat Berburu Tiket Lebaran di Traveloka Agar Harga Lebih Murah

Bahkan biasanya mereka menyediakan lebih dari 1 kontak yang bisa dihubungi. Kemudian tempat yang bisa dikunjungi meskipun toko online tersebut tidak dalam berbentuk toko, namun hanya perusahaan rumah biasa atau pabrik rumah biasa. Namun jika online shop tersebut resmi mereka akan menampilkan alamat secara jelas kalau saja para pembeli. Mereka ingin mengunjungi tempat produksi ataupun tempat berjualan secara offline.

2. Web Palsu dan Web asli

Tips selanjutnya untuk membedakan bagaimana melihat toko online yang resmi atau asli dan juga toko yang palsu, biasanya terlihat dari sistem pembelian ataupun sistem pelayanan. Umumnya toko yang ecek-ecek mereka akan mencoba untuk memberikan pelayanan secara maksimal, namun tidak jelas mereka hanya bermodalkan kata-kata yang manis ataupun pelayanan marketing saja.

Toko online yang tidak resmi ataupun palsu juga seringkali memberikan jawaban yang sangat cepat dan mengiyakan berbagai kebutuhan yang diberikan oleh konsumen. Padahal meskipun toko online memiliki atau menyediakan bahan yang cukup lengkap. Namun bukan berarti toko online bisa menjawab atau menyediakan berbagai kebutuhan yang anda inginkan secara cepat dan juga kilat. Anda harus melihat Bagaimana sistem tersebut berjalan, Sehingga anda bisa tahu bahwa tokoh tersebut terpercaya. Jika toko tersebut online dan resmi mereka professional dan memiliki jam kerja serta pelayanan yang jelas.

3. Strategi Marketing yang Wajar

Selanjutnya cara membedakan online shop resmi original dan juga yang palsu adalah melihat harga yang diberikan. Umumnya banyak para pembeli atau para pengguna belanja online baru pasti akan tergiur dengan strategi Marketing seperti harga yang murah. Namun perlu Anda ketahui bahwa promo atau diskon yang diberikan Tentu saja tidak terlalu jauh ataupun memberikan harga yang tidak masuk akal.

Baca Juga  Rasanya Kontraksi Saat Akan Melahirkan, Ciri-ciri dan Cara Mengatasinya

Misalnya saja umumnya Anda membeli sebuah produk dengan harga kurang lebih Rp100.000, maka toko online yang resmi dan terpercaya mungkin akan memberikan potongan harga dan juga diskon sebesar Rp10.000 atau 10% saja. Sehingga anda hanya membeli produk dengan Harga Rp80.000 sampai Rp90.000. Namun toko online palsu yang menjual berbagai produk tidak berkualitas atau bertujuan untuk menipu mereka akan memberikan harga yang sangat jauh lebih murah. Misalnya saja produk tersebut dijual dengan harga Rp20.000 saja. Tentu saja konsumen ada harus bisa memahami makna tokoh yang asli dan juga mana yang tidak meskipun ada promo atau strategi marketing yang seperti itu.

4. Sistem Pembayaran

Belanja online yang menyediakan berbagai keuntungan salah satunya adalah menyediakan cara pembayaran yang berbeda dengan toko offline. Anda bisa membayar dengan cara transfer ataupun kredit sehingga mempermudah para pembeli untuk menyicil barang dengan harga yang cukup besar. Namun bagi toko yang palsu ataupun yang tidak terpercaya, mereka biasanya menyediakan sistem kredit yang tidak masuk akal atau aneh.

Misalnya saja nominal pembayaran yang harus anda beli adalah Rp 1.000.000 dan bisa dicicil dalam waktu 10 bulan, anda hanya tinggal membayar sekitar Rp 90.000 atau Rp 100.000 saja. Hal tersebut merupakan salah satu sistem yang tidak mungkin terjadi, mengingat setiap anda melakukan kredit pasti toko akan mendapatkan keuntungan atau mengambil pajak dari kredit tersebut. Maka anda harus membayar kredit lebih besar dibandingkan total dari biaya jika Anda membeli secara tunai. Hal tersebut sudah lumrah dan menjadi hukum ekonomi yang ada. Jika ada salah satu toko yang menyediakan hal tersebut maka anda menolaknya.

Baca Juga  5 Keunggulan All New Honda Beat yang Sangat Sayang untuk Dilewatkan

5. On selama 24 Jam

Lagi online shop resmi original yang bagus dan juga terpercaya seperti ilotte.com. Tentu saja memberikan layanan 24 jam merupakan hal yang sangat tidak mungkin, karena selayaknya toko offline. Meskipun Anda bisa mengaksesnya selama 24 jam tetapi bukan berarti Anda bisa melakukan transaksi atau mendapatkan kiriman barang dalam waktu tengah malam atau sudah larut.

Toko resmi dan professional tentunya memiliki jam kerja yang sangat jelas. Misalnya saja buka dari senin sampai sabtu mulai dari jam 8 pagi hingga Jam 9 malam. Kemudian Sabtu dan juga minggu biasanya setengah hari. Namun bagi toko yang tujuannya untuk menipu atau pun mengirimkan barang yang tidak jelas, maka mereka akan membuka layanan selama 24 jam selama produk korea mereka terjual atau toko mereka diakses dengan baik oleh banyak pembeli untuk itu hati-hati dengan tokoh yang memiliki layanan.

6. Testimoni Palsu

Cara terakhir untuk membedakan bagaimana melihat online shop resmi original dan juga online shop yang menyediakan barang tidak original ataupun online shop yang menipu adalah testimonial yang palsu. Biasanya banyak konsumen yang sudah pintar yang melihat bagaimana ulasan toko tersebut dari para pembeli, atau orang lain. Namun anda harus bisa melihat mana testimonial yang asli dan yang palsu. Umumnya untuk testimonial asli biasanya tidak akan mencatut atau mengambil dari toko lainnya yang sudah pernah. Bahkan ada beberapa toko yang menggunakan hak cipta resmi tersebut. Selain itu testimonial palsu biasanya menggunakan orang-orang yang sebenarnya aku punya palsu atau tidak ada di toko online tersebut. Sehingga Anda harus hati-hati dengan ulasan seperti ini.


Tagged , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *