Tips & Trik

Menu Masakan Vegetarian Sehari-hari Bergizi dan Simple

Retnamudiasih.com – Kalau ditanya kamu vegetarian ya? temen saya langsung deh jawab buat diet, tapi kadang ada juga nih yang memang vegetarian aseli bukan untuk sekedar diet, jadi doi memang bener-bener suka makan sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, atau buah-buahan sebagai bahan dasarnya. Bagus sih menurut saya karena di dalamnya penuh dengan nutrisi dan serat sehingga sangat sehat untuk dimakan.

menu-vegatarian-bergizi
Source : bp-guide

Nah buat kamu nih yang ingin mencoba masakan vegetarian sehari-hari yang tentunya bergizi dan simple cara bikinnya, tidak perlu ambil pusing karena daftar masakan vegetarian di bawah ini tidak kalah nikmatnya dari salad dan makanan lainnya. Bahannya pun terjangkau, mudah dibuat, dan yang pastinya mengandung gizi seimbang yang baik bagi tubuh.Contoh masakan vegetarian yang populer adalah salad. Di dalamnya terdapat sayuran, buah, atau campuran keduanya sehingga rasanya semakin segar. Yuk mari kita cek, apa saja daftar masakan vegetarian yang unik dan sehat untuk melengkapi kebutuhan nutrisi Anda setiap hari.

Pepes Tahu, Tempe, dan Jamur

Ini enak banget serius, siapa yang gak doyan pepes? Pepes biasanya berbahan dasar ikan. Dalam pembuatannya, ikan dicampur dengan bumbu, dibungkus dengan daun pisang, dikukus, kemudian dibakar. Aroma daun pisang yang khas akan menerbitkan selera makan tentunya. Cocok dimakan sebagai pendamping nasi. Namun untuk menu vegetarian, ikan diganti dengan bahan tahu, tempe, atau bahkan jamur. Makanan ini tetap bernutrisi tinggi karena kandungan protein di dalamnya.

Sup Krim Jagung


Dari bahannya sendiri, sup krim jagung merupakan satu sajian vegetarian yang memiliki rasa oriental. Teksturnya kental, rasanya gurih, serta penuh nutrisi. Bisa dinikmati secara langsung tanpa makanan lainnya atau bisa juga menjadi pelengkap nasi atau roti. Hidangan ini bisa jadi pilihan Anda untuk sarapan atau saat cuaca dingin.

Baca Juga  Cara Membuat Watermark Dengan Photoshop

Sup krim jagung sangat cocok untuk menjaga kesehatan pencernaan. Selain itu bisa menambah selera atau nafsu makan bagi orang yang sedang dalam pemulihan kesehatan dan tidak ingin makan makanan yang bertekstur terlalu keras atau tebal.

Gado-gado

Gado-gado memiliki rasa yang khas serta dapat ditemui di banyak tempat. Di dalamnya terdapat sayuran seperti kentang, telur rebus, tahu, dan tempe, kemudian dilumuri saus kacang. Biasanya disajikan dengan tambahan lontong.

Cara membuatnya pun mudah. Kamu hanya cukup merebus semua bahan sayuran hingga matang lalu sajikan dengan saus kacang. Tambahkan pula kerupuk dan bawang goreng agar lebih nikmat. Kandungan di dalamnya cukup lengkap terdiri dari serat, vitamin, mineral, serta karbohidrat. Lezat dan sehat, kan?

Opor Tahu Tempe

Bukan hanya sebagai menu saat lebaran tiba nih. Opor identik dengan menggunakan bahan daging ayam. Untuk masakan vegetarian, bahan di dalamnya diganti dengan tahu atau tempe. Kedua bahan makanan tersebut memiliki protein tinggi sehingga bisa diandalkan oleh penganut vegetarian maupun bukan vegetarian. Sebagai vegetarian, mengonsumsi opor tahu tempe akan menambah variasi masakan sehari–hari.

Plecing Kangkung

Banyak ditemukan jika kita makan di resto-resto sebagai salah satu sayur andalan. Masakan ini berbahan dasar kangkung yang direbus. Dihidangkan dengan sambal tomat dan perasaan limau. Kangkung yang digunakan adalah kangkung air yang berukuran lebih besar dan lebih renyah teksturnya. Plecing kangkung bisa dijadikan sebagai makanan pendamping nasi atau langsung dimakan begitu saja.

Vegan Drum Stick

Masakan yang satu menggunakan bahan utama jamur tiram dan dibentuk menyerupai drum stick yang dibalut dengan tepung roti. Rasanya tentu juga tidak kalah dengan drum stick yang terbuat dari daging ayam. Selain itu, bagi para vegetarian yang mungkin rindu ingin mencicipi kenikmatan rasa daging ayam, vegan drum stick sangat pas dijadikan lauk–pauk. Selain gurih dan renyah, makanan ini juga sangat bernutrisi tinggi tanpa harus khawatir berat badan meningkat saat mengonsumsinya.

Baca Juga  Teknologi : 3 Kamera Mirrorless Keren Tahun 2017

Urap

Sajian yang simpel ini biasanya tidak pernah absen dalam acara syukuran karena dianggap melambangkan kegembiraan dan rasa syukur dalam kesederhanaan. Urap terdiri dari aneka sayuran seperti kacang panjang, taoge, dan kol yang dikukus. Sayuran ini kemudian dicampur dengan parutan kelapa yang dibumbui. Rasanya? Tetap enak dan bergizi pastinya.

Pecel

Orang Indonesia pasti kenal dengan masakan ini. Makanan ini berisi sayuran yang dikukus atau direbus. Sambalnya terbuat dari kacang dan cabai yang dihaluskan sehingga membuat rasanya tetap gurih dan nikmat. Biasanya disajikan dengan rempeyek kacang, tahu, dan tempe.


Tagged , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *