Wisata Alam

Pantai Meganti, Salah Satu Pantai Terindah di Kebumen

Retnamudiasih.com – Di wilayah selatan Kebumen, tepatnya Kecamatan Ayah, ada satu pantai legendaris yang berparas indah dan juga eksoris. Pantai ini terletak di balik perbukitan yang berliku-liku, menghadap ke laut selatan Jawa. Namanya Pantai Meganti!

Pantai_menganti
Sumber foto google

Pantai ini memiliki garis pantai yang cukup panjang. Terdapat dua area pantai, satunya berpasir putih dimana perahu nelayan berjejer bercorak kebiruan. Sementara di sebelah barat, pantai dengan pasir berwarna kehitaman dimana banyak ditemukan nyiur melambai.


Ketika cuaca sedang bersahabat, landscape di pantai ini akan tampak eksotis. Memandang ke bagian atasnya, bukit cadas seolah menjadi dinding pembatas antara daratan dan lautan. Tinggi menjulang kehijauan beraneka tumbuhan. Memanjang sampai ke bagian ujung.

***

Gulungan ombak yang cukup tinggi. Terdapat batu-batuan alami yang juga berguna sebagai penghalang abrasi. Adanya bebatuan tersebut, membuat banyak kubangan seperti kolam kecil. Di area inilah, banyak wisatawan bermain-main air dengan pelampung sewaan berbentuk selancar.

pantai_meganti_sumber_kompas_travel
Sumber foto google

Fasilitas yang tersedia cukup lengkap, seperti kamar mandi, Warung Makan, Tempat Parkir, Home Stay, Villa, Mushola, MCK, TPI.

Area parkiran kendaraan yang lapang. Angkutan bak terbuka siap mengantarkan wisatawan ke beberapa titik pesona lainnya, seperti Tanjung Karang Bata, mercusuar dan Jembatan Merah.

Rute
Pantai ini berlokasi kurang lebih 35 Km dari Kota Gombong dan 42 Km dari Kota Kebumen. Pantai Menganti bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi. Belum ada transportasi umum yang bisa menuju Pantai Menganti, karena wilayah pantai ini masih sulit dijangkau karena lokasinya yang berada di balik perbukitan karst dan hutan kawasan Kedu selatan serta jalannya yang cukup curam dan berkelok.

Jika dari Kota Kebumen atau Gombong ambilah rute menuju ke Pantai Karanbolong. Kemudian terus melaju ke barat ke arah Cilacap hingga menemukan Desa Karangduwur. Jika dari Jakarta, Kamu bisa naik kereta api ke arah Jogja lalu turun di Stasiun Gombong terlebih dahulu.

Baca Juga  5 Alasan Mengapa Bintan Jadi Magnet Resorts Mewah


Tagged , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *