Tips & Trik

Trik Anti Repot Liburan Naik Kereta Api Bareng Anak-Anak

Retnamudiasih.com – Banyak orang yang telah berkeluarga memutuskan untuk jarang liburan karena merasa kerepotan mengajak anak-anak. Sebenarnya anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar lho. Kamu bisa tetap menikmati momen liburan sambil mengajak anak-anak jika kamu sudah paham triknya. Bahkan, kamu juga dapat memanfaatkan moda transportasi umum seperti kereta api saat berlibur.

Trik_Anti_Repot_Liburan_Naik_Kereta_Api_Bareng_Anak_Anak
Trik_Anti_Repot_Liburan_Naik_Kereta_Api_Bareng_Anak_Anak

Kalau sudah tak sabar ingin berlibur bersama anak-anak atau keponakan yang masih kecil, yuk simak dulu ulasan trik berikut ini agar kamu bisa lekas mencobanya:

Memesan Tiket Kereta Api Sejak Jauh Hari

Trik pertama yang patut kamu lakukan saat ingin liburan naik kereta api bersama anak-anak adalah memesan tiket sejak jauh hari. Kini, kamu tidak perlu repot mengunjungi stasiun untuk membeli tiket sebab kamu bisa melakukan pemesanan secara praktis melalui Traveloka. Kamu tinggal mengakses website atau aplikasi Traveloka untuk mencari tahu tentang harga tiket kereta api Jakarta Bandung atau destinasi lainnya.

Memesan tiket kereta api sejak jauh hari membuatmu berpeluang mendapatkan harga tiket yang lebih murah. Sistem Traveloka akan membantu mencarikan tiket dengan harga dan jadwal terbaik untukmu sehingga momen liburan bisa diwujudkan sesuai rencana.


Memilih Posisi Tempat Duduk yang Nyaman

Hal berikutnya yang tak boleh luput dari perhatianmu adalah proses memilih tempat duduk. Pastikan kalau kamu memilih posisi tempat duduk paling nyaman agar anak-anak tidak rewel ketika naik kereta api. Hindari tempat duduk yang dekat dengan toilet dan sambungan rel karena biasanya lokasi tersebut sering dilewati banyak orang atau berbau tidak sedap. Jika kamu memesan tiket kereta api sejak jauh hari, maka kamu lebih leluasa memilih letak kursi sehingga bisa mendapatkan posisi terbaik.

Baca Juga  6 Situs Penyedia Gambar dan Foto Gratis dengan Resolusi HD

Menyortir Barang Bawaan agar Tidak Berlebihan

Tak dapat dipungkiri kalau berlibur bersama anak-anak naik kereta api cukup menyita tenaga karena kamu harus fokus menjaga si kecil. Untuk meminimalkan kerepotan, sebaiknya kamu menyortir barang bawaan sebelum berangkat. Jangan membawa barang-barang yang kurang penting untuk mengurangi muatan di tas atau koper. Kamu pasti merasa lebih leluasa menjaga anak-anak jika barang bawaan tidak terlalu banyak.

Mendatangi Stasiun Lebih Awal di Hari Keberangkatan

Berlibur bersama anak-anak memang membuatmu harus melakukan persiapan ekstra secara cermat. Salah satunya yaitu datang ke stasiun lebih awal pada hari keberangkatan. Hal sederhana ini penting untuk mengantisipasi kejadian tak terduga, misalnya macet parah atau anak rewel ingin ke toilet. Jangan sampai rencana liburan jadi gagal hanya karena kamu terlambat tiba di stasiun, ya.

Menyiapkan Bekal Makanan dan Minuman yang Cukup

Anak-anak biasanya mudah rewel saat harus menempuh perjalanan jauh selama liburan.
Namun, kamu tak perlu panik sebab ada cara untuk menyiasatinya, yaitu menyiapkan bekal
makanan dan minuman yang cukup. Ketika anak-anak mulai terlihat kurang nyaman atau
lapar, berikan bekal tersebut supaya anak kembali tenang.
Sebaiknya kamu memilih jenis bekal yang mudah disantap dan tidak gampang tumpah,
seperti biskuit, roti, atau buah-buahan yang tidak mengandung banyak air. Pastikan bahwa
anak-anak makan dengan benar agar tidak ada sisa makanan dan minuman yang tercecer
hingga mengotori kereta api.

Membawa Benda Kesayangan Anak

Selain makanan dan minuman, kamu juga wajib membawa benda kesayangan anak untuk
mengatasi kebosanannya. Benda-benda berupa boneka, bantal, atau mainan adalah solusi
terbaik untuk menjaga ketenangan si kecil selama menempuh perjalanan naik kereta api.
Ajaklah anak-anak bermain dengan benda kesayangannya sehingga fokusnya teralihkan dan
tidak rewel lagi.

Baca Juga  5 Investasi Jangka Panjang yang Menguntungkan

Mengajak Anak Melihat Pemandangan di Jendela

Kegiatan menyenangkan lainnya yang bisa dilakukan bersama anak-anak saat naik kereta api adalah menikmati pemandangan di jendela. Pada umumnya, anak-anak akan merasa excited ketika menyaksikan pemandangan di jendela kereta api. Momen ini juga dapat kamu manfaatkan untuk mengajarkan hal-hal sederhana kepada anak-anak, misalnya memperkenalkan jenis-jenis kendaraan yang ada di jalan raya. Rasa bosan ketika menempuh perjalanan jauh akan teratasi dengan pemandangan menarik yang dilihat selama naik kereta api.

Membawa Anak-Anak Berkeliling Gerbong

Satu trik lagi yang bisa kamu praktekkan saat menghadapi anak-anak yang mulai bosan di kereta api adalah mengajaknya berkeliling gerbong. Cara sederhana ini sangat ampuh mengusir rasa bosan karena anak berkesempatan melihat-lihat pemandangan yang berbeda dengan gerbong yang kamu tempati. Kamu juga bisa mengajak si kecil mengunjungi gerbong restorasi untuk membeli camilan atau minuman hangat. Kalau ingin mencoba trik ini, kamu harus melakukannya dengan benar agar tidak mengganggu ketenangan gerbong dan kenyamanan penumpang lainnya, ya.

Bila kamu sudah merasakan pengalaman pertama liburan bersama anak-anak naik kereta api, niscaya kamu tak kapok melakukannya lagi di lain kesempatan. Anak-anak yang terbiasa diajak bepergian naik kereta api akan bersikap lebih tenang sehingga perjalanan liburan pun makin menyenangkan.


Tagged ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *