Wisata Pantai

Merasakan Sensasi Gurun Sahara di Gumuk Pasir Parangkusumo

Retnamudiasih.com – Gurun Sahara adalah nama sebuah padang pasir terbesar di dunia. Merupakan padang pasir yang sangat luas, dan terletak di utara Afrika dan berusia 2,5 juta tahun. Sahara terletak di utara Afrika dan berusia 2,5 juta tahun. Padang pasir ini membentang dari Samudra Atlantik ke Laut Merah. Dari Laut Tengah di utara sampai ke Sahel di sebelah selatan. Dari Mauritania di sebelah barat ke Mesir di sebelah timur. Padang pasir ini membagi benua Afrika menjadi Afrika Utara dan Afrika “yang sejatinya”. Kedua bagian benua ini sangat berbeda, baik secara iklim maupun budaya. Luas padang pasir ini sekitar 9.000.000 km2.

Jika di Afrika terdapat sebuah Gurun Sahara, di Indonesia juga ada, namanya Gumuk Pasir Parangkusumo. Lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo ini adalah di antara Pantai Parangtritis dan Pantai Depok. Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Adanya Gumuk Pasir tersebut terbuat secara alami oleh alam.


senja_di_gumuk_pasir_parangkusumo

Yang membuat ngehits tempat wisata ini adalah, karena selain kita dapat menikmati sensasi gurun sahara dengan pemandangan yang membentang indah, kita juga bisa merasakan bermain ski diatas pasir. Atau lebih kerennya sih cukup dikenal dengan nama Sanboarding saja, Kalian bisa mencoba bermain sandboarding di atas gundukan pasir yang tingginya beberapa meter! hmm..berani mencoba?

Merasakan_Sensasi_Gurun_Sahara_di_Gumuk_Pasir_Parangkusumo

Yang membuat gumuk pasir berasa Gurun Sahara ini adalah, ketika siang hari suhu di Gumuk Pasir Parangkusumo ini akan sangat panas, oleh sebab itu saya sarankan jika tidak ingin kaki kalian kepanasan, lebih baik datang di waktu sore hingga matahari terbenam.

gumuk_pasir_parangkusumo

Cara paling mudah adalah memulai perjalanan dari kota Yogyakarta. Cari saja arah ke selatan,
lewat jalan Parangtritis. Memang lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo searah dengan jalan menuju pantai Parang Tritis. Kalau sudah berada di Jalan Parangtritis, untuk menuju ke Gumuk Pasir Parangkusumo tinggal lurus saja hingga kalian menemukan Pantai Parangtritis. Bayar tiket masuk kawasan wisata Parangtritis sebesar IDR 3000 per orang. Dan teruskan perjalanan karena Gumuk Pasir Parangkusumo berada tidak jauh dari loket tadi dan berada tepat di pinggir jalan raya.

Baca Juga  Dan Kami Pernah Berjodoh Dengan Senja Di Pantai Cemara Sewu

Tagged ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *