Wisata Alam

Mencari Laguna di Pantai Wediombo

Retnamudiasih.com – Jum’at (3/3/2017) Pukul 14.00 kami (saya, mas Eksyam, mas Anggi) berangkat dari Kaliurang menuju ke daerah Gunungkidul via Ringroad utara. Meski cukup jauh kami lebih memilih melewati jalan ini karena menghindari macet.

Tujuan kami hari ini adalah Pantai Wediombo. Pantai ini terletak di Kabupaten Gunung Kidul. Tepatnya terletak di Desa Jepitu Kecamatan Girisubo, Gunungkidul. Posisinya ada di paling ujung timur setelah Pantai Siung. Kira – kira hampir memasuki perbatasan antara Provinsi D.I.Y dengan Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa tengah. Sehingga perjalanan yang kami lalui cukup jauh. Jika dihitung jarak pantai sampai ke Kota Jogja kurang lebih 80 Km. Estimasi waktu perjalanan sekitar 2 jam berkendara.

***

Sekitar pukul 16.20 kami telah sampai di area parkir Pantai Wediombo. Aroma khas laut sudah cukup terasa di tempat ini. Selain itu kita juga bisa melihat pemandangan pantai dari ketinggian. Sebelum olahraga sore (menuruni anak tangga) terlebih dahulu kami mengeluarkan amunisi. Alias boker..hahhahaha

laguna_pantai_wediombo3
Siap-siap menuruni tangga #eaakk

Selain berpasir putih, belasan pantai di Gunungkidul memiliki kekhasan masing-masing. Salah satu pantai yang indah dan unik di kabupaten ini adalah pantai Wediombo. Pantai Wediombo merupakan salah satu pantai yang memiliki garis pantai terpanjang diantara pantai lainya yang ada di Gunungkidul. Pantai ini juga memiliki banyak karang yang berukuran besar. Barangkali karena saking panjangnya itu kali ya, makanya disebut Wediombo. 😀


laguna_pantai_wediombo6
Berasa pantai sendiri, sepi oyyy…

Wediombo menyuguhkan pemandangan pantai yang cantik, air lautnya berwarna biru. Pasir putihnya masih sangat terjaga, dihiasi cangkang-cangkang yang ditinggalkan kerangnya. Suasana pantai juga sangat tenang, jauh dari riuh wisatawan yang berjemur atau lalu lalang kendaraan. Tempat yang tepat untuk melepas jenuh.

Baca juga : Candi Arjuna Sedang RenovasiBelajar Memotret Landscape Di The Lost World CastleIni Panorama Candi Mendut, Perjalanan Menuju Golden Sunrise Sikunir 

laguna_pantai_wediombo2
Bertemu warga sekitar yang sedang mencari ikan.

****

Baca Juga  Liburan Berkesan di Berbagai Tempat Wisata Surabaya

Gradasi warna air biru laut dengan pasir putih berpadu dengan gugusan karang hitam mengkilat memanjakan mata. Ditambah lumut – lumut berwarna hijau yang hidup menempel di antara bebatuan.

laguna_pantai_wediombo1
Amazing!!

***

Selain itu keindahan pantai yang begitu kami kagumi, ada satu hal lagi yang membedakan pantai ini adalah keberadaan kolam alami atau wisatawan sering menyebutnya laguna yang bisa digunakan para wisatawan untuk berenang. Kolam ini berada di pinggir pantai yang dipisahkan oleh batu karang.

Kebetulan tak hanya kami saja yang memburu laguna tersebut, beberapa orang yang kemarin datang ke Wediombo dengan kami juga menanyakan letak Laguna Wediombo tersebut? nah klo mbaknya nanyak saya, sementara saya juga ndak tau, trus saya mesti nanyak siapa? batu karang? hahhhh..Okelah, akhirnya saya nanyak mas-mas warga sekitar.

Saya : Mas, permisi. Mau nanyak, lagunya disebelah mana ya mas?
Mas2 : Oh, disebelah ujung sana mb (sambil nunjuk ke arah laguna) nanti mbak nya jalan trus saja menuju arah sana, ada bebatuan, trus ambil kanan, ikuti jalan itu ya mak.
Saya : siyaappp mas, makasih yaa..
Mas2 : sama2 mbak..

Akhirnya setelah mendapatkan informasi yang cukup detail dari mas-mas tadi, dengan pedenya saya berjalan menuju arah yang tadi disebutkan oleh mas-nya, well, tak lupa saya juga turut menghampiri mbak-mbak yang tadi nanyak buat sekilas info..hahaha

laguna_pantai_wediombo4
Jalan menuju Laguna, banyak bebatuannya oyy…

***

Laguna ini berada di batu karang yang letaknya paling ujung timur. Kita harus berjalan kaki menyusuri pantai atau bisa juga melewati sebuah jalan setapak menaiki bukit. Laguna ini terbentuk akibat air laut yang terperangkap di cekungan batu karang saat ombak tinggi menerjang jajaran karang di Wediombo. Laguna Wediombo memiliki kedalaman kurang lebih satu setengah meter. Tempat ini menjadi spot favorit saat wisatawan mengunjungi pantai ini.

Baca Juga  Tempat Wisata Semarang yang Populer dan Wajib Dikunjungi
laguna_pantai_wediombo5
Akhirnya nemu juga dimana lagunya 😀

Di laguna ini kita bisa bermain air lebih aman daripada bermain di tepi pantai yang memiliki ombak yang cukup besar. Meskipun demikian, kita harus tetap berhati-hati saat bermain air atau berenang di laguna.

Kunjungi juga channel youtube @Retna Mudiasih

https://youtu.be/cG3iRQfSPZE

Tidak terasa hari sudah menjelang malam. Kami bergegas untuk pulang. Namun sebelum pulang kami tidak mau melewatkan momen matahari terbenam di Pantai Wediombo. Beruntung, sunset sore itunya sangat cantik. Senang rasanya bisa mengantar sang matahari kembali keperaduan.


Tagged ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *