Wisata Pantai

Perjalanan Mengejar Mr Mr dan Senja di Pantai Siung Gunung Kidul

Retnamudiasih.com – Entah kenapa dalam setiap perjalanan saya berkelana selalu bagaikan candu bertemu dengan para bule, mungkin hanya karena sebuah kebetulan, seperti halnya ditempat yang akan saya ceritakan di Pantai Siung Gunung Kidul nanti. Kebetulan kami tidak hanya bertemu tapi yang bikin inget dan selalu ingin ketawa adalah adegan dimana kita harus mengejar Mr Mr tersebut seperti di serial FTV, dan satu hal, senja di Pantai Siung Gunung kidul begitu cantik untuk dilewatkan begitu saja.

Well, saya rasa setiap orang butuh piknik, sama halnya dengan saya ketika 5 hari di jam kerja tentu yang kita liat setiap hari hanyalah sebuah layar flat, dan juga keyboard, serta orang yang juga pada sibuk dengan rutinitas setiap harinya. Oleh sebab itu di setiap waktu luang, biasanya saya hari sabtu minggu, ngebolang untuk mengexplore tempat wisata baru yang tentu saya sendiri belum pernah menjamahnya.

Seperti kali ini, saya dan teman-teman pada hari sabtu kemarin bertolak ke Jogja lantai dua, tepatnya di Gunung Kidul, yaitu didaerah tepus. Agak terpencil memang karena Pantai Siung ini berjarak 98 kilometer atau 2 jam perjalanan dari pusat kota Yogyakarta. Tapi tetap saja jauh-jauh dari Jogja menuju kesana demi? demi apa cobak? kalau tidak untuk memuaskan pandangan mata, tetapi juga memuaskan hati, biar gak dibilang kurang piknik 🙂


Meski jalan untuk menuju pantai Siung ini sangat sulit dan melelahkan namun sesampainya di pantai Siung semua kelelahan akan terobati dengan birunya air laut dengan pasir putihnya. Sudah 2 kali saya ke Pantai ini, tak banyak yang berubah bukitnya masih ijo, lautnya masih biru, pasirnya masih putih, hanya saja umur saya yang berubah dan makin tua, hohhh jadi wajar saja, ketika tenaga saya tidak sehebat dulu yang masih sanggup dan kuat mengikuti kemauan kaki melangkah.

Baca Juga  Cerita Tentang Pantai Ngobaran, Pantai Nguyahan, dan Sebuah Kehilangan
wisata_ke_pantai_siung_gunung_kidul
Touch down Pantai Siung 🙂
pantai_siung_gunung_kidul
Finally..Pantai lagi, karang lagi…ketemu air lagi..uhukkkk 🙂

Terlihat deretan warung makan di sebelah utara Pantai, yang akhirnya sukses membuat kami mampir dan jajan mi ayam, bakso, serta minuman sembari menunggu matahari tenggelam, dengan tujuan sunset ditempat ini tentu sangat bagus jika diambil dari atas bukit sana.

Ada yang pernah kesana belom? kalau sudah pernah kesana tentu tahu dong batu karang berukuran raksasa di sebelah barat dan timur pantai, karang tersebut menjadi saksi bisu kejayaan wilayah pantai di masa lalu dengan pesonanya yang di kenal di wilayah Asia.

Menurut cerita, sesepuh setempat yang bernama Wastoyo, Wilayah Siung pada masa wali menjadi salah satu pusat perdagangan di Gunung Kidul, tidak jauh dari pantai lebih tepatnya di wilayah Winangun. Sekitar tahun 1989, karang-karang di pantai Siung memiliki peranan penting karena pada tahun 1989 ada komunitas pecinta alam dari Jepang memanfaatkan tebing-tebing karang Pantai Siung sebagai area panjat tebing, kemudian di dekade 90-an berlangsung kompetisi Asian Climbing Gathering.

Untuk dapat menuju Pantai Siung ini, kita hanya dikenakan biaya masuk sebesar Rp 5.000,- termasuk biaya parkir kendaraan bermotor. Oke, kembali ke topik, Jadi setelah makan diwarung tadi kemudian kami bergegas ke Pantai yang terletak tidak jauh, hanya didepan mata. Nah pas udah dipantai nih, saya dan mas miko pengen banget kan nanjak ke atas bukit sebelum senja, akhirnya kami berjalan-berjalan, dan terus berjalan sambil foto-foto dan bermain ombak di tepi pantai. Ehh pas kita ini lagi duduk-duduk di sebuah kapal tepi pantai, gak taunya ada mas bule lewat. Dan seperti yang kuduga mas bule itu jalannya dipelan-pelanin banget, saya rasa dia lagi ngasih ke kode ke kita agar disamperin, terlihat dari cara dia menatap dan melempar senyum pada kami. Ahh tapi waktu itu kami sama sekali gak tertarik buat follow dia.

Baca Juga  Laut Bekah Gunung Kidul, Pesona Keindahanmu Terverifikasi

Pas sadarnya, saat mas bule tersebut berjalan makin jauh dari kami berada, kami baru kepikiran, kenapa gak ngajakin mas bule tadi buat ikut endorse spotunik.com aj kali ya, bule kan pada demen travel tuh, nah akhirnya baca kata saya dan mas miko jalan menuju si mas bule berada, dan tau gak kalian? gak kan ya? ini mas bule demen amat am yang ekstrem-ektstrem, pertama saya menemukan dia ada di ujung pantai, bahaya banget itu, tar klo keseret ombah, mo tolong-tolong am siapa cobak?

Yang kedua, saya menemukannya di ujung bukit di atas pantai, ahhh sungguh menakutkan, untung saja saya gak nyamperin dia pas di atas, rodo parno sii liat air dan ombak yang lumayan gede gitu. Oiya, cerita ngejar-ngejarnya gini, kan pas si mas bule tadi keluar dari pojokan tempat ekstrem yang pertama, dia udah deket banget am kami berada. Akhirnya mas miko ini langsung buntuti dia dan teriak-teriak bilang Mr, Mr, apa yang terjadi? mas bule tersebut tetep jalan tanpa noleh sedikit pun, keterlaluan, teman saya di acuhkan.

Sontak pas mas miko teriak Mr, Mr tadi saya kan nenggok sambil lihat mas bulenya terus berjalan, dan wajah mas miko melas banget gitu, saya ketawa ngakak setelah liat kenyataan, bahwa si Mr tadi telinganya di sumpel pake headset, pantes aj dia kagak denger..ahahahaa lol deh lo mas miko 🙂

mengejar_mr_mr_di_pantai_siung
Foto am Mr Mr di atas tebing pantai siung

Perjuangan kami mengejar Mr Mr tersebut akhirnya berbuah manis, kami ikutin dia sampe di atas dan kami ajak foto, sambil berbincang tentang spotunik, dan akhirnya kami beri dia bonus kaos..jadi couple an deh fotonya, uhukkk

Baca Juga  Dari Menantang Jalanan Yang Offroad, Ketemu Si Abel, Sampe Berburu Rock Sunset di laut Pecis, Purwosari, Gunungkidul
mengejar_bule_dipantai_siung_gunung_kidul
spotunik? liburanunik lebih asik..yeayyyy !!

Tak hanya berbuah foto couple dengan mas bule aka Mr Mr tadi, tapi saya dan mas miko berkesempatan mengambil beberapa gambar senja ya begitu cantik yang disajikan dari Pantai Siung Gung kidul, butuh perjuangan untuk bisa mengambil gambar-gambar ini lho gaes, oke selamat menikmati, saya dan mas miko tak ngos-ngosan dulu gusap keringat 🙂

senja_di_pantai_siung_gunung_kidul1
Senja diantara rumah. pepohonan, dan batu karang
senja_dipantai_siung_gunung_kidul
Senja dari puncak pantai Siung


Tagged ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *