Wisata Alam

Pesona Persawahan Terasering Di Gunung Kidul

Retnamudiasih.com – Selain keindahan panorama terasering Ubud yang sudah tersohor? adakah yang sama indahnya di kota Jogja? jawabnya ada, berada di antara Puncak Ngekong dan air terjun Kedung Kandang kalian akan menemukan pesona persawahan terasering yang unik di Gunung Kidul.


Terasering sendiri merupakan metode konservasi dengan membuat teras-teras yang dilakukan untuk mengurangi panjang lereng, menahan air sehingga mengurangu kecepatan dan jumlah aliran permukaaan, serta memperbesar peluang penyerapan air oleh tanah.

Melihat persawahan dari tepian Kedung Kandang bagi saya adalah pengalaman yang mengundang imajinasi. Terhampar perswahan bertingkat yang merajut bersama pohon kelapa lalu terdapat sungai yang mengalir melekuk-lekuk. Melemparkan suasana selayak di Ubud namun lebih magis karena dibawah saya berdiri atau tiga kedung manis yang saling berdampingan.

Berjalan-jalan di daerah persawahan sangatlah mengasyikkan dan begitu menakjubkan. Kagum akan indahnya pemandangan, udara yang masih bersih tanpa polusi dan segar adalah suatu kenikmatan tersendiri. Melihat sawah-sawah yang terasering di lereng gunung atau di tengah lembah.

persawahan_ubud_di_jogja
Foto anti mainstream diantara yang ijo-ijo
Pesona_Persawahan_Terasering_Di_Gunung_Kidul
Panas sii, tapiiii lanskep teraseringnya keren abiss yaa..

Sawah-sawah terasering mempunyai keindahan yang berbeda dari sawah-sawah yang biasanya. Saat padi mulai menguning mengisyaratkan tentang suatu masa kesuksesan. Mata kita dimanjakan oleh panorama yang menakjubkan. Bagaikan panorama yang memiliki keindahan warna, kuning dan hijau menghiasi sawah terasering sehingga menciptakan keindahan yang unik dari daerah pegunungan.

Catatan: Sawah terasering bisa dijangkau dari pertigaan Desa Nglanggeran lurus ke arah Desa Putat. Sesampai di Desa Putat ada pertigaan yang menikung, belok kanan ambil jalan makadam. Tak jauh dari situ, Kedung Kandang sudah bisa dilihat dari kejauhan. Biaya retribusi masuk dan parkir Rp.6.000,-/orang.


Baca Juga  Tempat Wisata Semarang yang Populer dan Wajib Dikunjungi
Tagged

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *