Ceritaku

Pengalaman Senam Hamil di RS Queen Latifa Jogja

Retnamudiasih.comPengalaman Senam Hamil di RS Queen Latifa Jogja. Kesadaran akan tubuh yang sehat dan bugar, membuat kita mengupayakan berbagai cara baik dengan makan teratur, istirahat yang cukup, serta olah raga. Dengan tubuh yang sehat, tentu ibu hamil tetap dapat menjalankan tugas sehari-hari, minimal dengan rajin berolahraga atau senam dapat mengurangi rasa cemas ataupun stress menjelang persalinan. Jadi disini nih, Saya mau berbagi cerita tentang Pengalaman Senam Hamil di RS Queen Latifa Jogja.

Pengalaman Senam Hamil di RS Queen Latifa Jogja

Well, dengan mengikuti senam hamil secara teratus dan intensif, ibu hamil dapat menjaga kesehatan tubuh dan janin yang dikandung secara optimal. Senam hamil juga dapat terapi latihan gerak untuk mempersiapkan ibu hamil secara fisik atau mental, pada persalinan cepat, aman, dan spontan. Selain untuk menjaga kebugaran, senam hamil juga diperlukan untuk meningkatkan kesiapan fisik dan mental calon ibu selama proses persalinan.


Manfaat dari Senam Hamil, antara lain:

  • Menguasai teknik pernafasan : Ini penting bangets bu ibuk. Latihan pernafasan sangat penting sekali karena suntuk mendapatkan oksigen, sedangkan teknik pernafaan dilatih agar ibu siap menghadapi persalinan.
  • Memperkuat elastisitas otot : Memperkuat dan mempertahankan elastisitas otot-otot dinding perut, sehingga dapat mencegah atau mengatasi keluhan nyeri di bokong, di perut bagian bawah dan keluhan wasir. Sering kan ya saat hamil kita mengeluh sakit punggung, hal tersebut sangat wajar, nah dengan senam kita dapat mengurangi rasa sakit tersebut.
  • Melatih relaksasi : Relaksasi itu penting banget, nah biar apa? kalau waktu melahirkan kita panik, bisa jadi malah berabe. Sebisa mungkin kita relax yaa. Proses relaksasi akan sempurna dengan melakukan latihan kontraksi dan relaksasi yang diperlukan untuk mengatasi ketegangan atau rasa sakit saat proses persalinan.
  • Menghindari kesulitan : Senam ini membantu persalinan sehingga ibu dapat melahirkan tanpa kesulitan, erta menjaga ibu dan bayi sehat setelah melahirkan.
Baca Juga  Menjaga Kesehatan Itu Penting dilakukan Sejak Dini

Pengalaman Senam Hamil di RS Queen Latifa Jogja

Kalau ada yang tanya tempat senam di Jogja dimana ya? RS.Queen Latifa bisa jadi jawaban anda. Pertama kali ke sini awal mulanya karena mengingat usia kandungan yang sudah memasuki trimester 3 sekitar 7 bulanan. Saat itu galau banget cari tempat senam di Jogja yang deket rumah, akhirnya browsing di Internet cari sana sini. Sebenarnya ada banyak pilihan, antara lain : JIH, Sadewa, Sakina Idaman, AMC, Happy Land. Saya cari yang paling dekat dengan rumah, dan akhirnya dapat deh, RS.Queen Latifa.

Awalnya Saya kontak dulu tanya informasi via WA tentang senam hamil yang diadakan disana.  Kemudian tak lama berselang dapat jawaban sebagai berikut :

Selamat siang juga ibu… Untuk senam hamil disarankan untuk trimester 3 ( usia kehamilan diatas 7 bulan). Untuk mengikuti senam, langsung datang ke QL saja ibu, langsung ke pendaftaran, nanti sama pendaftaran akan diarahkan ibu. Untuk jadwalnya setiap hari Jum’at Jam 08.00 dan hari Sabtu Jam 15.30 Untuk Tarifnya Rp 10.000 / Kedatangan.

* * *

Alamat RS Queen Latifa

Jum’at pagi Saya ke RS Queen Latifa yang terletak di Jl. Ringroad Barat No.118, Mlangi, Nogotirto, Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55294. Sudah lengkap dengan kostum senam pagi itu, eh tapi sampai sana saya lihat sepi-sepi aj tempatnya, trus saya cek lagi di grub WA saya untuk memastikan. Bener ko nggak salah jadwal, yaudin daripada salah Saya nanya di bagian informasi tentang senam hamil. Dan ternyata memang ada, hanya saja instruktur dan pesertanya pada belum datang, oke..berati saya yang kepagian waktu itu, saking semangatnya… hahahaha

Btw.. akhirnya setelah beberapa menit menunggu. Instruktur senam (Bu SUKMA) melakukan absensi sekaligus cek tensi tiap peserta. Memang sih pesertanya tidak banyak, tiap session kadang hanya 3-4 orang dan paling banter nih 6 orang waktu itu. Untuk durasi senamnya sendiri kurang lebih satu jam. Tempatnya di Gazebo (semi outdoor) jadi nggak perlu AC, udah seger banyak pepohonan disana.

Baca Juga  7 Daftar Isi Seserahan Pernikahan Adat Jawa

* * *

Overall, sangat memuaskan ya. Dengan biaya 10 ribu, durasi yang cukup, ilmu baru yang banyak, dan udah dapet susu prenagen ibu hamil dan aqua botol. Saya datang tiap hari Jum’at pagi saja, karena sabtu sore ada acara. Namun agar badan tetap bugar dan sehat, Saya selalu menyempatkan untuk senam dirumah mengikuti tutorial serta senam yang saya ikuti, yaa paling nggak 30-1 jam cukuplah, udah dapat keringat minimal. Oke, segitu dulu yaa, semoga infonya bermanfaat. selamat senam buibuk yang sedang hamil 🙂


Tagged , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *