Tips & Trik

Mengenal Relationship Officer Dan Tugasnya

Retnamudiasih.com – Relationship officer merupakan sebuah jabatan dalam perusahaan keuangan atau perbankan yang punya keterkaitan langsung dalam dunia pemasaran atau marketing. Jabatan tersebut punya tugas membangun hubungan dan menjaga sebuah bentuk hubungan baik dengan nasabah perusahaan di dunia perbankan. Mengenal Relationship Officer Dan Tugasnya.

Mengenal-Relationship-Officer-Dan-Tugasnya
Sumber : karrir.bca.co.id

Relationship officer adalah sebuah divisi yang punya tugas untuk menjaga hubungan secara internal perusahaan atau eksternal. Pada setiap perbankan mungkin memiliki istilah yang berbeda-beda, seperti business relationship officer atau credit analyst officer.

Tugas Relationship Officer yang Kamu harus Tahu :

 


Seperti misalnya pada bank BCA, maka disebut relationship officer BCA. Lalu apa saja tugas dari jabatan tersebut? Ternyata jabatan ini memiliki banyak tanggung jawab, simak berikut ini.

1. Membantu Pekerjaan Sales dan Marketing

Relationship officer disebut juga sebagai sales dan marketing. Posisi ini sangat penting bagi sebuah perusahaan. Namun pada beberapa kondisi, Relationship officer BCA membantu sales dan marketing untuk tujuan dan pencapaian target penjualan produk yang sama.

2. Membantu Hubungan Baik

Relationship officer memiliki tugas untuk selalu menjaga hubungan baik antara perusahaan dan nasabah. Bisa dibilang, jabatan ini merupakan perwakilan bila terjadi sebuah komunikasi atau miskomunikasi antara perusahaan dan nasabah.

3. Analisa Pasar

Relationship officer juga punya tanggung jawab melakukan analisis potensi pasar untuk mengetahui segmen pasar berdasarkan kategori tertentu. Mulai dari usia, pendidikan, pekerjaan dan lain-lain.

4. Mengenalkan Produk

Pada program relationship officer BCA, bentuk ada yang namanya perkenalan produk kepada konsumen. Produk diperkenalkan kepada konsumen yang potensial misalnya saja produk kredit. Seorang relationship officer memiliki tanggung jawab atas perkenalan produk dan dalam hal ini punya kedudukan yang sama dengan sales atau marketing.

Baca Juga  SAKUKU : Bagi Tagihan Ke Teman Makin Mudah dengan Split Bill
5. Mencapai Target

Relationship officer BCA juga punya tugas untuk mencapai target pada program yang sedang diterapkan oleh perusahaan. Umumnya selalu ada target yang ditetapkan perusahaan untuk jabatan tersebut.
Tentunya target relationship officer tersebut harus dicapai bersama dengan divisi sales dan marketing secara bersama-sama dalam jangka waktu tertentu.

6. Analisis Resiko Bisnis

Relationship officer harus mampu menganalisa perkreditan seorang nasabah. Karena setiap nasabah dan perusahaan besar punya resiko bisnis untuk pembayaran kredit di masa yang akan datang. Selain itu jabatan ini juga harus memiliki beberapa skill. Mulai dari penguasaan terhadap produk-produk yang ada di perusahaan, mampu menjaga attitude dan punya skill dalam bidang komputer dan juga software.

7. Memiliki Skill Public Speaking

Selain itu program relationship officer BCA mengharuskan punya skill publik speaking yang baik. Jika anda menguasai public speaking maka lebih mudah untuk menimbulkan rasa kepercayaan konsumen terhadap produk perbankan yang Anda tawarkan. Jadi secara tidak langsung ini punya potensi yang besar membantu anda untuk jabatan tersebut.

Tentu kini anda sudah mengerti apa itu relationship officer dan juga tugas-tugasnya yang ada di perusahaan (perbankan). Intinya jabatan ini punya hubungan langsung dengan sales dan marketing.


Tagged ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *